Konstruksi Konjektur Siswa SMP Topik Perbandingan Keliling dan Luas Persegipanjang

Authors

  • Fransisca Nur Zuraidha Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Haris Rosyidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p15-31

Keywords:

Konstruksi konjektur, Perbandingan, Persegi panjang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan konstruksi konjektur siswa SMP pada topik perbandingan keliling dan luas persegipanjang. Subjek penelitian adalah 3 siswa SMP Negeri yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes konstruksi konjektur dan wawancara, lalu dianalisis menggunakan indikator konstruksi konjektur, yaitu (1) identifikasi dan eksplorasi masalah, (2) merumuskan konjektur, (3) menguji dan menyempurnakan konjektur, dan (4) membuktikan konjektur. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap identifikasi dan eksplorasi masalah, siswa menentukan apa yang ditanyakan pada soal; menentukan informasi yang dibutuhkan untuk menjawab soal; memunculkan contoh-contoh lain; menemukan pola perbandingan keliling dan luas persegipanjang sebelum dan sesudah diperbesar. Pada tahap merumuskan konjektur, satu siswa merumuskan dengan memerhatikan pola sedangkan dua siswa perlu bantuan untuk merumuskannya. Siswa menguji konjektur menggunakan nilai panjang, lebar, dan perbesaran yang lain. Tidak ada siswa yang menyempurnakan konjektur karena merasa sudah benar. Siswa membuktikan konjektur dengan bantuan. Satu siswa berpikir bahwa menguji konjektur sudah sama dengan melakukan pembuktian.

 

Kata Kunci: konstruksi konjektur, perbandingan, persegipanjang.

References

K. Mason, J., Burton, L. and Stacey, Thinking mathematically. 2010.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Zuraidha, F. N., & Rosyidi, A. H. . (2022). Konstruksi Konjektur Siswa SMP Topik Perbandingan Keliling dan Luas Persegipanjang. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(1), 15–31. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p15-31
Abstract views: 244 , PDF Downloads: 256