Eskalasi Aktivitas Fisik dan Keterampilan Motorik Anak Melalui Permainan Olahraga Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v4n2.p21-27Kata Kunci:
early childhood, gross motor skills, motor development, children's sports gamesAbstrak
Anak usia dini, khususnya pada usia 0 – 6 tahun memerlukan pertimbangan khusus dalam perkembangan motoriknya yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengikutkan anak pada berbagai program aktivitas fisik yang menyenangkan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas fisik dan motorik anak melalui permainan olahraga usia dini pada siswa-siswi Pos PAUD Terpadu (PPT) Pelita Hati dan Taman Kanak-kanak (TK) Bhakti Putra. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melalui ceramah dan diskusi yang disertai dengan workshop dan pembinaan sekolah. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa antusiasme siswa untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sangat baik, dan guru serta wali murid memiliki pemahaman mengenai pentingnya program aktivitas fisik melalui berbagai permainan olahraga untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak. Melalui kegiatan pengabdian ini, sekolah dan orangtua memiliki kesadaran bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan fisik, motorik, sosial, emosional, kognitif, kreativitas, bahasa, perilaku, ketajaman indra, dan mental pada anak. Selain itu, guru dan orangtua juga berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan permainan olahraga secara rutin kepada siswa sebagai salah satu upaya untuk menunjang pengembangan motorik anak.Referensi
Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02). https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615
Bell, S. L., Audrey, S., Gunnell, D., Cooper, A., & Campbell, R. (2019). The relationship between physical activity, mental wellbeing and symptoms of mental health disorder in adolescents: A cohort study. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 16(1), 138. https://doi.org/10.1186/s12966-019-0901-7
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. 4.
Isyani, I., Permadi, A. G., & Lubis, M. R. (2023). Profil Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4766
Monicha, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit. 01(01).
Nurlailah, R. (2022). Pengaruh Permainan Jejak Kaki terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mandiri Pitue. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 281. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1315
Pratiwi, L. N., & Sinaga, S. I. (2022). Pengaruh Permainan Outdoor terhadap Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bany Zahro Desa Mekar Jaya Kecamatan Sosos Buay Rayap Kabupaten OKU.
Rahmayuni, N., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Permainan Hulahop Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 4.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Rohman, U. (2019). Hula hoop game: Its use and implication for physical fitness. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 249. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13162
Sonjaya, A. R., Arifin, Z., & Nurzaman, I. S. (2022). Peranan Orang Tua Terhadap Minat Dan Bakat Olahraga Siswa Usia Dini. Holistic Journal of Sport Education, 1(2), 35. https://doi.org/10.52434/hjse.v1i2.1945
Suci, E. S. W., & Ismet, S. (2020). Efektivitas Permainan Bola Bergilir Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak. 4.
Supriyadi, S. (2021). Mini Basketball Game Model to Improve Social Skill, Motoric Skill, and Physical Fitness of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 559. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14707
Sutapa, P., Pratama, K. W., Rosly, M. M., Ali, S. K. S., & Karakauki, M. (2021). Improving Motor Skills in Early Childhood through Goal-Oriented Play Activity. Children, 8(11), 994. https://doi.org/10.3390/children8110994
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Vallence, A.-M., Hebert, J., Jespersen, E., Klakk, H., Rexen, C., & Wedderkopp, N. (2019). Childhood motor performance is increased by participation in organized sport: The CHAMPS Study-DK. Scientific Reports, 9(1), 18920. https://doi.org/10.1038/s41598-019-54879-4
Wang, H., Ge, W., Zhu, C., Sun, Y., & Wei, S. (2022). How pom cheerleading improves the executive function of preschool children: The mediating role of speed and agility. BMC Psychology, 10(1), 234. https://doi.org/10.1186/s40359-022-00944-z
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

