Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Transformasi Geometri

Authors

  • Talisadika Serrisanti Maifa Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n1.p8-14

Keywords:

Pemetaan, Transformasi Geometri, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa dalam membuktikan sebuah pemetaan merupakan transformasi geometri. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas Geometri Transformasi pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Timor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah (1) Kesalahan dalam menginterpretasi definisi dari sebuah pemetaan, (2) Kesalahan dalam menentukan daerah asal dan daerah hasil sebuah pemetaan dan (3) Kesalahan dalam menentukan 2 hal yang kontradiksi dalam membuktikan sebuah pemetaan merupakan fungsi injektif.

References

[1] Imswatama, A., & Muhassanah N. 2016. Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitik bidang materi garis dan lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-12.

[2] Pratiwi, M., & Septia, T. 2017. Efektivitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom Pada Materi Geometri. Lemma,

[3] Mentaruk, N. 2015. Quality improvement on transformation geometry course through the implementation recriprocal teaching model at mathematics education study program in Christian University of Tentena. Jurnal Daya Matematis, 3(2), 179-191.

[4] Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. 2017. Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 93-102.

[5] Subekti, F.E., & Kusuma, A.B. 2015. Efektivitas Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra pada Geomteri Transformasi. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

[6] Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. 2018. Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

[7] Murtafiah, W., & Masfingatin, T. 2015. Proses Berpikir Mahasiswa Dengan Kemampuan Spatial Intellegent Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Geometri. KadikmA, 6(1).

[8] Junaedi, I. 2012. Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri analitik berdasar Newmans Error Analysis (NEA). Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 125-133.

[9] Utami, A. D. 2016. Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasar newmans error analysis (NEA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85-92.

[10] Budiarto, M. Teguh. 2006. Geometri Transformasi. Surabaya. UNESA University Press.

Downloads

Published

2019-10-10
Abstract views: 670 , PDF Downloads: 962