Desain LKS Matematika Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Karakter Kreatif Matematis

Authors

  • Melania Oktaviani Madu Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sulis Janu Hartati Program Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Ahmad Hatip Program Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Dr.Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p20-32

Keywords:

Desain LKS, Reciprocal Teaching, karakter kreatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan model reciprocal teaching berbasis karakter kreatif matematis siswa yang layak menurut validator ahli materi, ahli media, guru matematika SMA, dan siswa kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Namun penelitian ini hanya terbatas pada dua tahap yakni tahap analysis dan tahap design. Penelitian ini diawali dengan analisa kebutuhan, analisa kurikulum, penyusunan desain LKS, dan validasi desain LKS. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket validasi ahli, serta angket respon guru dan siswa. Subyek penelitian ini adalah validator ahli materi sebanyak 1 orang, ahli media sebanyak 1 orang, guru matematika SMA/SMK/sederajat  sebanyak 16 orang, serta 17 orang siswa/i kelas X  SMK tahun ajaran 2019/2020. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa desain LKS yang dikembangkan sudah layak menurut ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa.

References

Amidi and M. Z. Zahid, “Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning,” Semin. Nas. Mat. X Univ. Negeri Semarang 2016, pp. 586–594, 2016.

Faturohman and Afriansyah, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika,” vol. 9, pp. 107–118, 2020.

F. Indiastuti, “Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu,” vol. 2, no. 1, pp. 41–55, 2016.

R. N. Siregar, A. Mujib, and I. Karnasih, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Increasing Students ’ Creative Thinking Abilities Through,” vol. 4, no. 1, pp. 56–62, 2020.

R. D. Putra, Y. Rinanto, S. Dwiastuti, and I. Irfa, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 The Increasing of Students Creative Thinking Ability Through of Inquiry Learni,” vol. 13, no. 1, pp. 330–334, 2016.

S. S. Oktaviani Putri Sukmagati , Dwi Yulianti, “Unnes Physics Education Journal,” vol. 9, no. 1, 2020.

F. Nurrochmawati, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PETA PIKIRAN PADA MATERI TRANSPOR MELALUI MEMBRAN KELAS XI SMA,” Ejournal Berk. Ilm. Pendidik. Biol. Vol. 5 No.3 Sept. 2016 ISSN 2302- 9528, vol. 5, no. 3, pp. 339–343, 2016.

Z. D. Fajriyanti, T. Ernawati, S. Sujatmika, U. Sarjana, and W. Tamansiswa, “JIPVA ( Jurnal Pendidikan IPA Veteran ),” vol. 2, pp. 149–161, 2018, doi: 10.31331/jipva.v2i2.691.

N. R. Ni Wayan Rati1, Nyoman Kusmaryatni, “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK , KREATIVITAS,” J. Pendidik. Indones. Vol. 6, No.1, April 2017. P-ISSN 2303-288X E-ISSN 2541-7207, vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2017.

M. Afdhal and S. Sugiman, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching Berorientasi pada Antusiasme dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Developing Teaching Kits Based on Reciprocal Teaching Oriented to Enthusiasm and Student ’ s Critical Thinking Ability,” PYTHAGORAS J. Pendidik. Mat. 12 (2), 2017, 173-186 Pengemb., vol. 12, no. 2, pp. 173–186, 2018.

T. B. Argikas, N. Khuzaini, T. B. Argikas, and N. Khuzaini, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK THE APPLICATION OF RECIPROCAL TEACHING METHOD FOR IMPROVING THE UNDERSTANDING OF MATHEMATICS CONCEPT OF 7 TH GRADE STUDENTS ,” J. Mercumatika Vol. 1 No. 1 Oktober 2016 ISSN 2548-1819, vol. 1, no. 1, 2016.

A. Areq, “MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA,” (Jurnal Terap. Sains Teknol. Vol. 1, No.4, 2019. Univ. Kanjuruhan Malang, vol. 1, no. 4, 2019.

Y. Heryani and R. Rustina, “Efektivitas penggunaan model reciprocal teaching terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa,” J. Siliwangi Vol. 2. No.2. Nov. 2016. ISSN 2476-9312, vol. 2, no. 2, pp. 117–123, 2016.

E. Rahayu and A. Imran, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 3, no. 3, pp. 403–410, 2017.

F. Merdianingsih, S. H. Noer, and E. Y. Haenillah, “Pengembangan LKPD Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa,” Thesis, 2017.

R. Juwita, A. Putri Utami, and P. Sri Wijayanti, “Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Open-Ended,” J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 35–43, 2019.

Downloads

Published

2022-01-28
Abstract views: 237 , PDF Downloads: 372