STRATEGI GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUKU ANTI SOBEK BAGI SISWA TUNAGRAHITA

Authors

  • Nur Fajri Ismia Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto

DOI:

https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p43-58

Keywords:

Karakter Religius, Siswa Tunagrahita Ringan, Buku Anti Sobek

Abstract

Abstrak

Tujuan  penelitian untuk mendeskripsikan strategi guru dalam penguatan pendidikan karakter religius melalui buku anti sobek bagi siswa tunagrahita di SLB Al-Azhar Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan penerapan program pendidikan karakter di SLB Al-Azhar Sidoarjo kurang optimal, untuk itu perlu ditingkatkan. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan formal swasta yang berbasis agama, sehingga adanya program keagamaan sekolah dalam  menguatkan karakter religius. Pendidikan karakter religius ditunjukkan dengan adanya kesulitan menghafal doa sehari-hari, bacaan sholat, memukul anggota badan sendiri atau temanya. Salah satunya disebabkan oleh sumber belajar kurang maksimal mengintegrasikan nilai karakter religius di setiap mata pelajaran dan minimnya fasilitas sumber belajar sekaligus media pembelajaran bagi siswa. Penguatan pendidikan karakter religius melalui buku anti sobek berbasis online yang dapat diakses pada halaman website dirancang berdasarkan kurikulum 13 sebagai sumber belajar yang menyenangkan untuk jenjang  sekolah dasar kelas 1-6. Buku anti sobek berkonsep audio visual yang berisi muatan materi pembelajaran dan latihan soal dibuku ini yang terintegrasi nilai karakter religius seperti doa sehari-hari, keberagaman umat beragama, mensyukuri pemberian ciptaan dari tuhan. Aspek yang diperhatikan pada proses pembelajaran menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik siswa. Buku anti sobek yang memanfaatkan website, sehingga dapat digunakan kapan dan dimana saja, namun pelaksanaannya harus memperhatikan aksesbilitas website yang akan digunakan siswa.

Kata kunci: Karakter Religius, Siswa Tunagrahita Ringan, Buku Anti Sobek                                                          

Abstract

The research objective was to describe the teacher's strategy in strengthening religious character education through anti-tear books for mentally retarded students at SLB Al-Azhar Sidoarjo. The results showed that the implementation of the character education program at SLB Al-Azhar Sidoarjo was not optimal, so it needs to be improved. This school is a private formal education institution based on religion, so that there is a school religious program in strengthening religious character. Religious character education is indicated by the difficulty of memorizing daily prayers, prayer readings, hitting one's own limbs or their themes. One of the reasons is that the learning resources are not maximally integrating the values of religious character in each subject and the lack of learning resource facilities as well as learning media for students. Strengthening religious character education through online-based anti-tear books that can be accessed on the website page is designed based on curriculum 13 as a fun learning resource for elementary school grades 1-6. The audio-visual concept anti-tear book contains learning materials and exercises in this book which are integrated with religious character values such as daily prayers, the diversity of religious communities, being grateful for the giving of creation from God. Aspects that are considered in the learning process adjust the needs and characteristics of students. Anti-tear books that use the website, so that they can be used anytime and anywhere, but the implementation must pay attention to the accessibility of the website that students will use.

Keywords: Religious characters, Mild mentally retarded students, Anti-tear books.

