Strategi Pelatihan Paduan Suara Mahasiswa Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta pada Festival Seni dan Pertunjukan Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pelatihan paduan suara pada Paduan Suara Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta dalam mempersiapkan Festival Seni dan Pertunjukan Indonesia tahun 2024. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan paduan suara pada Paduan Suara Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta dalam mempersiapkan Festival Seni dan Pertunjukan Indonesia tahun 2024 terdiri dari tiga tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari penetapan tujuan pelatihan, pembentukan kepanitiaan, perencanaan tim kepelatihan, perekrutan penyanyi, penyusunan materi pelatihan, dan persiapan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan terdiri dari pelatihan vokal, membaca lagu, penerapan teknik vokal pada lagu, penggarapan interpretasi lagu, pelatihan koreo, dan perekaman.Tahap evaluasi terdiri dari ketercapaian tujuan pelatihan dan rangkaian pelatihan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan paduan suara pada Paduan Suara Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta dalam mempersiapkan Festival Seni dan Pertunjukan Indonesia tahun 2024 terdiri dari tiga tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari penetapan tujuan pelatihan, pembentukan kepanitiaan, perencanaan tim kepelatihan, perekrutan penyanyi, penyusunan materi pelatihan, dan persiapan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan terdiri dari pelatihan vokal, membaca lagu, penerapan teknik vokal pada lagu, penggarapan interpretasi lagu, pelatihan koreo, dan perekaman.Tahap evaluasi terdiri dari ketercapaian tujuan pelatihan dan rangkaian pelatihan.
Article Details
Issue
Section
Artikel
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Backer, P. D. (2014). 5 Key Concepts to Improve Your Choir Blend Resonance and Balance. Utah Music Education Journal Spring, 27.
Destiannisa, A. (2012). Implementasi Metode Pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Paduan Suara. Harmonia, Journal of Arts Research and Education, 12(2), 160-166.
Strinariswari, R. L. & Susetyo, B. 2015. Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Di SMP Negeri 2 Jepara. Journal Seni Musik 4(2), 15-20.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: PT Alfabet.