ANALISIS TEKNIK VOKAL PADA PARTITUR LAGU TU MANCAVI A TORMENTARMI KARYA ANTONIO CESTI

Authors

  • Imannuel Agung Santoso Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v2n1.p31-42

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis teknik vokal yang digunakam pada partitur lagu œTu Mancavi A Tormentarmi, merupakan lagu yang diciptakan oleh Antonio Cesti pada zaman barok, memiliki karakteristik lagu yang bersifat lyris serta dramatis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik, data-data disajikan oleh peneliti dalam bentuk deskripsi dari sebuah obyek yang berisi penjelasan serta variasi teknik vokal pada struktur lagu bagian A, B dan A1 yang meliputi intonasi, frasering, resonansi, artikulasi teknik serta lirik dan interpretasi. Serta penerapan teknik vokal tersebut pada partitur lagu œTu Mancavi A Tormentarmi. Penelitian ini diulas secara mendalam, untuk mengetahui variasi pengembangan teknik vokal dalam setiap bagian, serta bagaimana mengimplementasikan teknik vokal pada lagu bagian A, bagian B dan bagian A1. Karena pada setiap bagian lagu terdapat teknik vokal yang sama namun berbeda dalam penerapannya.

 

Kata Kunci: Lagu œTu Mancavi A Tormentarmi, Teknik Vokal, Interpretasi, Artikulasi, Resonansi, Intonasi, Frasering, Antonio Cesti.

References

<p>KBBI Daring. 2016. Musik. Diakses pada 11 maret 2021, dari <a href="https://kbbi.kemdikbud.go.id">https://kbbi.kemdikbud.go.id</a></p><p>Prier, Karl Edmund. 2009. Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.</p><p>Maiti, &amp; Bidinger. (1981). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.</p><p>Satrio. (2015). Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Lagu Anak Melalui Penggunaan Media Audiovisual Di Kelas 5 Sdn Pulogebang 04 Pagi. Jurnal Ilmiah PGSD, VII(1), 7279.</p><p>Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius.</p><p>Andriani, E. Y. (2021). ANALISIS ARTIKULASI TEKNIK VOKAL PADA LAGU" DEAR DREAM" OLEH REGITA PRAMESTI SUSENO PUTRI.</p><p>KBBI Daring. 2016. Interpretasi. Diakses pada 11 maret 2021, dari <a href="https://kbbi.kemdikbud.go.id">https://kbbi.kemdikbud.go.id</a></p><p>Anggito, Albi &amp; Johan, Setiawan S.Pd. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.</p><p>Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&amp;D. Bandung: Alfabeta.</p><p>Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.</p><p>Lumban Gaol, D. B. (2018). ANALISIS TEKNIK BERNYANYI DIANA DAMRAU PADA OPERA" THE MAGIC FLUTE ARIA QUEEN OF THE NIGHT" KARYA WOLFGANG AMADEUS MOZART (Doctoral dissertation, UNIMED).</p><p>Prier, Karl Edmund. 2017. Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.</p><p>Kustap, Moh. Muttaqin. 2008. Seni Musik Klasik Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.</p><p>Salsabilla, S. F. (2020). Interpretasi dan Bentuk Penyajian Lagu Habanera Dalam Opera Carmen Karya George Bizet Oleh Heny Janawati. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 3(2), 97-109.</p><p>Mita, R. A., &amp; Kristiandri, D. METODE DAN TEKNIK VOKAL PADA PADUAN SUARA GREGORIUS DI PAROKI ALOYSIUS GONZAGA SURABAYA.</p><p>M. Miller, Hugh. 2017. Apresiasi Musik. Yogyakarta: Thafa Media Yogyakarta.</p><p>Charentcia Sutopo, C. (2020). <em>Implementasi Teknik Vokal dalam Interpretasi Lagu When She Loved Me Karya Randy Newman</em> (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).</p><p>Simanungkalit, N. 2008. Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.</p><p>Sulasmono, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Vokal Melalui Metode Solfegio. <em>Harmonia: Journal of Arts Research and Education</em>, <em>13</em>(1).</p><p>Tida, B. E. P., &amp; Yanuartuti, S. BUKU SUPLEMEN PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK TIRANDO MUSIC EDUCATION.</p><p>Soewito M. D. S. 1996. Teknik termudah belajar olah vokal. Jakarta : Titik Terang.</p><p>Yonathan, Heri. 2013. PIP VOKAL. Jakarta : KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.</p>

Published

2021-07-06

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 749 , PDF Downloads: 653