Strategi Pemasaran dan Identitas Lagu Pop Banyuwangian “Bangur Baliko” Karya Galang Defriyan

Main Article Content

Helris Helris Vindya Narbada Mahanadi

Abstract

Galang Defriyan merupakan seorang komposer musik Banyuwangi yang sudah memiliki banyak karya lagu, salah satunya adalah lagu pop Banyuwangian yang berjudul “Bangur Baliko”. Kota Banyuwangi menjadi lokasi pada penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah Galang Defriyan, sedangkan objek penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan identitas musik "Bangur Baliko" karya Galang Defriyan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dan ciri khas yang terdapat pada lagu “Bangur Baliko” karya Galang Defriyan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Galang Defriyan, yaitu promosi melalui media online antara lain youtube, Instagram broadcast whatsapp dan promosi secara langsung dengan pertunjukan live musik. Pada penelitian ini juga membahas tentang ciri khas lagu “Bangur Baliko” meliputi instrumen tradisi, tangga nada, gaya bernyanyi dan lirik.

Article Details

Section
Artikel

References

Amirullah. 2015. Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ardini, N. W. (2015). Industrialisasi Musik Pop Bali: Ideologi, Kepentingan, Dan Praktiknya. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 3. https://doi.org/10.31091/ sw.v3i0.172

Ardini, N. W. (2016). Produksi, Distribusi, dan Konsumsi dalam Industrialisasi Musik Pop Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 31(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v31i1.248

Ardini, N. W. (2018). Balinese Pop Music: An Industrialization Era. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 1(1), 129–138. https://doi. org/10.31091/jomsti.v1i1.509

Fajri, G. S., & Ritonga, M. H. (2023). Strategi Pemasaran Lostvinyl Band Dalam Meningkatkan Popularitas Di Sumatera Utara. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 264-274.

Heni Nursafitri, I Made Pageh, I Gusti Made Arya Suta Wirawan. (2020). Perubahan Sosial Masyarakat Suku Osing Di Desa Kemiren Sebagai Media Pebelajaran Sosiologi. e-Journal Pendidikan Sosiologi. Volume 2 Nomor 3., hal 180-189.

Michael H.B. Raditya. (2013). Hibriditas Musik Dangdut dalam Masyarakat Urban. Journal of Urban Society’s Art . Volume 13 Nomor 1., hal. 1-14.

Rangga Sonata Weri, Asril, Martarosa. (2019). Hibriditas Lagu Pop Daerah Jambi Dalam Album Jambi Kreasi Baru. Melayu Arts and Performance Journal. Volume 2 Nomor 1., hal 1-136.

Sinaga, S. S. (2017). Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care Di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik, 6(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta