Analisis Strategi Mahasiswa dalam Menentukan Turunan Fungsi dengan Metode Diferensiasi Logaritmik

Authors

  • Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p1-14

Keywords:

diferensiasi logaritmik, kalkulus, turunan, derivatif, logaritma

Abstract

Kalkulus merupakan salah satu cabang matematika yang berperan penting dalam bidang ilmu lainnya. Konsep dasar kalkulus yang terdiri dari limit, turunan, dan integral merupakan konsep yang saling berkaitan satu sama lain. Terlebih lagi, penguasaan strategi dalam menentukan turunan dan integral suatu fungsi merupakan fondasi bagi ilmu matematika yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisa metode diferensiasi logaritmik yang digunakan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan turunan fungsi tertentu. Data diperoleh dari hasil analisis dokumen, wawancara, serta observasi mengenai proses berpikir mahasiswa, kesulitan yang dihadapi, serta alasan penggunaan metode diferensiasi logaritmik dalam menentukan turunan fungsi. Hasil analisa menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung menggunakan metode diferensiasi logaritmik jika menemui jenis fungsi rasional yang melibatkan pangkat pecahan pada setiap faktornya, maupun jika terdapat dua atau lebih faktor di pembilang dan penyebutnya, demikian pula pada jenis fungsi perkalian yang memiliki lebih dari dua faktor. Berdasarkan hasil analisa, metode diferensiasi logaritmik ini selain dapat digunakan untuk mempermudah penyelesaian turunan, juga untuk dapat menghindari kesalahan dalam menggunakan aturan rantai pada jenis fungsi tertentu.

Author Biography

Puspita Sari, Universitas Negeri Jakarta

Department of Mathematics Education

References

[1] Varberg, Purcell and Rigdon, Calculus 9th Edition, Pearson, 2006.

[2] C. Rasmussen, K. Marrongelle and M. Borba, "Research on Calculus: what do we know and where do we need to go," ZDM The International Journal of Mathematics Education, vol. 46, pp. 507-515, 2014.

[3] D. Tall, "Dynamics mathematics and the blending of knowledge structures in calculus," ZDM The International Journal of Mathematics Education, vol. 41, pp. 481-492, 2009.

[4] E. Haciomeroglu, L. Aspinwall and N. Presmeg, "Contrasting cases of calculus students' understanding of derivative graphs," Mathematical Thinking and Learning, vol. 12, no. 2, pp. 152-176, 2010. Puspita Sari

[5] N. Hashemi, M. Abu, H. Kahsefi, M. Mokhtar and K. Rahimi, "Designing learning strategy to improve undergraduate students' problem solving in derivatives and integrals: A conceptual framework," Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education , vol. 11, no. 2, pp. 219-230, 2015.

[6] T. M. Apostol, Calculus Volume 1 (2nd edition), United States of America: John Wiley and Sons, Inc, 1967.

[7] M. Denscombe, The Good Research Guide for Small-Scale Social Research Projects, 4 ed., Open University Press, 2010.

[8] B. Chua and E. Wood, "Working with logarithms: students' misconception and errors," The Mathematics Educator, vol. 8, no. 2, pp. 53-70, 2005.

Downloads

Published

2019-04-04
Abstract views: 829 , PDF Downloads: 4321