Analisis Teknik Swivel Drummer Hata Aryasatya dan Oky Fadhlan
Keywords:
Teknik Swivel, Drummer, Hata Aryasatya, Oky FadlanAbstract
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan permainan teknik swivel pada drummer Hata Aryasatya dan Oky Fadlan. Perkembangan permainan drum yang semakin pesat menyebabkan lahirnya teknik swivel ini yang berfungsi agar tidak mudah lelah saat memainkan musik dengan tempo cepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data adalah dengan mengelompokkan data dat dianalisis disusun secara berurutan sehingga saling berhubungan. Dalam penelitian ini dibahas tentang latar belakang drummer Oky dan Hata serta ciri khasnya dalam bermain drum serta perbedaannya. Perbedaan teknik swivel menurut Hata Arsatya dan Oki Fadlan terdapat pada penggunaan pedal. Teknik ini dinilai efektif dalam digunakan untuk musik bertempo cepat agar tidak mudah lelah.
References
Apriadi, S., & Sinaga, S. S. (2012). Strategi Pembelajaran Drum Pada Junior Kids Secara Klasikal di Gilang Ramadhan Studio Band (Grsb) Semarang. Junal Seni Musik, 1(1), 59–67.
Arafah, G. (2017). Materi Pembelajaran Teknik Ghost Note Pada Kelas Private Drum di Sekolah Musik Jazz Centrum Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1).
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius
Bayu Wira Purdadi. (2016). Metode Latihan Teknik Heel-Toe pada Pedal Bass Drum dan Aplikasinya dalam Lagu Everyone Nose oleh Excel Mangare. Skripsi Thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Bungin, B. (2019). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer. Cetakan ke-11, Agustus 2017. Depok: Rajawali Pers.
Fachrullah, F. (2020). Teknik Dasar Memainkan Drum Di Yamaha Music School Cokroaminoto. Makassar: Unimed
Hamilton, C., Hinks, S., and Petticrew, M. (2003). “Arts for health: still searching for the Holy Grail”, Quality & Safety in Health Care, Vol. 57 No. 6, pp. 401-2
Harianto, Petro., Abraham. (2021). Analisis Teknik Ghostnote Echa Soemantri Dalam Lagu “For Your Love” Karya Stevie Wonder. Repertoar, Vol.3 No. 1, Juli 2022. ISSN: 2746-1718
Haris, Herdiansyah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika
Juniar, Ahmad Dirgajaya. (2019). Panduan Lengkap Menjadi Drummer Sukses. Jakarta: Grasindo.
Johanes Yongky Pratama. (2021). Analisis Teknik Ostinato Pada Komposisi Solo Drum “Krakatau” Karya Denny Ajd. Repertoar, Vol.1 No. 2, Januari 2021. ISSN: 2746-1718
Sudjarwo dan Basrowi. (2009). Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: CV. Mandar Maju
Sean Kundiman, Ryan. (2012). Aplikasi Teknik Slide Pada Basa Drum. Skripsi Thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Moleong, J, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Prier, Karl-Edmund. (2014). Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Penyusun, T. (2014). Buku Panduan Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Surabaya: Unesa University Press.
Rasyad, H. (2016). Penerapan Teknik Linear Drumming Pada Lagu Ants Marching Karya Dave Matthews Band. ttp://digilib.isi.ac.id/1451/6/ Jurnal.pdf
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumber gambar: 4.bp.blogspot.com – https://bit.ly/3ip1KBj
Samgar Rembang, C., Sri Hartati, Rad., & Dumais Prodi Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni, F. (n.d.). TEKNIK PERMAINAN DRUM OLEH MIKE PORTNOY DALAM LAGU “THE BEST OF TIMES” KARYA DREAM THEATER. Ejurnal-Mapalus-Unima.Ac.Id. Retrieved November 25, 2022, from http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/download/3588/1698
Sebagai, D., & Satu, S. (2011). Aplikasi Virtual Drum Berbasis Multimedia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33967
Wira, B., Pembimbing, P., Prasetiyo, A., Sn, S., Sn, M., Fakultas, J. M., & Pertunjukan, S. (2016). Metode Latihan Teknik Heel-Toe pada Pedal Bass Drum dan Aplikasinya dalam Lagu Everyone Nose oleh Excel Mangare. http://digilib.isi.ac.id/1560/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Repertoar Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.