Pembelajaran Luas Permukaan Prisma Menggunakan Konteks Packaging

Authors

  • Afifah Hanun Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Ringroad Selatan, Bantul, DIY 5519
  • Rully Charitas Indra Prahmana Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Ringroad Selatan, Bantul, DIY 5519 http://orcid.org/0000-0002-9406-689X

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p70-79

Keywords:

PMRI, Luas Permukaan Prisma, Design Research, Packaging.

Abstract

Pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan suatu konteks untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep matematis. Penggunaan konteks merupakan salah satu karakteristik dalam pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konteks packaging dalam memberikan pemahaman konsep luas permukaan prisma dan mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran luas permukaan prisma melalui pendekatan PMRI. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode design research. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D SMP N 5 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pengenalan konsep luas permukaan prisma. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, rekaman video, data tertulis, dan observasi. Selanjutnya, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data, validitas, dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks packaging dapat digunakan sebagai starting point dalam pembelajaran luas permukaan prisma. Selain itu, hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran luas permukaan prisma menggunakan konteks packaging mendapatkan nilai rata-rata sebesar 93 dengan frekuensi ketuntasan 96,15%.

Author Biography

Rully Charitas Indra Prahmana, Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Ringroad Selatan, Bantul, DIY 5519

Mathematics Education Department

Scopus ID: 57192302745

References

[1] Widyawati, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47-68.
[2] Sutisna, A. P., Maulana, M., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31-40.
[3] Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.
[4] Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19-23.
[5] Simanulang, J. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 25-36.
[6] Prahmana, R. C. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Learning Multiplication using Indonesian Traditional Game in Third Grade. Journal on Mathematics Education, 3(2), 115-132.
[7] Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I, & Mumu, J. (2017). Mathematics Instruction, Problems, Challenges, and Opportunities: A Case Study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287-291.
[8] Ginting, M. S., Prahmana, R. C. I., Isa, M., & Murni, M. (2018). Improving the Reasoning Ability of Elementary School Student through the Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 9(1), 41-54.
[9] Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. EXACTA, 10(2), 136-139.
[10] Prahmana, R. C. I. (2017). Designing Mathematics Learning Trajectory: An Introduction. LAP LAMBERT Academic Publishing.
[11] Nurdiansyah, & Prahmana, R. C. I. (2017). Pembelajaran Keliling Lingkaran menggunakan Konteks Gelas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 128-140.
[12] Utari, R.S., Putri, R.I.I., & Hartono, Y. (2015). Konteks Kebudayaan Palembang untuk Mendukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP pada Materi Perbandingan. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 27-37.
[13] Prahmana, R. C. I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Magister Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.
[14] Yunisha, R., Prahmana, R. C. I., & Sukmawati, K. I. (2016). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2), 136-145.
[15] Soedjadi, R. (2014). Inti DasarDasar Pendidikan Matematika Realistik
Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.
[16] Sembiring, R. K., Hoogland, K., & Dolk, M. L. A. M. (Eds.). (2010). A Decade of PMRI in Indonesia. Bandung: PMRI Institute.
[17] Sembiring, R. K. (2014). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Journal on Mathematics Education, 1(1), 11-16.
[18] Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[19] Idris, I., & Silalahi, D. K. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1(1), 73-82.
[20] Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Press.
[21] Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis Keterampilan Geometri dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54-66.
[22] Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.
[23] Prahmana, R. C. I. (2017). Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Jakarta: Rajawali Press.
[24] Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135-146.

Downloads

Published

2019-09-23
Abstract views: 707 , PDF Downloads: 1044