Desain LKS Matematika Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Karakter Kreatif Matematis

Authors

  • Melania Oktaviani Madu Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sulis Janu Hartati Program Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Ahmad Hatip Program Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Dr.Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p20-32

Keywords:

Desain LKS, Reciprocal Teaching, karakter kreatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan model reciprocal teaching berbasis karakter kreatif matematis siswa yang layak menurut validator ahli materi, ahli media, guru matematika SMA, dan siswa kelas X SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Namun penelitian ini hanya terbatas pada dua tahap yakni tahap analysis dan tahap design. Penelitian ini diawali dengan analisa kebutuhan, analisa kurikulum, penyusunan desain LKS, dan validasi desain LKS. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket validasi ahli, serta angket respon guru dan siswa. Subyek penelitian ini adalah validator ahli materi sebanyak 1 orang, ahli media sebanyak 1 orang, guru matematika SMA/SMK/sederajat  sebanyak 16 orang, serta 17 orang siswa/i kelas X  SMK tahun ajaran 2019/2020. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa desain LKS yang dikembangkan sudah layak menurut ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa.

References

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Madu, M. O., Hartati, S. J., & Hatip, A. (2022). Desain LKS Matematika Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Karakter Kreatif Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(1), 20–32. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p20-32
Abstract views: 281 , PDF Downloads: 441