Tinjauan Aransemen Lagu Pujian Allahku Dahsyat Dalam Ibadah Di Gereja Bethany Tuban

Authors

  • Amarya Nindya Nugroho UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Tinjau, Lagu Allahku Dahsyat, Lagu Rohani Krsiten, Aransemen, Franky Sihombing

Abstract

Lagu Allahku Dahsyat merupakan sebuah lagu karya ciptaan Franky Sihombing sendiri pada Album A True Celebration pada tahun 2000. Lagu ini kemudian diaransemen kembali oleh Gigih Prihandono pada tahun 2023 dalam ibadah di Gereja Bethany Tuban dengan menggunakan combo band. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tinjauan aransemen lagu pujian Allahku Dahsyat dalam ibadah di Gereja Bethany Tuban dengan menggunakan teori dari Banoe Pono. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif naratif. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aransemen lagu pujian Allahku Dahsyat dalam ibadah di Gereja Bethany Tuban, terdapat penggunaan progesi akor yang biasa dan tidak biasa. Kemudiaan adanya juga penggunaan motif pengulangan harafiah, sekuens turun, dan pembesaran interval.

References

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Jakarta: Kanisius

Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Kodijat, Latifah. 2004. Istilah-istilah Musik. Jakarta: Djambatan.

Naramy, Kurnia Jati Kris (2018). Analisis Aransemen Lagu Pujian “Datanglah dan Bertahta” di Gereja Keluarga Allah Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institusi Seni Indonesia Yogyakarta

Rumapea, Frantinius (2019). Aransemen Lagu “Tuhan Kau Gembala Kami” Pada Perayaan Hari Jubilate Di Gereja GKPI Dengan Format Paduan Suara dan Orkestra. Jurusan Seni Musik, Universitas HKBP Nomensen.

Setiawan, Iwan (2021). Aransemen Lagu Soleram Oleh Josu Elberdin (Tinjauan Aransemen Paduan Suara). Jurusan Sendratasik, Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tanudjaja, Royandi. (2012). Musik Dalam Ibadah. Jakarta: Grafika KreasIndo

White, James F. 2005. Pengantar Ibadah Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Downloads

Published

2023-12-22
Abstract views: 82 , PDF Downloads: 107