Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Ruang Melalui Pembelajaran ECIRR Berbantuan Software Cabri 3D v2

Authors

  • Zidni Yusrilhuda Pouna IAIN Syekh Nurjati
  • Yandi Heryandi IAIN Syekh Nurjati
  • Hendri Raharjo IAIN Syekh Nurjati

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p48-57

Keywords:

Remediasi, Miskonsepsi, ECIRR, Cabri 3D v2, Bangun ruang

Abstract

Miskonsepsi dipandang sebagai bahaya laten pada siswa. Siswa sering mengalami miskonsepsi yang beragam pada materi bangun runag. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa pada materi bangun ruang dan mengetahui hasil penerapan model pembelajaran ECIRR berbantuan software Cabri 3D v2 dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi bangun ruang. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di sebuah MTs di Majalengka, dengan sampel sejumlah 23 siswa yang teridentifikasi mengalami miskonsepsi. Instrumen yang digunakan berupa tes identifikasi miskonsepsi dengan CRI dan lembar observasi keterlaksaan pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan uji Mc Nemar untuk mengidentifikasi adanya remediasi miskonsepsi siswa pada pretest-posttest dan dengan Uji N-Gain untuk mengukur efektifitas dari penerapan model pembelajaran ini. Dari penelitian didapat bahwa penerapan model pembelajaran ECIRR berbantuan software Cabri 3D v2 miskonsepsi siswa menurun dan menjadi hal yang baru bagi siswa supaya aktif selama pembelajaran serta memudahkan siswa dalam visualisasi.

References

N. F. Fuadiah, "Miskonsepsi sebagai hambatan belajar siswa dalam memahami matematika," Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, vol. 7, no. 2, pp. 87-92, 2016.

B. P. d. P. Bahasa, 13 Juni 2021. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/remediasi.

I. Kurniawati, Efektivitas model pembelajaran ecirr (elicit, confront, identify, resolve, reinforce) dengan metode pictorial riddle berbantu flash card terhadap miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran fisika, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2019.

N. A. Batubara, "Pengaruh software cabri 3d v2 plus dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar di sma," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 2, no. 2, pp. 882-889, 2018.

D. Nopitasari and W. Saefuddin, "Penerapan pembelajaran matematika berbantuan komputer melalui program cabri 3d terhadap kemmapuan spasial dan kemampuan belajar," Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), vol. 2, no. 1, pp. 21-28, 2017.

Sugiyono, Statistik untuk penelitian, Bandung: CV ALFABETA, 2007.

N. A. Yensy, "Efektifitas pembelajaran statistik matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik covid 19)," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, no. 2, pp. 65-74, 2020.

A. N. Fajarwati and N. Hidayati, "Analisis miskonsepsi siswa smp terhadap materi bangun datar segiempat," MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 110-117, 2021.

N. Ardianti, Pengaruh model pembelajaran ecirr (elicit, confront, identify, resolve, reinforce) terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa, Lampung: UIN Raden Intan, 2019.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Pouna, Z. Y., Heryandi, Y., & Raharjo, H. . (2022). Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Ruang Melalui Pembelajaran ECIRR Berbantuan Software Cabri 3D v2. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p48-57
Abstract views: 582 , PDF Downloads: 431