Bentuk Sajian Musik Keroncong yang Digemari Di RM. Bakso rindu malam Surabaya

Authors

  • Anggi Pradana Mudji Putra UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Orkes keroncong merupakan salah satu jenis musik klasik tradisonal. Semula kedudukan musik keroncong dikatakan sebagai musik rakyat, maksudnya bahwa orkes keroncong berasal dari rakyat, diciptakan oleh rakyat, dan dibawakan oleh rakyat itu sendiri. Namun saat ini orkes keroncong ditujukan kepada orang banyak, dan setiap orang yang menyaksikan atau menikmati, mempunyai kegemaran atau kesukaan yang beragam dalam jenis musik keroncong yang ditampilkan oleh orkes keroncong tersebut.

Berdasarkan pernyataan tersebut permasalahan yang di kaji dalam artikel ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana bentuk sajian musik orkes keroncong di bakso rindu malam, (2) bagaimana jenis musik keroncong yang banyak di gemari pengunjung di RM. Bakso rindu malam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan mengenai: (1) bagaimana bentuk penyajian yang ditampilkan musik orkes keroncong tersebut, (2) bagaimana ragam jenis musik yang digemari pengunjung rm. Bakso rindu malam. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

References

Harmunah, (1996). Musik Keroncong Sejarah, Gaya Dan Perkembangan. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Moleong. J Lexy. Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kusbini, 1970. Sejarah Kehidupan, Perkembangan, dan Asal Usul Keroncong Indonesia, Yogjakarta : Sanggar olah Seni Indonesia.

Budiman B.J. 1997. Mengenal Keroncong dari Dekat. Jakarta :Academi Musik Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta

Downloads

Published

2022-07-31

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 892