Analisis Penalaran Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Gaya Belajar Honey-Mumford

Authors

  • Ana Masuda Universitas Jember
  • Didik Sugeng Pambudi Universitas Jember
  • Randi Pratama Murtikusuma Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p56-68

Keywords:

Penalaran Matematis, Gaya Belajar Honey-Mumford

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis pada siswa kelas XI MIPA 5 di SMAN 4 Jember dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak delapan siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes penalaran matematis materi barisan dan deret aritmetika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini yaitu siswa aktivis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis namun kurang lengkap, membangun dan menetapkan dugaan (conjectures), melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, dan menarik kesimpulan dari pernyataan, namun kurang lengkap. Siswa reflektor dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, membangun dan menetapkan dugaan (conjectures), melakukan manipulasi matematika namun kurang teliti dalam menuliskan metode yang digunakan, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, dan menarik kesimpulan dari pernyataan, namun membutuhkan waktu yang lama. Siswa teoris dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, membangun dan menetapkan dugaan (conjectures), melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Siswa pragmatis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika mampu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis, membangun dan menetapkan dugaan (conjectures), melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, dan menarik kesimpulan dari pernyataan.

References

Azizah, R. F., Sunardi, dan D. Kurniati. 2017. Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Usia 15 Tahun di SMA Negeri 1 Jember. Jurnal Kadikma. 8(1) : 97–104.

Murtikusuma, R. P. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Model Problem-Based Learning untuk SMK Perkebunan bertemakan Kopi dan Kakao. Pancaran. 5(4) : 51–60.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK.

Offirstson, T. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta : Deepublish.

Ervani, R. S. R., Susanto, T. B. Setiawan, D. S. Pambudi, dan L. A. Monalisa. 2019. Penalaran Matematis Siswa binaan olimpiade dalam menyelesaikan soal olimpiade sains nasional matematika konten geometri. https://osf.io/umf64/ [Diakses pada 3 September 2019].

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdiknas.

OECD. 2016. PISA 2015 Assesment and Analytical Framework : Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy.

Mullis, I. V. S., dan M. O. Martin. 2017. TIMSS 2019 Assessment Frameworks. United States: Boston College.

Shadiq, F. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta : Depdiknas

Siregar, E., dan H. Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hatimah, I dan Sadri. 2014. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. In : Pemikiran Tokoh Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arum, S. Z. P. 2016. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Belajar Model Honey-Mumford. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(5) : 549-558.

Laksana, I. W. 2015. Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar matematis dan tipe kepribadian. http://repository.untirta.ac.id/TA/KS/KS01/KS0107/2015/KS010700092/profil- kemampuan-penalaran-matematis-siswa-ditinjau-dari-gaya-belajar-matematis- dan-tipe-kepribadian.html [diakses pada 2 Juli 2019].

Hamidah, K. N. 2016. Profil Penalaran Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(5) : 210-219.

Ridwan, M. 2017. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2) : 193-206.

Rassool, G. H, dan S. Rawaf. 2007. Learning Style Preferences of Undergraduate Nursing Students. Nursing Standard. 21(32) : 35-41.

Mountford. H, S. Jones, dan S. Tucker. 2006. Learning Styles of Entry-Level Physiotherapy Students. Advances in Physiotherapy. 8 : 128-136.

Hameed, F. M., R. A. Khan, dan M. Anwar. 2013. Identifying Learning Styles among Medical students: Does Our Assessment Favors Certain Learning Style?. Journal of Islamic International Medical College.

Aljaberi, N. M. 2015. University Students’ Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems. International Journal of Business and Social Science. 6(4) : 152-165.

Budiningsih, C. A. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Honey, P dan A. Mumford. 2006. The Learning Styles Questionnaire, 80-Item version (Revised edition, July 2006). Maidenhead Berks : Peter Honey Publications Limited.

Pritchard, A. 2009. Ways Of Learning (Learning Theories and Learning Style in The Classroom). New York : Routledge.

Lee, C. K, dan M. S. Sidhu. 2013. Engineering students learning styles preferences using Honey and Mumford Learning Styles Questionnaire: A Case study in Malaysia. International Journal of Information Technology & Computer Science (IJITCS). 9(1) : 107-114.

Indriyati, R. W. Winarso, dan H. Kusmanto. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Siswa Menurut Peter Honey dan Alan Mumford. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 7(1) : 1-10.

Widayatni, S. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mutu Pelayanan Kebidanan di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. Jurnal KESMADASKA. 4(1).

Downloads

Published

2022-01-28
Abstract views: 478 , PDF Downloads: 464