Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika Semi-Terstruktur

Authors

  • Ijtihadi Kamilia Amalina Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Amirudin Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p040-049

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Pengajuan Masalah, Situasi Semi-Terstruktur

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam menghadapi masalah seharihari dan menyelesaikan masalah matematika yang membutuhkan ide baru. Kemampuan berpikir kreatif diperlukan dalam memunculkan ide baru. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yaitu pengajuan masalah matematika. Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII di Surabaya ini bertujuan untuk menggali kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika pada situasi semi-terstruktur. Sebanyak 4 siswa dipilih sebagai subjek wawancara yaitu 1 subjek pada masing masing tingkat berpikir kreatif (TBK) 1”4. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan analisis tugas pengajuan masalah matematika berdasarkan kefasihan, kebaruan, dan fleksibilitas serta wawancara. Hasil menunjukkan bahwa siswa pada TBK 1, 2, dan 3 membuat soal sederhana yang sering ditemui dalam pembelajaran matematika dan menjawab dengan cara yang telah diajarkan sebelumnya. Sedangkan siswa pada TBK 4 dapat membuat soal dan cara penyelesaian yang lebih kompleks dengan menambahkan dan memodifikasi situasi yang diberikan. Selain itu dalam mengajukan soal siswa memikirkan jawaban terlebih dahulu dan menggunakan pengalaman matematika terdahulu.

Author Biography

Tatag Yuli Eko Siswono, Universitas Negeri Surabaya

Mathematics Department

References

[1] Siswono, T. Y. E. 2007. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Penelitian Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 25-26 Juli 2007.

[2] Pehkonen, Erkki dan Helsinki. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM) vol 29(3). 63 67.

[3] Singer, F. M dan Voica, C. 2015. œIs Problem Posing a Tool for Identifying and Developing Mathematical Creativity?. Dalam Florence Mihaela Singer, Nerida F. Ellerton dan Jinfa Cai (Ed). 2015. Mathematical Problem Posing: From Research to Effective Practice. New York: Springer.

[4] Matsko, Vincent J., & Thomas, Jerald. 2015.Beyond Routine:Fostering Creativity in Mathematics Clasroom. Dalam Florence Mihaela Singer, Nerida F. Ellerton dan Jinfa Cai (Ed). 2015. Mathematical Problem Posing: From Research to Effective Practice. New York: Springer.

[5] Siswono, T. Y. E. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpadu Dengan Model Wallas dan Creative Prblem Solving (CPS). Buletin Pendididkan Matematika Volume 6 Nomor 2, Oktober 2004. Prodi Pend.Mat.FKIP UNPATTI Ambon.ISSN:1412-2278.

[6] Silver, E. A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing, (Online), (http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a3.pdf , diakses 26 Oktober 2015)/

[7] Silver, E. A. 1994. On Mathematical Problem Posing. For the Learning of Mathematics vol 14(1). 19”28.

[8] Siswono, T. Y. E dan Budayasa, I. K. 2006. œImplementasi Teori tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Makalah disampaikan pada Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII dan Kongres Himpunan Mahasiswa Indonesia, Semarang, 24-27 Juli 2006.

[9] Polya, G. 1957. How To Solve It. Princeton : Princeton University Press.

[10] Barlow, A. T. dan Cates, J. M. 2006. The Impact of Problem Posing on Elementary Teachers Beliefs about Mathematics and Mathematics Teaching. School Science and Mathematics vol 106 (2). 64”73.

[11] National Council of Teachers of Mathematics. 2000 . Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

[12] Bonotto, C. dan Sato, L.D. 2015.On the Relationship Between Problem Posing, Problem Solving, and Creativity in the Primary School. Dalam Florence Mihaela Singer, Nerida F. Ellerton dan Jinfa Cai (Ed). 2015. Mathematical Problem Posing : From Research to Effective Practice. New York : Springer.

[13] Stoyanova, E. dan Ellerton, N.F. 1996. A Framework for Research into Students Problem Posing in School Mathematics, (Online), (http://www.merga.net.au/documents/RP_Stoyanova_Ellerton_1996.pdf, diakses 26 Oktober 2015).

[14] Leung, S. S. dan Silver, E.A. 1997. The Role of Task Format, Mathematics Knowledge, and Creative Thinking on Arithmatic Problem Posing of Prospective Elementary School Teachers. Mathematics Education Research Journal vol 9(1). 5”24.

Downloads

Additional Files

Published

2019-04-04
Abstract views: 990 , PDF Downloads: 1214 , PDF Downloads: 0