Tinjauan Aransemen Lagu Pujian Allahku Dahsyat Dalam Ibadah Di Gereja Bethany Tuban

Main Article Content

Amarya Nindya Nugroho

Abstract

Lagu Allahku Dahsyat merupakan sebuah lagu karya ciptaan Franky Sihombing sendiri pada Album A True Celebration pada tahun 2000. Lagu ini kemudian diaransemen kembali oleh Gigih Prihandono pada tahun 2023 dalam ibadah di Gereja Bethany Tuban dengan menggunakan combo band. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tinjauan aransemen lagu pujian Allahku Dahsyat dalam ibadah di Gereja Bethany Tuban dengan menggunakan teori dari Banoe Pono. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif naratif. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aransemen lagu pujian Allahku Dahsyat dalam ibadah di Gereja Bethany Tuban, terdapat penggunaan progesi akor yang biasa dan tidak biasa. Kemudiaan adanya juga penggunaan motif pengulangan harafiah, sekuens turun, dan pembesaran interval.

Article Details

Section
Artikel

References

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Jakarta: Kanisius

Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud.

Kodijat, Latifah. 2004. Istilah-istilah Musik. Jakarta: Djambatan.

Setiawan, Iwan (2021). Aransemen Lagu Soleram Oleh Josu Elberdin (Tinjauan Aransemen Paduan Suara). Jurusan Sendratasik, Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tanudjaja, Royandi. (2012). Musik Dalam Ibadah. Jakarta: Grafika KreasIndo

White, James F. 2005. Pengantar Ibadah Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia