Semiotika Pemasaran Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini membahas semitoka pemasaran Sanggar Seni Kinanti Sekar di Yogyakarta. Rupanya sanggar seni saat ini sudah menggunakan strategi promosi digital. Maka dalam pengelolaannya menggunakan cara kreatif dengan memproduksi sistem tanda berupa logo, simbol, pesan, warna, teks, dan makna dalam semiotika pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi secara langsung dengan narasumber. Narasumber tersebut adalah pendiri sanggar seni kinanti sekar yaitu Kinanti Sekar Rahina sebagai seniman sekaligus pelatih sanggar dan Bagas Arga Santosa sebagai Program Koordinator sanggar. Seluruh hasil pembahasan diuraikan secara analisis deskriptif dari seluruh data yang sudah didapatkan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi promosi menggunakan media digital rupanya cukup efektif karena tepat sasaran dan mencapai target pemasaran.
Kata kunci : semiotika, pemasaran, sanggar seni, kinanti sekar, tari.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik AutorReferensi
Ardianto, Elvinaro. 2004. Mass Communication: An Introduction. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Broadbent, G; Bunt, R and Jencles, C. 1980. Signs, Symbols and Architecture. Chichester. Wiley.
Berger, Asa, Arthur.2015. Introduction to Semiotics - Signs in Contemporary Culture, Yogyakarta: Tiara Wacana Publisher.
Creswell, John W. (1994). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 4thth Edition. Thousand Oaks, California: Sage Publications.
Danesi, Marcel. (2004). Messages, Signs and Meanings - A Basic Textbook on Semiotics and Communication Theory, Yogyakarta: Jalasutra Publisher.
Hoed, H. Benny. 2008 . Semiotics and Socio-Cultural Dynamics, Jakarta: Faculty of Cultural Sciences, University of Indonesia.
Haroen, Dewi, 2014. Personal Branding The Key to Your Success in Politics, Jakarta: Gramedia Publisher.
Littlejohn, Stephen W. and Foss, Karen A. 2014. Theories of Human Communication. 9th Edition: Salemba Humanika.
Oswald, Laura R. (2012). Marketing Semiotics: Signs, Strategies, and Brand Value. United States: Oxford University Press.
Sobur, Alex. 2003. Semiotics of Communication, Bandung: Rosda Publisher.
Sutisna. 2003. Consumer Behavior and Marketing Communication. Third Printing. Bandung: Publisher of Teenage Workshop.
Zoest, A.v. 1993. Semiotics: On Signs, How They Work and What We Do With Them. Jakarta. Yayasan Sumber Agung.