PROTOTYPE PEMBELAJARAN PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BERBASIS BUDAYA JAWA PADA PEMBELAJARAN BIPA

Penulis

  • Prima Vidya Asteria Universitas Negeri Surabaya
  • Aisyah Nur Afni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p113-127

Abstrak

Penelitian ini membahasa tentang pemahaman aspek budaya yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya bagi mahasiswa BIPA. Hal ini dipelajari karena BIPA pada hakekatnya adalah pembelajaran budaya Indonesia kepada penutur asing yang belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian penelitian R&D yang terdiri dari lima tahap dalam analisisnya, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tujuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengenai proses pengembangan dan kualitas bahan ajar yang dibuat untuk pembelajaran plurilingual dan prulikultural berbasis budaya Jawa, untuk pembelajar BIPA. Pengembangan bahan ajar ini bermaksud untuk memfasilitasi pembelajaran BIPA untuk belajar bahasa Indonesia, menyesuaikan dengan perbedaan plurilingual dan budaya yang ada di setiap masyarakat, khususnya budaya Jawa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahan ajar pembelajaran prulilingual dan plurikultural berbasis budaya Jawa untuk mahasiswa BIPA dengan tema situs candi peninggalan sejarah di Jawa Timur layak diterapkan dalam pembelajaran.

Referensi

Amalia, R., Hildayati, I., Amalia, A.A., & Asteria, PV. 2022. Pengembangan Prototypr Kamus Pemahaman Lintas Budaya untuk Mahasiswa BIPA dari Thailand. Jurnal Internasional Bahasa Lanjutan dan Linguistik Pendidikan, Vol. 3(1).

Beacco, Jean-Claude dkk. 2016. Guide the Development and Implementation of Curricula for Plurilingual And Intercultural Education. Council of Europe: www.Coe.int/lang

Coste, D., Moore, D., & Zarate, G. 2009. Plurilingual and Pluricultural competence: Studies towards a common European Framework of Reference for language learning and teaching. Strasbourg, France: Council of Europe Publishing.

Ismawati. 2000. “Budaya dan Kepercayaan Jawa Masa Pra-Islam” dalam Darori Amin Islam dan Budaya Jawa. Yogyakarta: Gama Media

Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Saddhono, K. 2016. Integrasi Budaya dan Bahasa Daerah dengan Pendekatan Scienific dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiati. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Yuniati, A. & Prima.V.A. 2022. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Kompetensi Plurilingual dan Plurikultural Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Bapala. vol 9(2), 14-152.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Asteria, P. V., & Afni, A. N. (2023). PROTOTYPE PEMBELAJARAN PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BERBASIS BUDAYA JAWA PADA PEMBELAJARAN BIPA . Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 113–127. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p113-127
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 288