Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Materi Pengukuran Bangun Ruang di Sekolah Dasar dengan Menggunakan Konteks Rumah Adat Batak Toba
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p93-110Keywords:
Bahan ajar, Matematika, Etnomatematics, Rumah adat Batak TobaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar dari eksplorasi rumah adat Batak Toba dan untuk mengetahui kelayakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar rumah adat Batak Toba pada pembelajaran matematika materi pengukuran bangun datar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation dengan pertimbangan peneliti berfokus pada produk yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria layak untuk dipakai. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, bahan ajar yang layak melalui uji validasi ahli materi, ahli media, respon guru dan angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar berturut-turut memperoleh persentase sebesar 92% dan 88%. Sementara itu, hasil validasi respon guru menunjukkan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat laya dan hasil respon siswa diperoleh persentase sebesar 96%. Berdasarkan semua hasil validasi yang telah didapatkan, maka diketahui bahwa bahan ajar matematika realistik berbasis rumah adat Batak Toba dapat dikatakan sangat layak untuk dipakai pada proses pembelajaran matematika di kelas IV SD.
References
D. Daryanto and A. Dwicahyono, Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
D. Hasanuddin, Ornamen (ragam hias) rumah adat batak toba. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Utara, 1998.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

