PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG PEMECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Blandina Seko Bani Universitas San Pedro
  • Mikhael Klemens Kedang Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p81-85

Abstract

This research is a quantitative research with the aim of knowing the differences in Realistic Mathematics Education (RME) learning in solving fraction count operation problems in grade VI students with a scientific learning model. A total of 125 students were used as samples in this study. Sampling using simple random sampling technique, with this technique get 50 students who are given a pre-test to distinguish between control and experimental classes and post-test to determine whether there is a difference in mathematics learning achievement. To analyze the data used SPSS for window 26.0 and manual analysis as a comparison. The results of the analysis of achievement show tcount = 6.76> ttable = 0.20017. With a significant value of 0.000 <0.05. So rejecting H0 means that there is a significant difference in student achievement in mathematics taught using the Realistic Mathematics Education (RME) approach.

Keywords: fractions, learning achievement, realistic mathematics education (RME)


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan tujuan mengetahui perbedaan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam menyelesaikan masalah operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI dengan model pembelajaran saintifik. Sebanyak 125 siswa digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan teknik ini mendapatkan 50 siswa yang diberikan pre-test untuk membedakan kelas kontrol dan eksperimen dan post-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika. Untuk menganalisa data digunakan SPSS for window 26.0 dan analisis manual sebagai pembanding. Hasil analisis terhadap prestasi menunjukan thitung = 6,76 > ttabel = 0,20017. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Jadi tolak H0 berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME).

Kata Kunci: pecahan, prestasi belajar, realistic mathematics education (RME)

References

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Evektif. Bandung: Yrma Widya.

Funke, J. (2010). Complex problem solving: A case for complex cognition? Cognitive Processing.Vol. 11, 133142.

Gravemeijer. K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Idris, I., & Desri. K. S (2016) Penerapan Pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal carita pada kelas VIIA SMP UTY. Jurnal Edumatsains, 1(1), 73-82.p344-354

Maslimah, S. (2012). Pendekatan matematika Realistik sebagai pendekatan belajar matematika. Jurnal Phemomenom volum 2 nomor 1,hal 109-122. Semarang: IAIN Walisongo.

Muchlis, Efrida Effie. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta,Vol. X. No. 2 Desember 2012 p.136-139.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2010). Curriculum Focal Points for Prekindergarten through Grade 8 Mathematics.Retrieved from http://www.nctmmedia.org/cfp/front_matter.pdf

Purwanto. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putri, R. I. I. (2014). Implementasi Lesson Study melalui pendekatan PMRI pada mata kuliah statistikaI. KNMXVI, 1-8.

Saleh, Muhammad. (2012). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13 (2).

Susilowati E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pinus Vol. 4 No.1 Tahun 2018 ISSN 2442-9163.
TIMSS. (2011). Monitor Mathematics And Science Achievement Ina Global Context.

Yoyen, E. G. (2017). Relationship between childhood trauma and personality typology. Balkan and Near Eastern Journal of Social Sciences.

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Bani, B. S., & Kedang, M. K. (2021). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPERASI HITUNG PEMECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 81–85. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p81-85
Abstract views: 177 , PDF Downloads: 141 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0