Tinjauan Teknik, Artikulasi, dan Interpretasi Musik “Fantaisie Impromptu Op. 66 In C Sharp Minor” Karya Frederic Chopin

Main Article Content

Sodo Lanang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tinjauan teknik, artikulasi, dan interpretasi musik Fantaisie Impromptu Op. 66 in C Sharp Minor karya Frederic Chopin. Pembahasan yang dipaparkan mengacu pada teori musik topik permainan piano klasik serta mengacu pada gagasan Paulo Ricoeur. Berdasarkan pembahasan tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu memaparkan teknik dan artikulasi dalam musik Fantaisie Impromptu Op. 66 in C Sharp Minor karya Frederic Chopin serta menganalisis interpretasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan sumber data berupa partitur, narasumber, serta pustaka yang relevan. Data penelitian ini terbagi atas data primer dan data sekunder. Adapun data primer merujuk pada partitur komposisi Fantaisie Impromptu Op. 66 in C Sharp Minor karya Frederic Chopin, sedangkan data sekunder berupa dokumen pustaka yang relevan untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik dan artikulasi yang digunakan meliputi poliritmis, kontras dinamika, presto, moderato contabile, pedalling, allegro agitato, aksen, morden, arpeggio, serta oktav arpeggio.

Article Details

Section
Artikel

References

Afshari, F. (2018). A Comprehensive Study on Classical Musik and Comparison With Other Musik Styles, Types, And Genres. December. Research Gate, 509-518.

Bielecki, A. (n.d.). Impromptus. The Fryderyk Chopin Institute.

Britannica, T. (2022). piano. Encyclopedia Britannica.

Chopin, F., & Hinson, M. (2005). Fantaisie-impromptu. Alfred Musik, 6.

Hafizhah, A. Y. (2021). PERMAINAN PIANO PADA REVERIE IN F MAJOR KARYA CLAUDE DEBUSSY (TINJAUAN TEKNIK, ARTIKULASI, DAN INTERPRETASI). Repertoar Journal, 2(2), 269-283.

Indah Oktavia, Berliana. (2022). Analisis Teknik Permaian Piano dan Interpretasi Waltz In A Minor Karya Frederic Chopin. Repertoar Journal, 3(1), 2746-1718.

Kallen, S. A. (2013). The history of classical musik. Greenhaven Publishing LLC. 5.

Kengerli Najafova, N. (2020). Mastery of Articulation in the Piano Performance. ?????? ?????????? ????????????? ???????????? ???????? ? ????????. ?????: ??????? ?????????, 3(2), 156-168.

Kubba, A. K., & Young, M. (1998). The long suffering of Frederic Chopin. Chest, 113(1), 210-216.

Leimer, K., & Gieseking, W. (1972). Piano technique consisting of the two complete books The shortest way to pianistic perfection and Rhythmics, dynamics, pedal and other problems of piano playing. Courier Corporation.

Nicole WanNi Tay, dkk. (2021). Protein Musik of Enhanced Musikality by Musik Style Guided Exploration of Diverse Amino Acid Properties. Helliyon, Volume 7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07933

Niecks, F. (1888). Chopin. 2, 261.

Novitriana, T. (2022). ANALISIS INTERPRETASI PADA KOMPOSISI NOCTURNE in E-FLAT MAJOR Op. 9 No. 2 KARYA CHOPIN. Repertoar Journal, 2(2), 284-294.

Ricoeur, P. (1974). The conflict of interpretations: Essays in hermeneutics (Vol. 1). Northwestern University Press.

Sagala, Y. (2020). Analisis Struktural Dan Semiotika Dalam Komposisi Arabesk Untuk Piano Karya Trisutji Kamal (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). 1-4.

Sugiyono, M. P. K. (2013). Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taher, D. (2009). Sejarah Musik 2. Universitas Negeri Yogyakarta, 56.

Watson, J., & Hill, A. (2015). Dictionary of media and communication studies. Bloomsbury Publishing USA, 9, 238.