œDragonflight Sebagai Musik Latar Video Game (Tinjauan Estetika)
DOI:
https://doi.org/10.26740/rj.v2n1.p117-125Abstract
œDragonflight adalah komposisi musik yang dimainkan dalam permainan daring œGuild Wars 2. Komposisi ini menjadi pengiring dalam puncak cerita œliving World Season 4, dimana tokoh utama berada pada puncak peperangan melawan naga kristal bernama œKralkatorrik. œDragonflight menyajikan komposisi musik yang megah, menegangkan, intens, dan epik ditengah kompleksitas suara atau audio dalam permainan. Keunikan karya ini berada pada karakter komposisi yang mendukung narasi cerita permainan (storytelling) tidak hanya dari pemilihan instrumentasi hingga teknik permainan namun juga mengangkat nilai estetis, historis, dan psikologis. Artikel ini membahas tentang elemen-elemen dalam komposisi musik œDragonflight yang diteliti dengan ilmu estetika sehingga dapat memberikan penjelasan dibalik pemilihan melodi, akor, ritmis, dan instrumentasi dalam komposisi tersebut. Peneliti menganalisis data tersebut dengan ilmu bentuk musik sebagai tinjauan pendukung dan ilmu estetika. Elemen musik yang diteliti dipilah berdasarkan penelitian relevan tentang video game music oleh Xavier Derrick Werlé, yaitu (1) penggunaan tonalitas minor; (2) big crescendo; (3) repetisi; (4) sequence; (5) instrumentasi perkusi, brass, choir; (6) sudden silence. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana estetika komposisi dapat mendukung pengalaman bermain.
Kata Kunci: Video Game Music, Digital Music, Musik Permainan, Dragonflight