ANALISIS HARMONI AKOR DAN INTERPRETASI PADA KOMPOSISI FLIGHT OF THE BUMBLE BEE KARYA NICOLAS RIMSKY-KORSAKOFF

Authors

  • Yosua Sutrisno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/rj.v1n2.p269-280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk harmoni akor dan interpretasi pada lagu Flight Of The Bumble Bee dan sedikit mengetahui biografi komponis serta latar belakang tentang lagu tersebut. Tetapi objek penelitian lebih difokuskan pada bentuk harmoni akor dan interpretasi pada lagu Flight Of The Bumble Bee. Penelitian ini berdasarkan pada teori dan ilmu yang menjelaskan tentang pengertian bentuk harmoni, dan akor. Objek dalam penelitian ini adalah partitur lagu Flight Of The Bumble Bee. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara.Analisis harmoni akor dan interpretasi pada lagu œFlight Of The Bumble Bee diawali dengan mengetahui biografi dan sejarah pencipta karya atau komponis serta latar belakang lagu tersebut. Lalu dilanjutkan dengan mencari teori-teori tentang harmoni akor dan interpretasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis harmoni akor dan interpretasi pada lagu tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa lagu Flight Of The Bumble Bee karya Nicolas Rimsky-korsakoff mempunyai 106 bar. Lagu ini dimainkan dalam tangga nada C (natural), dan dengan tempo sangat cepat yaitu 170 atau Presto. Sukat dalam lagu ini yaitu dua perempat, dan didalam lagu ini terdapat aksen, legato, crescendo, decrescendo, dan bahkan akor-akor yang Dissonant. Didalam lagu ini terdapat banyak legato (menyambung atau tidak putus-putus) ditangan kanan, dan ditangan kiri terdapat banyak aksen (hentakan dan tidak menyambung). Tempo yang sangat cepat ini adalah nyawa dari lagu Flight Of The Bumble Bee.

References

Alfassy, Leo. Tanpa Tahun. Jazz Hanon

Andani, Yudhis Chitra. Tanpa Tahun. Analisis Melodi Lagu Donna Lee Karya Charlie Parker Pada Instrumen Alto Saxophone. Jurnal Sendratasik FKIP Untan Pontianak.

Andini, Aprischa Prima. 2019. Lagu œCircus Britney Spears Aransemen Dirty Loops (Tinjauan Bentuk Musik Dan Progresi Akord). Jurnal FBS Universitas Negeri Surabaya

Arr, Yusuf. Tanpa Tahun. œTeknik Dan Interpretasi Concerto in G Minor 1 ST Movement For Violin Karya Antonio Vivaldi.

Astra, Ratna Dwi. 2015. œAnalisis Bentuk Dan Struktur Lagu Fantasia On Themes From La Traviata Karya Francisco Tarrega. Yogyakarta: JPSM FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Bakhtaruddin, Rendi Abdurahman. Tanpa Tahun. Interpretasi Makna Lirik Lagu-Lagu Grup Musik ERK Dalam Album ERK: Kajian Semiotika. Jurnal FBS Universitas Negeri Padang

Fitria, Yunike Juniarti. Tanpa Tahun. Analisa Bentuk Struktur Lagu Playful Duet (Mirror) Karya W.A. Mozart. Yogyakarta: Jurnal FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Marzoeki, Latifah Kodijat. 2011. Tangganada Dan Trinada. Edisi Revisi. Jakarta: Djambatan.
Nailiyah, Wildany Mafazatin. 2018. Analisis Interpretasi Musik Jaman Barok Pada Prelude Form Suite No. 1 For Violoncello Solo Karya J.S. Bach. Jurnal FBS Universitas Negeri Surabaya

Rizal, Muhammad. 2016. œInterpretasi Pesan Dalam Lirik Lagu Sebagai Perilaku Terbuka. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Pangaribuan, Kathy Febriani. 2018. Interpretasi Permainan Sonata Piano Johannes Brahms Opus Nomor 1 Bagian 1 Yang Dimainkan Oleh Andrea Bonatta Dan Stanislav Khristenko. Jurnal Seni Pertunjukkan.

Prier, Karl-Edmund SJ. 2015. Ilmu Bentuk Musik. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Prier, Karl-Edmund SJ. 2011. Kamus Musik. Cetakan Kedua. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Sektian, Jazzy Adam Sila. 2016. œAnalisis Bentuk Dan Struktur lagu Jeux Deau Karya Maurice Ravel. Yogyakarta: JPSM FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Strube, Gustav. 2015. Teori Dan Penggunaan Akor : Buku Pelajaran Ilmi Harmoni I. Terjemahan A.Gathut Bintarto. Yogyakarta: DIPA ISI Yogyakarta.

Strube, Gustav. 2015. Teori Dan Penggunaan Akor : Buku Pelajaran Ilmi Harmoni II. Terjemahan A.Gathut Bintarto. Yogyakarta: DIPA ISI Yogyakarta.

H. Edo Tyas. 2017. œPemahaman Dan Interpretasi Lagu Dalam Konteks Apresiasi Di SMP Negeri Sragi. Semarang: FBS Universitas Negeri Semarang.

University Of Singapore. Tanpa Tahun. Introduction To Harmonized Scale. Singapore

Published

2021-01-29

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 645 , PDF Downloads: 1393