PROTOTYPE PEMBELAJARAN PLURILINGUAL DAN PLURIKULTURAL BERBASIS BUDAYA JAWA PADA PEMBELAJARAN BIPA
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v10n1.p113-127Abstrak
Penelitian ini membahasa tentang pemahaman aspek budaya yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya bagi mahasiswa BIPA. Hal ini dipelajari karena BIPA pada hakekatnya adalah pembelajaran budaya Indonesia kepada penutur asing yang belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian penelitian R&D yang terdiri dari lima tahap dalam analisisnya, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tujuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengenai proses pengembangan dan kualitas bahan ajar yang dibuat untuk pembelajaran plurilingual dan prulikultural berbasis budaya Jawa, untuk pembelajar BIPA. Pengembangan bahan ajar ini bermaksud untuk memfasilitasi pembelajaran BIPA untuk belajar bahasa Indonesia, menyesuaikan dengan perbedaan plurilingual dan budaya yang ada di setiap masyarakat, khususnya budaya Jawa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahan ajar pembelajaran prulilingual dan plurikultural berbasis budaya Jawa untuk mahasiswa BIPA dengan tema situs candi peninggalan sejarah di Jawa Timur layak diterapkan dalam pembelajaran.
Referensi
Amalia, R., Hildayati, I., Amalia, A.A., & Asteria, PV. 2022. Pengembangan Prototypr Kamus Pemahaman Lintas Budaya untuk Mahasiswa BIPA dari Thailand. Jurnal Internasional Bahasa Lanjutan dan Linguistik Pendidikan, Vol. 3(1).
Beacco, Jean-Claude dkk. 2016. Guide the Development and Implementation of Curricula for Plurilingual And Intercultural Education. Council of Europe: www.Coe.int/lang
Coste, D., Moore, D., & Zarate, G. 2009. Plurilingual and Pluricultural competence: Studies towards a common European Framework of Reference for language learning and teaching. Strasbourg, France: Council of Europe Publishing.
Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Saddhono, K. 2016. Integrasi Budaya dan Bahasa Daerah dengan Pendekatan Scienific dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sugiati. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Yuniati, A. & Prima.V.A. 2022. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Kompetensi Plurilingual dan Plurikultural Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Bapala. vol 9(2), 14-152.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

