Strategi Pemasaran Lagu It’s Only Me Ciptaan Kaleb J Menuju Capaian Komersil

Authors

  • Maretha Tri Wahyu primadani Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

pengaruh dual bahasa, komersialisasi, makna lirik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjabarkan sekaligus mengetahui  mengenai pemasaran serta makna lirik lagu It’s Only Me karya Kaleb J. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan difokuskan kepada mendeskripsikan cara memasarkan lagu dan makna lirik nya. Data yang di analisis adalah “It’s Only Me”. Tindakan analisis yang dilakukan oleh peneliti diantara nya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa lagu “it’s only me” merupalan single pertama Kaleb J dalam album melancholy. Lagu ini berhasil memiliki tingkat pemasaran yang sangat tinggi dengan menggunakan dua Bahasa yaitu Indonesia dan Inggris di berbagai platform seperti Spotify, Youtube dan Tiktok. Saat ini lagu “It’s Only Me” memiliki 123,578,669 ribu pendengar di spotify dan 70 Juta penonton pada platform Youtube. Lagu “It’s Only Me” memiliki makna yang sangat dalam, Kaleb J mengatakan bahwa lagu ini di tulis sesuai apa yang Kaleb alami yaitu cinta sepihak tanpa menuntut balasan dan berharap akan bersama.

References

Andrianto, A., & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementansi Teori dan Praktek.

Jamalus. 1996. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik.Jakarta

Banoe, P. (2003). Kamus musik. Kanisius.

Prier, K. E., & Edmund, K. (1996). Ilmu bentuk musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier, K. E., & Edmund, K. (2011). Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Sugiyono, P. D. "Metode Peneliian." Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2010).

Suyanto, M. (2007). Marketing strategy top brand Indonesia. Penerbit Andi.

Suyanto, M. (2004). Analisis & desain aplikasi multimedia untuk pemasaran. Penerbit Andi.

Ramdan, N. S. F., & Humaira, A. (2022). Analisis gaya Bahasa dalam lirik lagu “cinta luar biasa” Andmesh Kamaleng. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 29- 33.

Nugraha, R. P. (2016). Konstruksi nilai-nilai nasionalisme dalam lirik lagu (Analisis semiotika Ferdinand de Saussure pada lirik lagu “bendera”). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 290-303.

Jati, G. B., & Rusdi, F. (2021). Strategi Pemasaran Musisi Indie dalam Industri Musik Indonesia (Analisis t erhadap Adhitia Sofyan). Prologia, 5(2), 218-222.

Ghafara, G. F. (2016). PROMOSI LAGU– LAGU BAND INDIE INDONESIA MELALUI MEDIA RADIO STREAMING “RURU RADIO” (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Setiawan, D., & Pandrianto, N. (2023). Pemasaran Karya Musik Passion Vibe di Era Digital. Kiwari, 2(2), 236- 242.

https://www.alonesia.com/entertainment/pr- 1917054057/lirik-lagu-dan-chord-its-only-me-kaleb-j- disertai-dengan-terjemahan

Downloads

Published

2023-07-14

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 377 , PDF Downloads: 199