INTERPRETASI MELALUI TEKNIK PERMAINAN CELLO LUKA ŠULIĆ PADA COURANTE FROM SUITE NO.1 KARYA J.S.BACH

Authors

  • Mohammad Syaifur Rahman Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Luka Šulić, Interpretasi, Suite, Courante

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menuliskan kajian interpretasi jaman Barok pada lagu Courante from Suite No.1 for Violloncello karya J.S.Bach oleh Luka Šulić. Objek penelitian difokuskan pada interpretasi dari lagu tersebut melalui pendekatan teknik permainan cello Luka Šulić dengan menerapkan beberapa teori di antaranya aturan-aturan interpretasi musik oleh Jean Claude Veilhan. Interpretasi lagu tersebut dianalisis melalui aturan-aturan interpretasi musik jaman Barok yang terdiri dari sukat, tempo, teknik permainan dan ornamen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa interpretasi Luka Šulić dalam memainkan lagu tersebut dengan memperhatikan sukat, tempo, frasering yang meliputi articulatory silences, detached notes, slur dan unequal notes, teknik permainan antara lain double stop dan left hand pizzicato, ornamen yang meliputi acciaccatura dan trill.

References

Adytia, A. E. (2016). Solusi Mengatasi Kesulitan Teknik Permainan Cello pada Sonata for Unaccompanied Cello, Op. 8, 3rd Movement Karya Zoltan Kodaly (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Arrahman, Yusuf. (2021). Teknik Dan Interpretasi Concerto In G Minor 1st Movemment For Violin Karya Antonio Vivaldi. Universitas Negeri Surabaya.

Banoe, Pono. (2007). Kamus Musik. Yogyakarta. Kanisius.

Efendy, V. C. Pendekatan Interpretasi Melalui Teknik Permainan Cello Pada Lagu “Arioso” Karya Js Bach.

Gutović, T., Relja, R., & Popović, T. (2019). The 2CELLOS phenomenon: Social and cultural aspects of their fandom. Anthropological Notebooks, 25(3).

Karyawanto, H. Y. (2018). Bentuk Lagu dan Ambitus Nada Pada Orkestrasi Mars Unesa. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 1(1), 8-14.

Nailiyah, W. M. (2018). Analisis Interpretasi Musik Jaman Barok Pada Prelude From Suite No. 1 For Violoncello Solo Karya JS Bach. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 1(2), 1-12.

Prier, K.E. (2014). Kamus Musik. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi.

Prier, K.E. (2015). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi.

Prier, K.E. (2017). Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Taryadi, T., & Latif, B. (2022). Interpretasi Musik Barok Pada Lagu The Trumpet Shall Shound Karya Handel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 23(1), 62-73.

Veilhan, J. C. (1979). The Rules of Musical Interpretation in the Baroque Era (17th-18th centuries), common to all instruments. A. Leduc.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 70