Membuka Mata Melalui Nilai Pendidikan Moral Dalam Tari Trilogi Jailolo Karya Eko Supriyanto
Isi Artikel Utama
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud pendidikan nilai moral dalam karya seni pertunjukan Trilogi Jailolo oleh Eko Supriyanto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan nilai moral yang terdapat dalam karya seni Trilogi Jailolo Eko Supriyanto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), teknik analisis yang dilakukan berupa wawancara. Menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai moral dapat dipahami melalui sebuah karya seni pertunjukan. Ketiga karya dalam Trilogi Jailolo memiliki nilai moral berbeda yang dapat menjadi acuan dalam pendidikan nilai moral pada kehidupan masyarakat setempat maupun umum. Trilogi jailolo merupakan karya yang terinspirasi berdasarkan kehidupan nyata masyarakat Jailolo, Halmahera Barat. Pendidikan nilai moral dapat diterapkan tidak hanya pada pendidikan formal saja. Dengan sebuah karya, pendidikan nilai moral juga dapat diperdalam.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik AutorReferensi
Abdul Rahman, A. (2018). MORAL DEVELOPMENT THEORY AND MORAL EDUCATION MODEL. Psympathic: Scientific Journal of Psychology, 3(1), 37-44. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2175
Anjarwati, W. (n.d.). THE LACK OF MORAL VALUES AMONG PEOPLE IN MODERN TIMES.
Djarum Foundation, D. (2018, July 29). "SALT", the Closing Work of Jailolo Trilogy [Blog]. Djarum Foundation Bakti Pada Negeri. https://www.djarumfoundation.org/mobile/aktivitas/detail_kegiatan/1097/5/salt-karya-penutup-trilogi-jailolo
Firwan, M. (2017). MORAL VALUES IN THE NOVEL SANG PENCERAH BY AKMAL NASREY BASRAL. 2(2).
Imam, I. K. (2020). Eko Supriyanto's Creative Process in the Creation of Balabala Dance. Journal of Art Studies, 5(2), 207. https://doi.org/10.22146/jksks.46126
Ningrum, S. R. E., Fadillah, E. N., & Shabrina, R. N. (2023). Study of Moral Values in Seblang Olehsari Tradition. Sigli Journal of Social Humanities, 6(2), 680-686. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1966
Novitri, D. M. (2018). Early Childhood Education Journal of Indonesia.
Rystyana, M. (2021). MORAL VALUES IN SANGKURIANG FOLKLORE.
Sinulingga, S. P. (2016). EMILE DURKHEIM'S THEORY OF MORAL EDUCATION AND ITS RELEVANCE FOR CHILDREN'S MORAL EDUCATION IN INDONESIA. Journal of Philosophy, 26(2), 214. https://doi.org/10.22146/jf.12784
Sugiyono, P. (n.d.). Quantitative Research Methods, Qualitative R&D. ALFABETA.
Sukitman, T. (2016). INTERNALIZATION OF VALUE EDUCATION IN LEARNING (EFFORTS TO CREATE HUMAN RESOURCES WITH CHARACTER). JOURNAL JPSD (Journal of Elementary School Education), 2(2), 85. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5559
Supriyanto, E. (2018). Salt Dissertation of Eko Supriyanto's Artwork [Doctoral Thesis]. Institut Seni Indonesia Surakarta.
Supriyanto, E. (2023, November 26). Reviewing Jailolo Trilogy with Eko Supriyanto (Surakarta) [Personal communication].
Supriyanto, E. (2023, November 26). Reviewing Jailolo Trilogy with Eko Supriyanto (Surakarta) [Personal communication].
Ubaidillah, M. (2019). MORAL VALUE OF SOCIAL CARE IN TRANS 7's "WHO CARES" PROGRAM [Bachelor thesis]. Walisongo State Islamic University Semarang.
Venny Rosalina. (2021). Educational Values in Kedurai Imbang Semato Alam Dance. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5033548
Warsini, W. (2022). Moral Education Values Contained in Reyog Ponorogo Art as an Islamic Development Media in Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(2). https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.4856