Desain LKS Matematika Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Karakter Kreatif Matematis
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p20-32Keywords:
Desain LKS, Reciprocal Teaching, karakter kreatif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan model reciprocal teaching berbasis karakter kreatif matematis siswa yang layak menurut validator ahli materi, ahli media, guru matematika SMA, dan siswa kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Namun penelitian ini hanya terbatas pada dua tahap yakni tahap analysis dan tahap design. Penelitian ini diawali dengan analisa kebutuhan, analisa kurikulum, penyusunan desain LKS, dan validasi desain LKS. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket validasi ahli, serta angket respon guru dan siswa. Subyek penelitian ini adalah validator ahli materi sebanyak 1 orang, ahli media sebanyak 1 orang, guru matematika SMA/SMK/sederajat sebanyak 16 orang, serta 17 orang siswa/i kelas X SMK tahun ajaran 2019/2020. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa desain LKS yang dikembangkan sudah layak menurut ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

