Analisis Teknik Permainan dan Interpretasi Solo Violin “Konzertstück Für Violin In D Major D.345” Karya Franz Schubert

Main Article Content

Hafid Jagad Pramono

Abstract

Pada studi saat ini memiliki hal yang ingin dituju dalam pendeskripsian teknik permainan dan interpretasi terhadap komposisi “Konzertstuck fur violin in D Major D.345” karya Franz Schubert.  serta  dengan beberapa tindakan menambahkan gaya  permainan sebagai keunikan di zaman keromantisan. Metode yang dipergunakan pada studi ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sedangkan objek yang digunakan pada studi ini adalah komposisi “Konzertstuck fur violin in D Major D.345” karya Franz Schubert. Pada metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan pengamatan, kegiatan Tanya jawab, studi literatur serta kegiatan mengabadikan data.  Metode pengkajian data dilaksanakan dengan sejumlah langkah proses, yaitu reduksi data, tindakan menyajikan data, menyimpulkan data. Data yang dipergunakan sudah dilakukan reduksi, ditampilkan dan sudah disimpulkan.  Temuan dari studi ini mengindikasikan komposisi ini mempergunakan sejumlah metode contohnya legato, accent, tenuto, staccato, dan lain-lain. Dalam letak penjarian mempergunakan letak 1, 2, 3 serta letak 4. Dan pada komposisi tersebut pastinya ditemukan adanya interpretasi, serta ditemukan adanya suatu keunikan gaya permainan yakni berbentuk espressivo dan dolce.

Article Details

Section
Artikel

References

Aan Komariah, Djam'an Satori. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arrahman, Yusuf. 2020. "Teknik dan Interpretasi Concerto in G Minor 1st Movement for Violin Karya Antonio Vivaldi". Repertoar Journal, Vol.1 No. 2, Januari 2021. Surabaya: Sendratasik FBS UNESA.

Banoe, P. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Budi, S. S. 2021. "Analisis Teknik Permainan Violin Concerto in G Minor 3rd Movement karya Antonio Vivaldi". Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Sendratasik FBS UNESA.

Cooper, Donal R. dan Emory, William, 1999. Metode Penelitian Bisnis, alih bahasa Widyono Soecipto dan Uka Wikarya, Jilid 11, Jakarta: Erlangga.

Darmadi, H. 2013. Metode Penelitian: Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Hardjana, Suka. 2003. Corat-coret. Musik Kontemporer Dulu dan Kini. Jakarta: Ford Foundation. & MSPI.

Hermeren, G. 2001. The full voicd quire: tipe of interpretation of music. In Krausz, M. (eds). The Interpretation of Music. New York: Oxford University Press.

Joseph, Wagiman. 2004. Teori Musik II. Semarang: Sendratasik, FBS, UNNES.

Kodijat, L. 2004. Istilah - Istilah Musik. Djambatan.Labovitz, S. dan Robert Hagedorn. 1982. Metode Riset Sosial. Jakarta: Erlangga.

Kristanto, J. 2007. Gitarpedia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mardalis, 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Martopo, H. 2015. Musik Barat Selayang Pandang. Yogyakarta: Panta Rhei. Books.

Moleong, L. .2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prier, Karl Edmund, S.J. 1993. Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier, Karl-Edmund, S.J. 2000. Menjadi Dirigen II: Membentuk Suara. Yogyakarta: PML.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sumardjono, J. 2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB.