œDragonflight Sebagai Musik Latar Video Game (Tinjauan Estetika)

Main Article Content

Elang Hasbi Firmansyah

Abstract

œDragonflight adalah komposisi musik yang dimainkan dalam permainan daring œGuild Wars 2. Komposisi ini menjadi pengiring dalam puncak cerita œliving World Season 4, dimana tokoh utama berada pada puncak peperangan melawan naga kristal bernama œKralkatorrik. œDragonflight menyajikan komposisi musik yang megah, menegangkan, intens, dan epik ditengah kompleksitas suara atau audio dalam permainan. Keunikan karya ini berada pada karakter komposisi yang mendukung narasi cerita permainan (storytelling) tidak hanya dari pemilihan instrumentasi hingga teknik permainan namun juga mengangkat nilai estetis, historis, dan psikologis. Artikel ini membahas tentang elemen-elemen dalam komposisi musik œDragonflight yang diteliti dengan ilmu estetika sehingga dapat memberikan penjelasan dibalik pemilihan melodi, akor, ritmis, dan instrumentasi dalam komposisi tersebut. Peneliti menganalisis data tersebut dengan ilmu bentuk musik sebagai tinjauan pendukung dan ilmu estetika. Elemen musik yang diteliti dipilah berdasarkan penelitian relevan tentang video game music oleh Xavier Derrick Werlé, yaitu (1) penggunaan tonalitas minor; (2) big crescendo; (3) repetisi; (4) sequence; (5) instrumentasi perkusi, brass, choir; (6) sudden silence. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana estetika komposisi dapat mendukung pengalaman bermain.      

Kata Kunci: Video Game Music, Digital Music, Musik Permainan, Dragonflight

Article Details

Section
Artikel

References

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Kanisius.

Gervais, N. (2015). Harmonic Language in The Legend of Zelda: Ocarina of Time. Nota Bene: Canadian Undergraduate Journal of Musicology, 8(1). https://doi.org/10.5206/notabene.v8i1.6599

Jarret, S., & Day, H. (2014). Music Composition For Dummies.  https://doi.org/10.1177/1029864915624737

Karl-Edmund Prier SJ. (2015). No Title (Cetakan Ke). Pusat Musik Liturgi Yogyakarta.

Laffan, D. (2016). Identifying Psychological Themes in the Legend of Zelda Video Game Franchise: A Dissemination. In B. K. Wiederhold, G. Riva, M. D. Wiederhold, & G. Kirwan (Eds.), Annual Review of CyberTherapy and Telemedicine (Vol. 14, pp. 183188). Interactive Media Institute.

Lehman, F. (2016). Manufacturing the epic score: Hans Zimmer and the sounds of significance. Music in Epic Film: Listening to Spectacle, 2755. https://doi.org/10.4324/9781315690025

Muliani, M. (2020). Analisis Komposisi Soundtrack Epic œYou See Big Girl Karya Hiroyuki Sawano dalam Serial Animasi Attack on Titan. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 3(2), 73. https://doi.org/10.26740/vt.v3n2.p73-83

Persichetti, V. (1961). Twentieth-Century Harmony (p. 287).

Pichlmair, M., & Kayali, F. (2007). Levels of sound: On the principles of interactivity in music video games. 3rd Digital Games Research Association International Conference: œSituated Play, DiGRA 2007, 424430.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni (Eko Sugirato (ed.)). Cipta Prima Nusantara Semarang, CV.

Sexton, J. (2007). Music, sound and multimedia. In Music, Sound and Multimedia. https://doi.org/10.3366/edinburgh/9780748625338.001.0001

Smith, L. F. (2020). The Effect of Dynamic Music in Video Games An Overview of Current Research Department of Game Design. May.

WERLE, X. D. (2014). The Music of World of Warcraft - Lore of Epic Music. UCLA. https://escholarship.org/uc/item/0th2s0ss

Xiaoqing Fu, J. Z. (2015). The Influence of Background Music of Video Games on Immersion. Journal of Psychology & Psychotherapy, 05(04). https://doi.org/10.4172/2161-0487.1000191

Zehnder, S. M., & Lipscomb, S. D. (2006). The Role of Music in Video Games. Playing Video Games: Motives, Responses, and Consequences., 241258.