Konstruksi Konjektur Siswa SMP Topik Perbandingan Keliling dan Luas Persegipanjang

Authors

  • Fransisca Nur Zuraidha Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Haris Rosyidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p15-31

Keywords:

Konstruksi konjektur, Perbandingan, Persegi panjang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan konstruksi konjektur siswa SMP pada topik perbandingan keliling dan luas persegipanjang. Subjek penelitian adalah 3 siswa SMP Negeri yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes konstruksi konjektur dan wawancara, lalu dianalisis menggunakan indikator konstruksi konjektur, yaitu (1) identifikasi dan eksplorasi masalah, (2) merumuskan konjektur, (3) menguji dan menyempurnakan konjektur, dan (4) membuktikan konjektur. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap identifikasi dan eksplorasi masalah, siswa menentukan apa yang ditanyakan pada soal; menentukan informasi yang dibutuhkan untuk menjawab soal; memunculkan contoh-contoh lain; menemukan pola perbandingan keliling dan luas persegipanjang sebelum dan sesudah diperbesar. Pada tahap merumuskan konjektur, satu siswa merumuskan dengan memerhatikan pola sedangkan dua siswa perlu bantuan untuk merumuskannya. Siswa menguji konjektur menggunakan nilai panjang, lebar, dan perbesaran yang lain. Tidak ada siswa yang menyempurnakan konjektur karena merasa sudah benar. Siswa membuktikan konjektur dengan bantuan. Satu siswa berpikir bahwa menguji konjektur sudah sama dengan melakukan pembuktian.

 

Kata Kunci: konstruksi konjektur, perbandingan, persegipanjang.

References

C. E. Allen et al., “National Council of Teachers of Mathematics,” Arith. Teach., vol. 29, no. 5, p. 59, 2020, doi: 10.5951/at.29.5.0059.

Y. Supriani, “Urgenitas Kemampuan Memformulasikan Konjektur Matematis pada Penerapan Kurikulum 2013,” Semin. Nas. Ris. Terap., no. November, pp. 251–254, 2017.

K. Mason, J., Burton, L. and Stacey, Thinking mathematically. 2010.

J. P. Ponte, C. Ferreira, L. Brunheira, H. Oliveira, and J. M. Varandas, “Investigating mathematical investigations,” Les Interact. dans la Cl. mathématiques Proc. CIEAEM 49, vol. 49, no. 1998, pp. 3–14, 1998, [Online]. Available: http://tinyurl.com/d5c8olk.

D. Juniati, “the Process of Student Cognition in Constructing,” J. Math. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 15–26, 2018.

T. Nusantara, “Local Conjecturing Process in the Solving of Pattern Generalization Problem.,” Educ. Res. Rev., vol. 11, no. 8, pp. 732–742, 2016, doi: 10.5897/ERR2016.2719.

R. E. Izzaty, B. Astuti, and N. Cholimah, “済無No Title No Title No Title,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., no. 2005, pp. 5–24, 1967.

J. Mulligan, M. Mitchelmore, and A. Prescott, “Integrating Concepts and Process in Early Mathematics: The Australian Pattern and Structure Mathematics Awareness Project n(PASMAP),” Proc. 30th Conf. Int. Gr. Psychol. Math. Educ., vol. 4, pp. 209–216, 2006.

L. Jelita and R. Zulkarnaen, “Studi kasus kemampuan penalaran matematissiswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal TIMSS,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat., pp. 803–808, 2020.

M. T. Lipianto, D & Budiarto, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikaan Soal Yang Berhubungan Dengan Peersegi dan Persegi Panjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Pada Kelas VII,” Logaritma J. Ilmu-ilmu Pendidik. dan Sains, vol. 7, no. 01, p. 1, 2019.

I. C. Savitri, T. Nusantara, and S. Rahardjo, “Argumentasi Siswa Dalam Pembuktian Konjektur,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, p. 284, 2021, doi: 10.25273/jipm.v10i2.8903.

D. Menggeneralisasi and P. Pola, “Pendidik Indonesia ),” vol. 01, no. April, pp. 68–76, 2019.

S. Sutarto, T. Nusantara, S. Subanji, I. Dwi Hastuti, and D. Dafik, “Global conjecturing process in pattern generalization problem,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1008, no. 1, pp. 0–13, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1008/1/012060.

U. Khasanah and Sutama, “Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat., pp. 79–89, 2015, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/6131.

Supratman, S. Ryane, and R. Rustina, “Conjecturing via Analogical Reasoning in Developing Scientific Approach in Junior High School Students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 693, no. 1, 2016, doi: 10.1088/1742-6596/693/1/012017.

T. Indriani, A. Hartoyo, and D. Astuti, “Students’ Adaptive Reasoning Ability in Solving Class VIII SMP Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 2, pp. 1–12, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18396/15527.

N. Delima and R. Fitriza, “Pengembangan Model Comprehensive Mathematics Instruction (Cmi) Dalam Membangun Kemampuan Mathematical Thinking Siswa,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, p. 118, 2017, doi: 10.33603/jnpm.v1i1.248.

Y. E. Setiawan, “Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 1, pp. 23–38, 2020, doi: 10.24256/jpmipa.v8i1.800.

Yani Supriani, Giyanti, and Tb. Sofwan Hadi, “Conjecturing Ability Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19,” Inomatika, vol. 2, no. 2, pp. 161–169, 2020, doi: 10.35438/inomatika.v2i2.201.

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 174 , PDF Downloads: 182