PENERAPAN METODE DRILL MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS KEISLAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI KUDUS

Authors

  • Nadiya Ruhma IAIN Kudus
  • Elya Umi Hanik IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p138-146

Keywords:

Drill, Keislaman, Matematika, Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan dan dampak penggunaan metode drill menggunakan media ular tangga berbasis keislaman pembelajaran matematika kelas II MI Kudus. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian adalah implementasi metode drill menggunakan media ular berbasis keislaman pembelajaran matematika kelas II meliputi tahap perencanaan dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, tahap pelaksanaan dengan melaksanakan pembelajaran yang termuat dalam RPP, dan evaluasi yang memuat soal soal pengembang hasil pembelajaran sedangkan dampak nya adalah mempermudah guru dalam menyampaikan materi, mengembangkan kreativitas perserta didik, meningkatkan kegairahan peserta didik, dan meningkatkan mutu hasil belajar.

References

M., A. Husna. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreatifitas, Ketangkasan dan Keakraban. (Cet. I) Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pito, Abdul Haris. (2018). Media Pembelajaran Dalam Prespektif Al-Quran. Jurmal Andragogi Jurnal Diklat Teknis, VI (2).

https://idr.uin-antasari.ac.id/4625/1/M%20Ramli_Media%20Pembelajaran.pdf

Abdurrohman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilong, Adi D. (2016). 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan & Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana. https://www.google.co.id/books/edition/49_Aktivitas_Pendongkrak_Kinerja_Otak_Ka/QmRVEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=langkah+langkah+permainan+ular+tangga&pg=PA31&printsec=frontcover

Wardono, Agus., Yuyun Istiana. (2018). Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Tuban: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe. https://www.google.co.id/books/edition/Prosiding_Seminar_Nasional_2018_Jilid_4/_TYDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ular+tangga&pg=PA16&printsec=frontcover

Ahmad, Beni dan Hasan Basri. (2016). Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II),Cet9, Bandung: Pustaka Setia.

Alipandie, Imansyah. (1995). Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.

Arief S.Sadiman dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Arif, Arnai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pres.

Ariyani,Yetti. dkk. (2002). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Yogyakarta, Deepublish.

Aryanti. (2020) Inovasi Pembelajaran Matematika Di SD (Problem Based Learning Berbasis Scaffolding, Pemodelan Dan Komunikasi Matematis). Jakarta : Deepublish.

https://www.google.co.id/books/edition/Inovasi_Pembelajaran_Matematika_Di_SD_Pr/XJfwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pentingnya+matematika+di+SD&printsec=frontcover

Atmoko, Sigit Widhi, Fajar Cahyadi, dan Ikha Listyarini. (2017). Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI IV (1).

Awalidin, Aulia Ar Rakhman., dkk. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaeni. https://www.google.co.id/books/edition/Teori_dan_Aplikasi_Pembelajaran_Matemati/63RQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teori+aplikasi+pembelajaran+matematika&printsec=frontcover

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Syaifuddin, Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aditya, Dedi Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Jurmal SAP 1(2). https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=2007&q=jurnal+pengertian+metode+pembelajaran&oq=jurnal+pengertian+metode+pem#d=gs_qabs&u=%23p%3D2Ir7PUCWaz4J

Astuti, Desi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga IPA Fisika Berbasis Adobe Flash untuk Siswa SMP/MTs kelas VIII Pokok Bahasan Pesawat sederhana. Bandar Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Anwar Zain. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Isti’adah, Feida Noorlaila. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan. Jakarta : Edu Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/TEORI_TEORI_BELAJAR_DALAM_PENDIDIKAN/pInUDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+teori+belajar+konstruktivistik&printsec=frontcover

Hadi, Sutrisno. (2012). Metodologi Research . Yogyakarta : Andi.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik . Jakarta : PT Bumi Aksara.

Khadijah, Nyanyu. (2014). Pskologi Pendidikan, Edisi 1Cet. II . Jakarta: Rajawali Press.

Maesaroh Lubis. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi Di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global), Tadris, Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyyah, 1(.2).

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Maryanto, Daniel Agus. (2018). Konvergensi. Surakarta, CV. Akademi bekerja sama dengan Litbang Pendidikan STIE AUB.

Marzuki. (2005). Metodologi Riset (Panduan Penelitian Bidang Bisnis dan Sosial). Yogyakarta : Ekonisa.

Maula, Ismatul & Sofyan, dkk. (2021). Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid -19. Bandung: Media Sains Indonesia.

Moeloeng, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosyda Karya.

Mulyanto, Edi. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Melalui Metode Drill Dengan Pendampingan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Maarif Semarang, Tahun Pelajaran 2013-2014. Semarang: UIN Walisongo.

Munihatul Mardliyyah. (2019). Analisis manajemen Pembelajaran Tematik Kelas V di MI NU Tasyidul Thullab Singocandi Kota Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/3157

Nata, Abuddin. (2019). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nizwardi & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nutbrown, Chaty & Peter Clough. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ovan. (2022). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Perdana Media Grup. https://books.google.co.id/books?id=krJeEAAAQBAJ&pg=PA140&dq=Metode+drill&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjoo6nSxZz2AhXFV3wKHVqgA7QQ6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=Metode%20drill&f=false

Pasaribu dan Simandjuntak. (2016). Didaktik dan Metodik. Bandung: Tarsito.

Permendikbud RI, 24 tahun 2016, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan, (07 Juni 2016)

Rosesyitah N.K. (1986). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Rudy Sumiharsono dan Hisbiyatul Hasanah. (2018). Media Pembelajaran. Jember : CV PUSTAKA ABADI, https://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=inauthor:%22Hisbiyatul+Hasanah%22&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sadirman, Arief S. Dkk. (2015). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Cet.XVII: Jakarta : Rajawali Perss.

Saekan, Mukhammad. (2015). Metode Penelitian kualitatif. Kudus : Nora Media Enterpise.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia. (2020). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Penerbit KBM Indonesia : Yogyakarta. https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Efektif_Penerapan_Metode_dan_Model/GsEXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+pembelajaran&printsec=frontcover

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosyda Karya.

Supriyono. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262

Telaumbanua, Yamomaha. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/900

Salmon, Yoseph. (2020). Metode Pembelajaran Eksperimen dari Prespektif Islam. Jurnal ACIET 1(1). https://scholar.google.co.id/scholar?q=metode+pembelajaran+menurut+perspektif+islam&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&u=%23p%3DjDvT6bFoAdIJ 0

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Ruhma, N., & Hanik, E. U. . (2023). PENERAPAN METODE DRILL MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS KEISLAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI KUDUS. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 138–146. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p138-146
Abstract views: 259 , PDF Downloads: 162