The Strategi Naratif Generasi Z dalam Menulis Cerpen
pembelajaran sastra
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n2.p227-248Kata Kunci:
narrative strategy, generation Z, storytelling style, storytelling patternsAbstrak
Penelitian ini mengkaji strategi naratif yang digunakan Generasi Z dalam menulis cerpen di era literasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap kumpulan cerpen Warna Merdeka Kala Korona sebanyak 47 cerpen yang diterbitkan oleh Komunitas Literasi Banyuwangi. Data dianalisis menggunakan teori strategi penceritaan Minderop (2011), yang mencakup teknik telling dan showing, serta pengaruh teknologi digital terhadap pola naratif. Hasil penelitian menunjukkan perubahan struktur naratif dalam cerpen Generasi Z mencerminkan adaptasi terhadap teknologi digital, dengan dominasi alur non-linier, eksplorasi tema sosial, serta keterlibatan aktif pembaca dalam menafsirkan cerita. Generasi Z menunjukkan kecenderungan yang kuat dalam menggunakan gaya penceritaan tidak langsung (showing), yang mengembangkan karakter dan konflik melalui tindakan, dialog, serta respons terhadap permasalahan tanpa narasi eksplisit dari penulis. Penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi telah memperkuat preferensi Generasi Z terhadap penceritaan reflektif dan interaktif. Studi ini memberikan kontribusi dalam kajian literasi digital serta membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut terkait faktor budaya dan preferensi individu dalam membentuk strategi penceritaan Generasi Z.
Referensi
Al- Ma'ruf , AI (2017). Literary Studies and Character Education. Surakarta: UNS Press.
Intan, T. (2020). The Complexity of Narrative Structure in Pascal Laine's Novel La Dentelliere. Journal of Basic Cultural Sciences , 8 (1972), 11. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/view/11049
Jackson, B. S. (2005). Narrative theories and legal discourse. Narrative in Culture: The Uses of Storytelling in the Sciences, Philosophy and Literature , December , 23–51. https://doi.org/10.4324/9780203981115
Munif, FR (2022). Creativity in the Film “Gen-Z Notes” Edition “Young Women Coding in Silence.” Scientific Journal of Studio Engineering , 6 (1), 1–8.
Prensky, M. (2022). Digital Natives, Digital Immigrants . MCB University Press.
Setyawati, N., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2021). The Influence of Digital Literacy on Short Story Reading Comprehension among Active Social Media Users of Adolescents. Journal of Indonesian Language and Literature Education, Undiksha , 11 (4), 417. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.40124
Intan, T. (2020). The Complexity of Narrative Structure in Pascal Laine's Novel La Dentelliere. Journal of Basic Cultural Sciences , 8 (1972), 11. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/view/11049
Jackson, B. S. (2005). Narrative theories and legal discourse. Narrative in Culture: The Uses of Storytelling in the Sciences, Philosophy and Literature , December , 23–51. https://doi.org/10.4324/9780203981115
Munif, FR (2022). Creativity in the Film “Gen-Z Notes” Edition “Young Women Coding in Silence.” Scientific Journal of Studio Engineering , 6 (1), 1–8.
Prensky, M. (2022). Digital Natives, Digital Immigrants . MCB University Press.
Setyawati, N., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2021). The Influence of Digital Literacy on Short Story Reading Comprehension among Active Social Media Users of Adolescents. Journal of Indonesian Language and Literature Education, Undiksha , 11 (4), 417. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.40124
Sugihastuti & Suharto. (2019). Oral Literature and the Formation of National Character. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sundari, H., & Kurniawati , T. (2023) . Social Reflection in Literature Learning: A Case Study of High School Students. Journal of Literary Research, 15(1), 65-80. https://doi.org/10.24821/jps.v15i1.532
Teeuw , A. (2003). Literature and Literary Studies: An Introduction to Literary Theory. Jakarta: Pustaka Jaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 53
,
PDF Downloads: 42