Author Biography

Nur Fajri Ismia, Universitas Negeri Surabaya

Nama : Nur Fajri Ismia

Agama : Islam

Institusi : Universitas Negeri Surabaya

Kewarganegaraan : WNI

References

Anou, Enias&Mukhamad Aang. Pandangan Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
Avivia, Firdha. 2019. Pendidikan Karakter Pada SiswaTunagrahita Di SMPLB B Dan C BagaskaraSragen TahunAjaran 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam (IAIN) Salatiga
Dianti, Puspa. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidika Ilmu Sosial. Volume 23, No. 1.
Didik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakeses melalui https://kbbi.web.id/didik, 25 Desember 2020.
Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2008. Informasi Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. http://www.ditplb.or.id/profile.php?id=45. Diakses tanggal 25 Desember 2020.
Ersanty, Dhany & Siti Mahmudah. 2020. Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus.
Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173202.
Garnida, Dadang, 2016, Modul Guru Pembelajaran Sekolah Luar Biasa (Tunagrahita). PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG, Bandung.
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung:Alfabeta.
Hasan, Hasmiana. 2016. œPenggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar Ips materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol.3 (4): hal. 22-33.
Hermansyah. 2020. Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI. Volume 7 Nomer 1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. œPenguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional Diakses tanggal 06 Januari 2021.
Kirom, Dina Ashlikhatul. dkk. 2020. PengembanganBukuCerita Ramayana Berbahasa Jawa Sebagai Penunjang Pembelajaran Sastra Wayang Bagi SiswaTunagrahita SMPLB Di Semarang. Journal Of Javanese Learning And Teaching. UniversitasNegeri Semarang.
Kurniawan , Agus Dwi& Luthfiyah Nurlalela. 2013. Pengembangan Buku Siswa Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Cornflake Cookies Pada Siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Gedangan Sidoarjo. E-Journal boga. Volume 2, Nomor 1, Hal 6-17.
Mahfud, Arif. 2020. Perbandingan Implementasi Scientific Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Penguatan Kesadaran Beragama Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Pembina Yogyakarta Dengan SLB Muhammadiya Gamping. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol.4 No. 2.
Masnur, Muslich (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mindarwati, 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa tunagrahita Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Sekolah Luar Biasa (SLB) pembina tingkat nasional Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Skripsi. Univeristas Negeri Malang.
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nurcholis. 2013.Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. Volume.1 No.1
Nur, Syta Rizki. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Religiusitas Anak Tunagrahita di SLB Maarif Muntilan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Pratiwi, Erma Dyah dan Harmanto.2017. Penanaman Nilai Religius dan Nilai Sosial Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SDLB Negeri Bendo Kota Blitar. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan.Volume 5 Nomer 2 Jilid lV, 562-576.
Putri, Ni Luh. 2014. Model Pembelajaran Keterampilan Bina Diri Bagi Anak Usia Dini Tunagrahita. Jurnal Parameter. Volume 25 No. 2.
Rahmad . 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas IX di SLB BC Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.
Rini, EkaMistiko, dkk. 2017. Perancangan Media PembelajaranTunagrahitaKelas 1 Semester 1 di SDLB PGRI SingojuruhBerbasis Web. Seminar Nasional. FakultasTeknologiInformasi UNMER Malang.
Rizal, Ahmad & Nunuk Giari. 2019. Pengembangan Buku Cerita Bergambar œAyo Menanam Sayuran Pada Anak Tuna Grahita Kelas VI SLBN Cerme. Jurnal Seni Rupa. Volume 07 Nomor 03, 79-89.
Rocha, Taˆnia. et al. The Recognition of Web Pages Hyperlinks by People with intellectual Disabilities : An Evaluation Study. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, Vol 25. 542-52. Blackwell Publishing Inc. https://doi.org/10.1111/j.1468-3148.2012.00700.x.
Rochayadi, Endang. 2012. Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrhita. Modul pada Universitas Pendidikan Indonesia.
Rohend, edi. 2016. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Kampu Cibiru. Volume 3.
Setiawan,Yahya,dkk. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Internasional Journal Of Educational Resources.Volume 01.
Sulkarnaim. 2018. Strategi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Negeri No. 122 Dauloloke Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar.
Soemantri, S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : Rafika Aditama.
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) tentang hak pendidikan
Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 5 ayat (2) tentang Sistem Pendidikan Nasioanl
Wit, Jessica De. et al. Web-based support for daily functioning of people with mild intellectual disabilities or chronic psychiatric disorders: A feasibility study in routine practice. Journal Internet Intervensions. Vol. 2, 161-168. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.invent.2015.02.007.

Downloads

Published

2020-04-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 614 , PDF Downloads: 434