GAYA PUKULAN KENDHANG GROUP MUSIK DANGDUT PALAPA

Main Article Content

Jarmani M.Pd

Abstract

Dangdut merupakan aliran musik yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Irama dangdut identik dengan seni musik kalangan kelas bawah merupakan cerminan dari aspirasi kalangan masyarakat yang mempunyai ciri khas kelugasan dan kesederhaannya. Suara kendhang yang membuat semua orang berjoget menjadi tolok ukur pupolaritas dari musik dangdut itu sendiri. Penelitian ini  berpijak pada pendekatan kualitatif dengan hasil akhir dari penulisannya dibuat secara diskriptif. Objek penelitian dalam penelitian ini group musik dangdut Koplo yaitu group musik dangdut Pallapa.  Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan pukulan  kendang Koplo dalam masing-masing pukulan Slamet group musik Pallapa dengan kesamaan dan pererbedaan dalam teknik pukulnya dengan pengendang yang lain

Article Details

How to Cite
M.Pd, J. (2020). GAYA PUKULAN KENDHANG GROUP MUSIK DANGDUT PALAPA. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.26740/geter.v3n1.p42-51
Section
Articles
Author Biography

Jarmani M.Pd, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

lecturer

References

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Kanisius. Yokyakarta.
Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran buku Pengajaran musik melalui pengalaman musik: Proyek pengembangan Lembaga Pendidikan.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metode Penelitian Seni Prima Nusantara. Semarang
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta Bandung
Soedarso, Sp. 2006. Trilogi Seni Penciptaan Eksistensi dan Kegunaan Seni. Institut Seni Indonesia. Yogyakarta.
Pawan, Kumar. 1997. Teknik Tabla. Jakarta: Pusat Kebudayaan India Jawaharlal Nehru Jakarta.
Weintraub, Andrew N. 2012. Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
https://www.geocitic.com