Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika

Authors

  • Tri Astuti Arigiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Benedictus Kusmanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p023-029

Keywords:

Validasi instrumen, modul, motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar komputasi matematika yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Reseach And Development), dengan model pengembangan yang dipilih adalah model pengembangan yang dipilih mengikuti prosedur sederhana yang disarankan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yaitu model pengembangan perangkat Four-D Model. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Bahan Ajar yang akan dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli modul. Skor rata-rata untuk materi 4,68 dan masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan skor rata-rata untuk modul 4,84 dan masuk dalam kriteria sangat baik.

Author Biographies

Tri Astuti Arigiyati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Prodi Pendidikan Matematika

Benedictus Kusmanto, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Prodi Pendidikan Matematika

Sri Adi Widodo, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Prodi Pendidikan Matematika

References

[1] Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144.

[2] Nomor, U. U. R. I. (20). Tahun 2003.(2003). Sistem Pendidikan Nasional.

[3] Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

[4] Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan bahan ajar matakuliah Bioteknologi berdasarkan kebutuhan dan karakter mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19-30.

[5] R Wahyu Berti. (2012). http://eprints.uny.ac.id/9518/6/LAMPIRAN%201.pdf. diakses tanggal 28 April 2018.

[6] Widodo, C. S. Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.

[7] Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

[8] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

[9] Arcana, I. N. (2013). Bahan Latihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penyusunan Proposal.

Downloads

Published

2019-04-04
Abstract View: 607