Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Classflow Berbantuan Web Desmos pada Materi Penerapan Integral Tentu

Authors

  • umul husna Universitas Jember
  • Susi Setiawani Universitas Jember
  • Saddam Hussen Universitas jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p37-52

Keywords:

ClassFlow, Web Desmos, Integral

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan ClassFlow berbantuan web Desmos, serta mengetahui apakah media tersebut dapat membantu siswa memahami materi penerapan integral tentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Metode pengumpulan data meliputi lembar validasi, tes hasil belajar siswa, angket respon pengguna, wawancara, dan observasi. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas 11 IPA. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penggunaan media pembelajaran masih minim dan terbatas, serta perlu ditingkatkannya hasil belajar siswa untuk materi penerapan integral tentu di sekolah tersebut. Proses pengembangan media melalui empat tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan berdasarkan penilaian validator sebesar 0,89 dengan kategori œSangat Tinggi; Tingkat kepraktisan berdasarkan angket respon pengguna sebesar 77,5% dengan kategori œBaik; dan tingkat keefektifan berdasarkan nilai tes hasil belajar peserta didik di atas KBM yaitu sebesar 90% atau 18 dari 20 siswa dengan kategori œBaik. Meskipun interaktivitas media pembelajaran belum optimal, siswa merasa senang berkomunikasi melalui ClassFlow. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan ClassFlow berbantuan web Desmos materi penerapan integral tentu memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat membantu siswa memahami materi integral luas daerah.

Author Biographies

umul husna, Universitas Jember

FKIP Matematika Universitas Jember

Susi Setiawani, Universitas Jember

FKIP Matematika Universitas Jember

Saddam Hussen, Universitas jember

FKIP Matematika Universitas Jember

References

[1] Y. Munadi, Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta, 2012.
[2] promethean world, œWhat is ClassFlow? [Online]. Available: https://www.prometheanworld.com/news-article/what-is-classflow/. [Accessed: 23-Mar-2020].
[3] Y. Mimbadri, E. Oktavianingtyas, and Suharto, œPengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan ClassFlow Berbantuan Geogebra Materi Integral Luas Daerah, no. September, pp. 110, 2019.
[4] D. Pratama, A. Fatahillah, and R. P. Murtikusuma, œPengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web ClassFlow pada Sub Pokok Bahasan Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, 2019.
[5] N. Ishartono, Y. D. Kristanto, and F. Setyawan, œUpaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website Desmos, pp. 7886, 2018.
[6] E. Surya, œVisual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa, J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 1, pp. 4150, 2012.
[7] L. Ayu Lestari, S. Suharto, and A. Fatahillah, œAnalisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember, J. Edukasi, vol. 3, no. 1, p. 40, 2016.
[8] A. Wahyuni, P. Kurniawan, S. B. Waluya, and A. N. Cahyono, œAnalisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral, no. 2010, pp. 623629, 2019.
[9] Hobri, Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila, 2010.
[10] R. Nisyak, D. Trapsilasiwi, A. Fatahillah, and Susanto, œPengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Shoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat, Kadikma, vol. 9, no. 2, pp. 155164, 2018.
[11] Nursalam and F. Efendi, Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 2008.
[12] D. Zhang, J. L. Zhao, L. Zhou, and J. F. Nunamaker, œCan e-learning replace classroom learning?, Commun. ACM, vol. 47, no. 5, pp. 7579, 2004.
[13] R. Aviana and F. F. Hidayah, œPengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang, J. Pendidik. Sains, vol. 3, no. 1, pp. 14, 2015.
[14] Khutobah, N. Yuliati, D. T. Indriati, and S. Hussen, œProblem Posing Creativity in the ˜What-If-Not (Win) Strategy, Int. J. Soc. Sci. Humanit. Invent., vol. 4, no. 8, 2017.

Downloads

Published

2020-09-30
Abstract views: 1210 , PDF Downloads: 1064 , PDF Downloads: 0