Kesulitan Pembelajar Bahasa Asing Indonesia (BIPA) dalam Mempelajari BIPA
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n1.p113-122Kata Kunci:
BIPA , Indonesian as a foreign language , pronunciation challenges, cultural barriers, language acquisitionAbstrak
Subjek penelitian ini adalah kesulitan yang dihadapi oleh pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang diajar oleh mahasiswa pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu. Pengumpulan data melibatkan total 20 partisipan berusia 19 hingga 63 tahun yang mengikuti enam hingga tujuh sesi online yang dilakukan oleh mahasiswa pascasarjana di semester ketiga, dengan metode penelitian kuantitatif. Para peserta dinilai pengalaman dan kesulitan mereka melalui kuesioner mengenai bagaimana mereka tertantang dengan pembelajaran yang dilakukan bersama dengan pengucapan, kosakata, tata bahasa, hambatan budaya, dan kurangnya waktu untuk berlatih. Hasilnya, dari sekian banyak tantangan yang dihadapi para siswa, kosakata dan rata-rata merupakan masalah yang paling mendasar bersama dengan pengucapan, tata bahasa, perbedaan budaya, dan kurangnya waktu untuk berlatih berbicara. Hal ini sesuai dengan literatur tentang variabel budaya dan psikologis yang bekerja dalam kombinasi dengan faktor linguistik dalam pembelajaran di lingkungan virtual. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa untuk mengatasi masalah-masalah di atas, diperlukan strategi pengajaran yang lebih baik seperti penggunaan teknologi, budaya, dan latihan.
Referensi
Chindy, C. Y. P., & Syafryadin, S. (2024). An Analysis of Literary and Cultural Content in the TISOL Textbook ‘Sahabatku Indonesia’. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(1), 137–156. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p137-156
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2021). Designing and conducting mixed methods research (4th ed.). SAGE Publications.
Dawadi, S., Shrestha, S., & Giri, R. A. (2021). Mixed-methods research: A discussion on its types, challenges, and criticisms. Journal of Practical Studies in Education, 2(2), 25–36. https://doi.org/10.46809/jpse.v2i2.20
Elisa, H. (2019). Teaching speaking through simulation technique to improve the students’ speaking ability. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31904
Gürsoy, E. (as cited in Sampelolo, R., Tandikombong, M., Pongsapan, N. P., & Lura, H. (2021). A study of speaking common university learner barriers in Indonesian context. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching, and Science, 3(3), 127–131. https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i3.131
Lasa, N., Andayani, & Anindyarini, A. (2019). The teaching constraints of Indonesian as a foreign language in Thailand. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 3(12), 2454–6186. https://rsisinternational.org/virtual-library/papers/the-teaching-constraints-of-indonesian-as-a-foreign-language-in-thailand/
Marsevani, M., Yanelyn, W., Fahlianti, D., Suksawai, P., Tohmi, N., Pebiana, & Jacson. (2023). Analysis of the difficulties in learning Indonesian for foreign students in Batam. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 4(2), 162–177. https://doi.org/10.26858/interference.v4i2.48606
Mohammad, A., Husam Al-Mofti, K., & Hussein, J. (2020). Difficulties of writing in English encountered by Iraqi EFL learners at university level. Journal of Critical Reviews, 7(15), 5157–5163. https://doi.org/10.24271/garmian.2070322
Nasution, J. (2020). Analisis kesulitan pemelajar bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) di Samarkand State Institute of Foreign Languages (Samsifl), Uzbekistan pada 4 keterampilan (skills) berbahasa [Analysis of the difficulties of Indonesian language learners for foreign speakers (BIPA) at the Samarkand State Institute of Foreign Languages (Samsifl), Uzbekistan on 4 language skills]. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i1.629
Pratama, F. Y., Winarni, R., & Rohmadi, M. (2022). Foreign language anxiety of BIPA (teaching Indonesian as a foreign language) students. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021, 511–517. https://doi.org/10.1234/ichss.v1i1.58
Shofia, N. K., & Suyitno, I. (2020). Problematika belajar bahasa Indonesia mahasiswa asing [Problems of learning Indonesian for foreign students]. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 4(2), 204–214. http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p204-214
Syafryadin, S., Santiana, S., Wardhana, D., & Guntur, M. (2022). Teaching Indonesian for Foreigners Online: Pre-service English teachers Constraints. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 405-413. Retrieved from https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/23841p
Tiawati, L. (2019). Implementation of Indonesian for foreign (BIPA) teaching material with a multicultural orientation in the course of BIPA in STKIP PGRI Sumatera Barat. ICERI Proceedings, 330, 56–59. 10.2991/iceri-18.2019.12
Widianto, E. (2021). Kesulitan belajar bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA level dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam [The Difficulty in Learning Indonesian by Basic Level BIPA Students (BIPA 1) in Hanoi, Vietnam]. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 52–59. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.3292
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

