Analisis Teknik Blast Beat pada Lagu Curse of The Black Plague Karya DEADSQUAD oleh Roy Ibrahim

Authors

  • Widofi Fizzisyah Handoko Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Blast Beat, Curse Of The Black Plague, Deadsquad

Abstract

Blast Beat merupakan teknik drum yang digunakan dalam genre musik Death Metal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa metode penerapan teknik Blast Beat dalam lagu Curse Of The Black Plague karya Deadsquad oleh Roy Ibrahim serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh Roy Ibrahim saat memainkan teknik Blast Beat pada lagu tersebut. Penelitian ini berfokus pada pertanyaan “Bagaimana metode yang digunakan dan kendala yang dihadapi dalam penerapan teknik Blast Beat pada lagu Curse Of The Black Plague karya Deadsquad”.

Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode penelitian kualitatif dengan observasi tidak langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya, (1) terdapat 3 pola teknik Blast Beat pada lagu tersebut yaitu, Hammer Blast, Traditional Blast, dan Bomb Blast, (2) kendala yang dihadapi oleh Roy Ibrahim yakni saat memainkan single stroke dan double pedal yang cepat.

References

Chezel Samgar Rembang, R.A.Dinar Sri Hartati, Franklin Dumais. (2021). Teknik Permainan Drum Set Oleh Mike Portnoy Dalam Lagu “The Best of Times”, karya Dream Theater, Vol 1 No. 11 (2021) : COMPETENCY : Scientific Journal of Language and Arts.

Farida Nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Fihal Fachrullah. (2020). Teknik Dasar Memainkan Drum Di Yamaha Music School Cokroaminoto Makasar.

Hurlock, Elizabeth, (1996), Psikologi Perkembangan Suatu Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima, Jakarta: Erlangga.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1990). Jakarta: balai Pustaka.

Maryoto. (1989). Sejarah Musik.

Downloads

Published

2023-08-21
Abstract views: 99 , PDF Downloads: 33