Pengembangan Komik Matematika Berbasis Budaya Tradisional Batak pada Materi Geometri untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nabilla Khairani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Sukmawarti Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92

Keywords:

Komik Matematika, Geometri, Budaya Batak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik matematika yang memanfaatkan konteks budaya tradisional Batak untuk pembelajaran geometri untuk siswa kelas dasar yang memenuhi kriteria kelayakan yang baik. Kerangka model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) diimplementasikan dalam tahapan analisis, desain, dan pengembangan. Data dikumpulkan dari wawancara dan angket yang melibatkan proses validasi dari ahli media, ahli isi, dan tanggapan guru. Hasil uji validasi oleh ahli media mendapat skor 3,8 dari 4 (Baik), ahli materi mendapat skor 4,83 dari 4 (Sangat Baik), dan tanggapan guru mendapatkan skor 4,76 dari 4 (Sangat Baik). Sesuai dengan hasil validasi yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa komik matematika berbasis budaya tradisional Batak pada materi geometri di kelas V SD layak digunakan.

References

Hidayat, Sukmawarti, and Suwanto, “The application of augmented reality in elementary school education,”Res. Soc. Dev., vol. 10, no. 3, pp. 1-6, 2021, doi:10.33448/rsd-vl0i3.12823.

Hidayat and S. Khayroiyah, “Pengembangan Desain Didaktid pada Pembelajaran Geometri,” J.MathEducation Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 15-19, 2018.

Sukmawarti and A. J. Pulungan, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu,” J. Penelit. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 31-36, 2020.

Sukmawarti, Hidayat, and Lili Amelia Putri, “Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa,” PalMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., vol. 2 no. 1, pp. 202-207, 2022, doi:Org/10.54259/Palmas.V2il.848.

Erica and Sukmawarti, “Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran PKN di SD,” Abil. J. Educ. Soc. Anal., vol. 2, no. 4, pp. 110-122, 2021, doi:10.32939/tarbawi.vl5il.336.

Sukmawarti and Hidayat, “Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics,” Adv. Soc. Sic. Educ. Humanit. Res., vol. 536, pp. 288-292, 2020, doi:10.2991/assehr.k.210312.046.

Jailani. I, “Pengembangan Media komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing,” J. Prima Edukasia., vol. 3, no. 1, pp. 84-96, 2015.

Nugraha H.S, “Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI),” J.Pendidikan dan pembelajaran dasar., vol. 1, no. 1, pp. 250-259,2014.

E. SULISTYORINI, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas V Sd Berbasis Budaya,” Elem. J. Inov. Pendidik.Dasar, vol. 1, no. 4, hal. 179– 189, 2021, doi: 10.51878/elementary.v1i4.711.

I. Mujahadah, A. Alman, dan M. Triono, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 1, hal. 8–15, 2021, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758.

I. M. Wulandari dan I. Anugraheni, “Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Visual Pada Materi Kerucut dan Tabung,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 6, no. 3, hal. 295–307, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4683023.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan,” Bandung:Alfabeta, 2017.

Nugraha, Sirilius Prasetya, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas IV SDN Dayuharjo,” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta, 2017.

Nurrita. T, “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat., vol. 3, no. 1, pp. 171-187,2018.

E. SULISTYORINI, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas V Sd Berbasis Budaya,” Elem. J. Inov. Pendidik.Dasar, vol. 1, no. 4, hal. 179– 189, 2021, doi: 10.51878/elementary.v1i4.711.

T.L. Toh, et al. "Use of comics to enhance students’ learning for the development of the twenty-first century competencies in the mathematics classroom." Asia Pacific Journal of Education, vol. 37, no. 4, pp. 437-452, 2017.

L. Lestari, F. Puput, F. Ahmadi, R. Rochmad. "The Implementation of Mathematics Comic through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character." European Journal of Educational Research, vol. 10, no. 1, pp. 497-508, 2021.

N.P.G. Arilaksmi, S.K. Ummah, D.W. Utomo. "Development of mathematical comics with an Indonesian cultural background on comparative materials." AIP Conference Proceedings. vol. 2194. no. 1, 2019.

M. Jayanti, Y. Wiratomo. "Cultural-Based Comics for Learning Equation of Straight Line and System of Linear Equation in Two Variables." Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), vol. 1, no 1, pp. 18-29, 2019.

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 457 , PDF Downloads: 485