Pengembangan Komik Matematika Berbasis Budaya Tradisional Batak pada Materi Geometri untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92Keywords:
Komik Matematika, Geometri, Budaya BatakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik matematika yang memanfaatkan konteks budaya tradisional Batak untuk pembelajaran geometri untuk siswa kelas dasar yang memenuhi kriteria kelayakan yang baik. Kerangka model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) diimplementasikan dalam tahapan analisis, desain, dan pengembangan. Data dikumpulkan dari wawancara dan angket yang melibatkan proses validasi dari ahli media, ahli isi, dan tanggapan guru. Hasil uji validasi oleh ahli media mendapat skor 3,8 dari 4 (Baik), ahli materi mendapat skor 4,83 dari 4 (Sangat Baik), dan tanggapan guru mendapatkan skor 4,76 dari 4 (Sangat Baik). Sesuai dengan hasil validasi yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa komik matematika berbasis budaya tradisional Batak pada materi geometri di kelas V SD layak digunakan.
References
L. Lestari, F. Puput, F. Ahmadi, R. Rochmad. "The Implementation of Mathematics Comic through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character." European Journal of Educational Research, vol. 10, no. 1, pp. 497-508, 2021.
N.P.G. Arilaksmi, S.K. Ummah, D.W. Utomo. "Development of mathematical comics with an Indonesian cultural background on comparative materials." AIP Conference Proceedings. vol. 2194. no. 1, 2019.
M. Jayanti, Y. Wiratomo. "Cultural-Based Comics for Learning Equation of Straight Line and System of Linear Equation in Two Variables." Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), vol. 1, no 1, pp. 18-29, 2019.