Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Materi Pengukuran Bangun Ruang di Sekolah Dasar dengan Menggunakan Konteks Rumah Adat Batak Toba

Authors

  • Maifah Hanim Br Panjaitan Universitas Muslim Nusantara Al-wasliyah, Medan
  • Sukmawarti Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al-wasliyah, Medan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p93-110

Keywords:

Bahan ajar, Matematika, Etnomatematics, Rumah adat Batak Toba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar dari eksplorasi rumah adat Batak Toba dan untuk mengetahui kelayakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar rumah adat Batak Toba pada pembelajaran matematika materi pengukuran bangun datar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation dengan pertimbangan peneliti berfokus pada produk yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria layak untuk dipakai. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, bahan ajar yang layak melalui uji validasi ahli materi, ahli media, respon guru dan angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar berturut-turut memperoleh persentase sebesar 92% dan 88%. Sementara itu, hasil validasi respon guru menunjukkan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat laya dan hasil respon siswa diperoleh persentase sebesar 96%. Berdasarkan semua hasil validasi yang telah didapatkan, maka diketahui bahwa bahan ajar matematika realistik berbasis rumah adat Batak Toba dapat dikatakan sangat layak untuk dipakai pada proses pembelajaran matematika di kelas IV SD.

References

Sukmawarti and A. J. Pulungan, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu,” J. Penelit. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 31–36, 2020.

N. P. Alvariani and Sukmawarti, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar,” J. Penelit. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 2, pp. 43–51, 2022, doi: 10.32939/tarbawi.v15i1.336.

A. Sumiati and Y. Agustini, “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp Kelas Viii Di Cianjur,” J. Cendekia, vol. 04, no. 01, pp. 321–330, 2020.

H. Simbolon, Sofiyan, and D. Ramadhani, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa,” Basic Educ. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 100–111, 2019.

S. R. E. Safitri and A. Setyawan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020,” Kekuatan Huk. Lemb. Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan, pp. 338–344, 2020.

S. Simbolon and Sapri, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 2510–2515, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2081.

N. Khairani and Sukmawarti, “Pengembangan Komik Matematika Berbasis Budaya Tradisional Batak pada Materi Geometri untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 6, no. 1, pp. 78–92, 2022.

S. F. Meilana and Aslam, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5605–5613, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.2815.

Hidayat and S. Khayroiyah, “Pengembangan Desain Didaktid pada Pembelajaran Geometri,” J. MathEducation Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 15–19, 2018.

D. Daryanto and A. Dwicahyono, Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

M. M. Zagoto, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Educ. Dev. Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan, vol. 3, no. 1, pp. 53–57, 2018.

A. P. Sutisna, Maulana, and H. Subarjah, “Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan RME,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2016.

F. Nursyahidah, B. A. Saputro, and I. U. Albab, “Desain Pembelajaran Kerucut Berkonteks Tradisi Megono Gunungan,” J. Elem., vol. 7, no. 1, pp. 14–27, 2021, doi: 10.29408/jel.v7i1.2655.

T. S. Maifa, C. N. Salsinha, and H. Bete, “Lintasan Belajar Geometri Transformasi dengan Menggunakan Konteks Kain Buna,” Histogram J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 439–450, 2020.

A. Nurafni, H. Pujiastuti, and A. Mutaqin, “Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal,” J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 4, no. 1, pp. 71–80, 2020, doi: 10.31331/medivesveteran.v4i1.978.

R. N. Pane and M. A. I. Sihotang, “Etnomatematika Pada Rumah Bolon Batak Toba,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 5, pp. 384–390, 2022.

S. Sihombing and H. Tambunan, “Etnomatematika : Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba,” J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 6, no. 2, pp. 100–104, 2021.

D. Hasanuddin, Ornamen (ragam hias) rumah adat batak toba. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Utara, 1998.

F. Ferdianto and Setiyani, “Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 37–47, 2018, doi: 10.33603/jnpm.v2i1.781.

R. Wulandari, S. Utaminingsih, and M. Kanzunnudin, “Development of Class VI Elementary School Thematic Teaching Materials Based Local Wisdom,” J. Educ. Technol., vol. 4, no. 3, pp. 296–301, 2020, doi: 10.23887/jet.v4i3.28457.

R. Y. Putra, Z. Wijayanto, and S. A. Widodo, “Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 1, pp. 10–22, 2020, doi: 10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.

A. F. N. Muhammad and N. I. Novitasari, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” J. Bid. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 80–93, 2020.

Hapipi, “Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Sebagai Basis Pembelajaran Matematika,” Βeta, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2011.

I. Adha and R. Refianti, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan,” J. Pendidik. Mat. (JUDIKA Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2019.

T. N. Purba, F. Pangaribuan, and A. J. Hutauruk, “Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4686–4700, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2873.

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 382 , PDF Downloads: 436