PELAKSANAAN TERAPI MUSIK PADA ANAK AUTISME DI DAYA INDONESIA PERFORMING ART ACADEMY
Main Article Content
Abstract
Daya Indonesia Performing Art Academy merupakan akademi yang memiliki terapi musik. Metode terapi musik terdiri dari Kodaly, Dalcroze, dan Pedagogy. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan terapi musik pada anak autisme. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Berdasarkan metode terapi didapatkan hasil pendapat terapis, orangtua dan hasil assessment adalah proses terapi yang efektif, membuat anak lebih tenang dan nyaman dalam beraktivitas. Kemudian mengungkapkan perasaannya, menghadapi sesuatu, dan memahami peristiwa di sekitarnya dengan mengontrol nafas serta detak jantungnya agar lebih teratur serta dapat melatih motorik anak menjadi lebih aktif.
Kata Kunci : Terapi musik, Dalcroze, Kodaly, Pedagogy.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
DAFTAR PUSTAKA
Academy, D. I. P. A. (2020). daya indonesia performong art academy. https://dayaindonesiapaacademy.id/about-us/
Djohan. (2009). Psikologi Musik (Mardiyanto (ed.); III). best publisher.
Fadhilah, A. (2019). Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Pendidikan Musik. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5892
Halodoc. (2018). 4 jenis autis yang Perlu Diketahui. Halodoc.Com. https://www.halodoc.com/artikel/4-jenis-autis-yang-perlu-diketahui
Haryanto, A. (2019). Apa Pengertian Musik Menurut Schafer?
Raharjo, E. (2007). Musik Sebagai Media Terapi. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 8(3). https://doi.org/10.15294/harmonia.v8i3.772
Sumekar, I. (2007). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Autis di Pusat Terapi Terpadu A Plus Jalan Imam Bonjol Batu. Skripsi.
Suryana, D. (2012). terapi musik. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Turruqoyyah, I., & Triatmo, A. W. (2017). Pelaksanaan Terapi Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Institute Agama Islam Negeri Surabaya, 53(4), 130.