Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Niswatul Mufarihah Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unirow Tuban
  • Rita Yuliastuti Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unirow Tuban
  • Edy Nurfalah Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unirow Tuban

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p50-61

Keywords:

ability, problem solving, learning styles

Abstract

Research on profiles of mathematical problem solving ability in junior high school students on the opportunities material in terms of learning styles aimed to obtain a description of the mathematical problem solving skills based learning styles of students, that learning styles were visual, auditory, and kinesthetic. This type of research was a qualitative descriptive. The subject of research were nine students, each type of learning style consisted of 3 students. The results showed that mathematical problem solving ability of students with the type of visual learning style was superior than the students with the type of auditory and kinesthetic.

References

[1] BSNP. 2006. Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
[2] Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumatica, (Online), Vol.2 No.1 (http://onlinejournal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/603, diakses 11 Juli 2016).
[3] Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[4] DePorter, Bobbi dan Mike Henacki. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
[5] Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
[6] Indarto, Danang. 2012. Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktek Instalasi Listrik Di SMK Negeri 2 Yogyakarta.ePrints@UNY, (Online), (http://eprints.uny.ac.id/2467/, diakses 31 Maret 2016).
[7] Ilmiyah, Sailatul dan Masriyah. 2013. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, (Online), Vol.2 No.2, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1419/, diakses 31 Maret 2016).
[8] Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis Tidak Diterbitkan. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
[9] Nafian, Muhammad Ilham. 2011. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 3 Desember 2011.
[10] Pertiwi.2015. Perbedaan Tingkat Prestasi Belajar Ditinjau dari Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar.Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
[11] Nirmalitasari, Okta S. 2012. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar.MATHEdunesa, (Online), Vol.1 No.1, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/247, diakses 15 April 2016).
[12] Pramudito, Okki. 2008. Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Memecahkan Masalah Cerita Matematika bagi Siswa Kelas VIII SLTP 2 Pandak Bantul. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. (Online), Vol.8 No.1 (http://www.eprints.uad.ac.id/skripsi/Psikologi/, diakses 11
Agustus 2016)

Downloads

Published

2019-09-23
Abstract views: 702 , PDF Downloads: 855