Manajemen Organisasi AC Music Di Kota Jakarta

Authors

  • Maulidya Joshi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Konser bimba, Penerapan Manajemen, Organisasi label AC Music, dan Komposer

Abstract

AC Music adalah salah satu organisasi label musik yang mewadahi aktifitas para pemyanyi genre pop yang berada di Kota Jakarta sejak tahun 2014. Prestasi dari AC Music oleh karena sistem manajemen yang mampu mempopulerkan lagu-lagu ke ranah AMI AWARD dan beberapa prestasi lainnya.  Hal inilah yang menarik untuk melakukan penelitian lebih dalam mengenai sistem pengelolaan manajemen yang dilakukan. Untuk mendapatkan hasil penelitian tersebut maka menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melalui sumber data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembahasan terkait hasil penelitian yaitu terdapat penerapan pedoman manajemen yang menggunakan prinsip manajemen, fungsi manajemen dan sarana manajemen. Maka menyimpulkan bahwa sistem manajemen AC Music merupakan organisasi label musik dengan pengelolaan yang memiliki kualitas baik kaena dapat mendukung perkembangan industri musik Indonesia, dengan pembuktian mendapat penghargaan Rekor Muri Indonesia di tahun 2019.

References

Indartono, S. (2021). Pengantar Manajemen character inside: Setyabudi indartono.

Jazuli, M. (2014). Manajemen seni pertunjukan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Murbiyantoro, H. (2012). Manajemen produksi pertunjukan Surabaya Symphoni Orchestra di Surabaya sebagai sarana pendidikan apresiasi musik. Catharsis,1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/29

Muhammad, H., & Karoso, S. (2020). Manajemen Unit Kegiatan Mahasiswa Airlangga Orchestra Universitas Airlangga Surabaya Periode 2019. Apron Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 1, 15. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/32051

Putrandhra, E. (2018). Manajemen Dan Program Kerja Melbourne Symphony Orchestra Tahun 2017/2018. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Rohman, A. (2017). Buku Dasar-Dasar Manajemen. Intelegensia Media.

Stoner, J. A. F. (2022). Manajemen Jil. 2.

Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Sulistini, N. (2021). Manajemen Pertunjukan Festival Musik Rimbang Baling 3 Oleh Rumah Budaya Siku Keluang Di Koto Lamo Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Universitas Islam Riau.

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Downloads

Published

2023-07-19
Abstract views: 243 , PDF Downloads: 132