DINAMIKA EKSISTENSIAL KETHOPRAK BHAKTI KUNCORO KABUPATEN PATI DALAM ARUS MODERNITAS PASCA PANDEMI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pergelaran seni kethoprak Bhakti Kuncoro dari Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah menjadi penelitian yang menarik. Berdasarkan sumber informan pelaku seni selaku ketua kelompok seni tersebut telah menghadapi tantangan eksistensial dalam mempertahankan dan mengembangkan seni teater tradisional kethoprak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan kethoprak Bhakti Kuncoro ditengah persaingan pasar seni yang tidak sehat antar kelompok dan bagaimana dampak signifikan pandemi Covid-19 mempengaruhi pelaksanaan pertunjukan serta keberlangsungan kelompok seni tradisional di era modernitas. Pendekatan kualitatif dengan jenis naratif digunakan dalam penelitian dengan mengandalkan data empiris dari fenomena sosial budaya. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini mencakup aspek eksistensi kethoprak Bhakti Kuncoro melibatkan proses pendirian, struktur organisasi saat pelaksanaan pertunjukan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi eksistensinya. Selain itu penelitian ini menggunakan unsur-unsur penting dalam kethoprak yaitu lakon, paraga dialog, busana, rias, perlengkapan, dan musik pengiring. Fungsi kethoprak sebagai ritual, hiburan, dan sarana pendidikan non-formal melalui nilai-nilai yang terkandung dalam pagelaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting pada pemahaman lebih lanjut mengenai dinamika kelompok seni tradisional di tengah perubahan zaman, sekaligus mengungkap keberlanjutan dan adaptasi kelompok kethoprak Bhakti Kuncoro yang berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik AutorReferensi
Akbar, A. R. (2022). Pertunjukan Beralas Bumi Beratap Langit: Investigasi Keaktoran dan Ruang melalui Site-Specific. Jurnal Kajian Seni, 9(1), 1. https://doi.org/10.22146/jksks.71471
Bakhtiar, S. N. A., Amir, J., & Wahyuningsih. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Naskah Drama Saridin Versi Kethoprak. Jurnal Konsepsi, 11(2), 357–372. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Bisangadatika, D. (2022). Pandangan Seniman di Masa Pandemi Covid-19 Tentang Keluarga Sakinah Ditinjau dari Perspektif
Sakinah Muhammad Quraish Shihab. Urj.Uin-Malang.Ac.Id, 6(1). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/1093
Bujang, R. H. (2007). Fungsi Komunikasi Dan Estetika Dalam Persembahan Teater Tradisional Wayang Kulit. Jurnal Pengajian Melayu, 18, 135–156.
Diani, Y., & Prasetyo, K. B. (2022). Krisis Regenerasi Pada Kelompok Kesenian Kethoprak Pati (Kasus Pada 3 Kelompok Seni Kethoprak Di Kabupaten Pati Jawa Tengah). Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 11(1), 39–53. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/ 58796
Doyin, M. (2001). The Problem of Being an Actor in Modern Theater. Jurnal, Harmonia Dan, Pengetahuan Seni, Pemikiran, 2(3), 21–28. Faishal, A., & Hariyanto, M. (2018). Dekonstruksi Lakon Graffito. Parafrase: Jurnal Kebahasaan Dan Kesastraan, 18(2), 29–39.
http://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/1719
Faturrahman, M. W., Putri, D. K., Rika, R. N. S., Putra, S. A., Wardani, I. K.,
Valensia, E. V., Ardiarsa, N. Y., Mohti, Q. A., Bachtiar, M. M., Saputra, F. M., Prayogi, S. W., Prayitno, A. D., Firmansyah, R. A., Dana, R. N. W., & Jatmiko, J. (2023). Pelestarian Kesenian Kethoprak Melalui Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 114–128. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.45
Heriana, I., & Asnawi. (2023). Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif dalam Tuturan Tokoh Film Kau dan Dia Season 2 Sutradara Ivan Bandhito. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(2), 808–816. https://e-journal.my.id/onoma
Julia Sari, I. S. (2019). Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 26. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.934
Lidyasari, D. E., Nur Fajrie, N. F., & Rondli, W. S. (2023). Kesenian Kethoprak Wahyu Budoyo Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 102–
111. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.494
Miles, M. B., & H. (2018). Qualitative data analysis: A sourcebook of a new methods. Sage Publications. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/pt/pah-19555
Niswan, M., Bilada, H., & Sukarelawati, S. (2018). Hubungan Pertunjukan Teater Dengan Perilaku Penonton. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2),
138. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1381
Nugroho, S. (2023). Kreativitas purbo asmoro dalam penciptaan dan penyajian pakeliran purwa lakon. Panggung, 33(4), 463–479.
RiyantI, A., Fardani, M. A., & Fajrie, N. (2023). PROSES KREASI SENI TARI SEBAGAI EKSPRESI DIRI ANAK SD NEGERI WOTAN 02 DESA WOTAN
KABUPATEN PATI. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(April 2023), 643–656.
Sani, M. (2023). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Pertujukan Seni Tradisional Ketoprak Ande-Ande Lumut. Jurnal Sastra Dan Bahasa, 2(1), 64–
68. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/sabda/article/view/508 Saptomo. (1996). Sejarah Dan Perkembangan Kethoprak Dalam
Kehidupan Masyrakat Modern. In Cakrawala Pendidika (Vol.2,Issue15,pp.96–81). https://media.neliti.com/media/publications/83920-ID-sejarah- dan-perkembangan- kethoprak-dalam.pdf
Sartika, S., & Mulyana, A. (2021). Kesenian Tarling: Pertunjukan Hiburan, Pendidikan, Media Komunikasi 1966-2000. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.17509/factum.v10i1.31629
Setiaji, A. F., Firinanda, R., & Citra Lestari, S. A. (2023). Motivasi Semangat Pedagang Kaki Lima: Bungkus atas Dilema Tantangan pada Realitas Diri. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(4), 807–815. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.225
Suprihatini, I. P. (2023). Kethoprak Tangen Tunas Suryo Anom Dalam Masyarakat Multietnis di Kecamatan Sei Lepan 1970-2016. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah Sosial, 10(1), 22–32. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index
Syauqi, Ahmad Zufahmi & Setyowati, R. N. (2020). Peran Koordinator Bonek Revolution Dalam Meningkatkan Sikap Solidaritas Kelompok Pada Anggota. Kajian Moral Dan …, 08(02), 626–640. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- kewarganegaraa/article/view/35609%0Ahttps://ejournal.unesa. ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- kewarganegaraa/article/download/35609/31857
Umiatun, H., Fajrie, N., & Rondli, W. S. (2002). IMPLEMENTATION OF LOCAL WISDOM-BASED SCHOOL THROUGH DANCE EXTRACURRICULAR IN THE NGREKSO BUWONO DANCE. JPSD, 9(2), 156–166.
https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i2.21277 Waryanti, E., Muarifin, M., Puspitoningrum, E., & Mahatan, L. A. (2022).
Dalam Pementasan Kethoprak Siswo Budoyo. Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6, 108–133.
Yunitasari, T. (2018). The Dramatic Structure of Pati in The Story of Babad Pati The Series of Yuyu Rumpung Wahyu Manggolo Studio Pati. Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 6(1), 2499–2508. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang/article/view
/23274/12727
Yuwono, I. T., Kurnia, H. M., Nugroho, M. W. T., & Akbari, M. (2023). Strategi Ekonomi Seniman Kethoprak Balekambang di Masa Pandemi Covid-19 melalui Media Baru. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 873. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1115