Konsepsi Siswa pada Materi Himpunan dengan Metode CRI (Certainty of Response Index)

Authors

  • Riadhotus Sholikhah Universitas Negeri Surabaya
  • Masriyah Masriyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p1-14

Keywords:

Konsepsi, Miskonsepsi, Kurang Pengetahuan, Himpunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa pada materi himpunan, mendeskripsikan penyebab siswa kurang pengetahuan, dan mendeskripsikan penyebab miskonsepsi terjadi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif evaluatif dengan instrumen utama peneliti sedangkan instrumen pendukung yaitu soal tes konsepsi dilengkapi dengan CRI dan pedoman wawancara. Sumber data penelitian yaitu 31 siswa kelas VII salah satu SMP negeri di Tuban. Data tes konsepsi dianalisis dengan cara mengoreksi jawaban siswa dan mengecek skala CRI yang diberikan siswa pada setiap soal. Data hasil wawancara dianalisis merujuk model Miles dan Huberman [1]. Dalam penelitian ini didapatkan hasil, siswa mempunyai konsepsi bahwa syarat tertentu dan jelas pada pengertian himpunan berarti syarat yang diberikan harus mengacu pada satu kumpulan objek saja, irisan beberapa himpunan adalah himpunan yang beranggotakan semua anggota himpunan yang diketahui, himpunan selalu mempunyai anggota, anggota yang sama dari beberapa himpunan yang diketahui bukan termasuk anggota gabungan,  komplemen dari suatu himpunan merupakan himpunan itu sendiri, himpunan bagian bukan berupa himpunan akan tetapi himpunan bagian merupakan anggota himpunan tersebut, semua anggota himpunan semesta termuat dalam himpunan yang dibahas. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan guru pertimbangan untuk menentukan metode yang tepat dalam pembelajaran materi himpunan.

Kata Kunci: Konsepsi, Miskonsepsi, Kurang Pengetahuan, Himpunan

References

M. B. Miles and M. Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992.

E. Van den Berg, Miskonsepsi FIsika dan Remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana, 1991.

E. W. Nurlaili, “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 20112012 Pada Pembelajaran Matematika Materi Pokok Segitiga,” 2012.

Masriyah, Dasar-dasar Matematika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press, 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Indonesia, 2006.

D. Adityawardani and S. N. Hidayati, “Profil Konsepsi Siswa SMP Dengan CRI Test Berbasis Revised Bloom’s Taxonomy Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, vol. 5, no. 3, pp. 335–340, 2017.

P. Suparno, Miskonsepsi &Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2013.

R. G. Mohyuddin and U. Khalil, “Misconceptions of Students in Learning Mathematics at Primary Level,” 2016.

A. Kaplan, M. Ozturk, and M. F. Ocal, “Relieving of misconceptions of derivative concept with derive,” Int. J. Res. Educ. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 64–74, 2015, [Online]. Available: www.ijres.net.

& H. S. Putri, R.E, “Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index: Studi Eksplorasi Di Smp Negeri 60 Surabaya,” Pensa E-Jurnal Pendidik. SAINS, vol. 9, no. 2, pp. 220–226, 2021.

H. Disnawati and Y. N. Deda, “Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Himpunan: Analisis Menggunakan Kriteria Certainty Of Response Index,” J U P I T E K J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 4, pp. 95–102, 2022.

Asih and A. I. Imami, “Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada materi himpunan,” MAJU J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 9–16, 2021.

N. Intan, “Pemberian Scaffolding terhadap Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, pp. 221–230, 2020.

D. A. Melianti, E. Yusmin, and A. Nursangaji, “Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berdasarkan Tahapan Mason,” J. AlphaEuclidEdu, vol. 1, no. 2, pp. 171–180, 2020.

I. Azaliya, “Analisis Miskonsepsi pada Materi Himpunan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index untuk Siswa SMP,” 2021.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Indonesia, 2018.

S. Hasan, D. Bagayoko, and E. L. Kelley, “Misconceptions and the certainty of response index (CRI),” Phys. Educ., vol. 34, no. 5, pp. 294–299, 1999, doi: 10.1088/0031-9120/34/5/304.

R. Y. Nabila and M. Ibrahim, “High School Students Conception Profile on The Cell Material in Tuban Regency Using Three-Tier Test Method,” 2021. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.

A. R. Nurtasari, Y. Jamiah, and D. Suratman, “Miskonsepsi Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Santa Monika Kubu Raya,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 2, 2017.

A. Wijayanti, “Efektivitas Pembelajaran Daring Berbantuan Youtube dengan Model Peer Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,” Algoritm. J. Math. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 41–57, 2021.

M. S. Harahap, M. Ahmad, and S. M. Lumbantobing, “Efektivitas Pembelajaran Daring berbasis Youtube terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” J. MathEdu (Mathematic Educ. Journal), vol. 5, no. 1, pp. 70–80, 2022.

Y. D. Prastika and U. T. Indonesia, “Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Yadika Bandar Lampung,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 2, no. 1, pp. 26–32, 2021.

V. Murni, R. Dewi, E. Jehadus, and L. Sugiarti, “Hubungan Antara Minat Belajar dengan Resiliensi Matematis pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 05, no. 02, pp. 1147–1158, 2021.

D. Journal, O. Education, and C. W. Hoerudin, “Implementasi Model Tipologi Interaksi untuk Meningkatkan Interaksi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Online,” Res. Dev. J. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 242–255, 2022.

L. Kyei-Blankson, E. Ntuli, and H. Donnelly, “Establishing the Importance of Interaction and Presence to Student Learning in Online Environments,” World J. Educ. Res., vol. 3, no. 1, pp. 48–65, 2016.

A. Fauzy et al., “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 551–561, 2021.

Nurulwati, A. Veloo, and R. Mat Ali, “Suatu Tinjauan tentang Jenis-jenis dan Penyebab Miskonsepsi Fisika,” 2014. [Online]. Available: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Y. Kusumawati, Halini, and Hamdani, “Identifikasi Miskonsepsi dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak,” J. AlphaEuclidEdu, vol. 2, no. 2, pp. 250–259, 2021.

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 575 , PDF Downloads: 514