Analisis Sikap dan Keyakinan Calon Guru di Indonesia terhadap Pemanfaatan Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Intan Bigita Kusumawati STKIP PGRI Sidoarjo
  • Achmad Dhany Fachrudin STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n1.p36-43

Keywords:

sikap, keyakinan, calon guru, sejarah matematika, pembelajaran matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap serta keyakinan calon guru matematika mengenai penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika dari Sembilan perguruan tinggi keguruan yang tersebar di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket sikap dan keyakinan penggunaan sejarah matematika dalam pembelajaran matematika. Item angket sikap dan keyakinan terdiri dari dua ketegori yaitu sikap dan keyakinan diri terhadap pemanfataan sejarah matematika serta sikap dan keyakinan terhadap kemampuan diri dalam memanfaatkan sejarah matematika. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis angket sikap dan keyakinan. Hasil penelitian menujukkan bahwa sikap dan keyakinan pemanfaatan sejarah matematika secara keseluruhan berada pada level sedang, sementara keyakinan diri dalam menggunakan sejarah matematika dalam pembelajaran skornya masih rendah. Sikap dan keyakinan positif terhadap integrasi sejarah matematika dalam pembelajaran tersebut mengimplikasikan bahwa sebagian calon guru setuju bahwa sejarah matematika merupakan materi yang penting tidak hanya sebagai sebuah subjek materi tersendiri, namun sebagai subjek materi yang dapat terintegrasi dalam pembelajaran matematika.

References

[1] Man-Keung, S. 2000. The ABCD of using history of mathematics in the
(undergraduate) classroom. Paleontological Society Papers, 6, 3-10.

[2] Fauvel, J., & Van Maanen, J. (Eds.). 2000. History in mathematics education. Dordrecht, the Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

[3] Radford, L. & Guerette, G. 2000. Second degree equations in the classroom: a Babylonian approach. In Katz, V. (Ed), Using history to teach mathematics: an international perspective (pp. 69-75). USA: The Mathematical Association of America.

[4] Yuste, P. 2010. Learning mathematics through its history. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1137-1141.

[5] Fried, M. N. 2001. Can mathematics education and history of mathematics coexist? Science & Education, 10(4), 391-408.

[6] Alpaslan, M., Işıksal, M., & Haser, Ç. 2014. Pre-service mathematics teachers knowledge of history of mathematics and their attitudes and beliefs towards using history of mathematics in mathematics education. Science & Education, 23(1), 159-183.

[7] Marshall, G. L. 2000. Using history of mathematics to improve secondary students' attitudes toward mathematics (Doctoral dissertation, Illinois State University).

[8] Alpaslan, M., Isiksal, M., & Haser, C. 2011. The development of attitudes and beliefs questionnaire towards using history of mathematics in mathematics education. In Proceedings of the seventh congress of the European society for research in mathematics education (pp. 1661-1669).

Downloads

Published

2019-10-10
Abstract views: 615 , PDF Downloads: 574