PELAKSANAAN TERAPI MUSIK PADA ANAK AUTISME DI DAYA INDONESIA PERFORMING ART ACADEMY

Authors

  • Nuryulinda Ines Saputra Ines Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kata Kunci : Terapi musik, Dalcroze, Kodaly, Pedagogy.

Abstract

       Daya Indonesia Performing Art Academy merupakan akademi yang memiliki terapi musik. Metode terapi musik terdiri dari Kodaly, Dalcroze, dan Pedagogy. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan terapi musik pada anak autisme. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Berdasarkan metode terapi didapatkan hasil pendapat terapis, orangtua dan hasil assessment adalah proses terapi yang efektif, membuat anak lebih tenang dan nyaman dalam beraktivitas. Kemudian mengungkapkan perasaannya, menghadapi sesuatu, dan memahami peristiwa di sekitarnya dengan mengontrol nafas serta detak jantungnya agar lebih teratur serta dapat melatih motorik anak menjadi lebih aktif.

 

Kata Kunci : Terapi musik, Dalcroze, Kodaly, Pedagogy.

References

DAFTAR PUSTAKA

Academy, D. I. P. A. (2020). daya indonesia performong art academy. https://dayaindonesiapaacademy.id/about-us/

Astuti, A., Yayah, Y., & Nurhaeni, N. (2021). Terapi Musik Pada Kualitas Hidup Anak yang Sakit:A Literature Review. Journal of Holistic Nursing Science, 8(1), 89–104. https://doi.org/10.31603/nursing.v8i1.3332

Budiman, E., Santoso, E., & Afirianto, T. (2017). Pendeteksi Jenis Autis pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Linear Discriminant Analysis (LDA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(7), 583–592. Dhuhita, W.

Djohan. (2009). Psikologi Musik (Mardiyanto (ed.); III). best publisher.

Fadhilah, A. (2019). Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Pendidikan Musik. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5892

Halodoc. (2018). 4 jenis autis yang Perlu Diketahui. Halodoc.Com. https://www.halodoc.com/artikel/4-jenis-autis-yang-perlu-diketahui

Haryanto, A. (2019). Apa Pengertian Musik Menurut Schafer?

Hearta, S. (2017). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Perkembangan Kemampuan Anak Dan Remaja Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 6, 1–476.

Heldisari, H. P. (2020). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze Terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 468–478. file:///D:/Users/user/Downloads/28223-60200-1-PB.pdf

Raharjo, E. (2007). Musik Sebagai Media Terapi. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 8(3). https://doi.org/10.15294/harmonia.v8i3.772

Sumekar, I. (2007). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Autis di Pusat Terapi Terpadu A Plus Jalan Imam Bonjol Batu. Skripsi.

Supradewi, R. (2016). Otak , Musik, Dan Proses Belajar. Buletin Psikologi, 18(2), 58–68. https://doi.org/10.22146/bpsi.11538

Suryana, D. (2012). terapi musik. CreateSpace Independent Publishing Platform.

Turruqoyyah, I., & Triatmo, A. W. (2017). Pelaksanaan Terapi Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta. Institute Agama Islam Negeri Surabaya, 53(4), 130.

Downloads

Published

2022-10-26

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 490 , PDF Downloads: 1109