Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Ruang Melalui Pembelajaran ECIRR Berbantuan Software Cabri 3D v2

Authors

  • Zidni Yusrilhuda Pouna IAIN Syekh Nurjati
  • Yandi Heryandi IAIN Syekh Nurjati
  • Hendri Raharjo IAIN Syekh Nurjati

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p48-57

Keywords:

Remediasi, Miskonsepsi, ECIRR, Cabri 3D v2, Bangun ruang

Abstract

Miskonsepsi dipandang sebagai bahaya laten pada siswa. Siswa sering mengalami miskonsepsi yang beragam pada materi bangun runag. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa pada materi bangun ruang dan mengetahui hasil penerapan model pembelajaran ECIRR berbantuan software Cabri 3D v2 dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi bangun ruang. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di sebuah MTs di Majalengka, dengan sampel sejumlah 23 siswa yang teridentifikasi mengalami miskonsepsi. Instrumen yang digunakan berupa tes identifikasi miskonsepsi dengan CRI dan lembar observasi keterlaksaan pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan uji Mc Nemar untuk mengidentifikasi adanya remediasi miskonsepsi siswa pada pretest-posttest dan dengan Uji N-Gain untuk mengukur efektifitas dari penerapan model pembelajaran ini. Dari penelitian didapat bahwa penerapan model pembelajaran ECIRR berbantuan software Cabri 3D v2 miskonsepsi siswa menurun dan menjadi hal yang baru bagi siswa supaya aktif selama pembelajaran serta memudahkan siswa dalam visualisasi.

References

N. F. Fuadiah, "Miskonsepsi sebagai hambatan belajar siswa dalam memahami matematika," Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, vol. 7, no. 2, pp. 87-92, 2016.

W. R. Napitupulu dan E. Surya, “Analisis miskonsepsi siswa pada ruang dimensi tiga ditinjau dari kecerdasan visual-spasial siswa kelas x sma,” ResearchGate, pp. 1-18, May 2018.

A. Mujib, “Identifikasi miskonsepsi mahasiswa menggunakan cri pada mata kuliah kalkulus ii,” Jurnal Mosharafa, vol. 6, no. 2, pp. 181-192, 2017.

N. Ritonga, H. S. B. Gultom dan N. F. Sari, “Miskonsepsi guru biologi pada materi sistem ekskresi di sma negeri se-kabupaten labuhanbatu,” SIMBIOSA, vol. 6, no. 2, pp. 104-110, 2017.

N. Fitriani dan E. E. Rohaeti, “Miskonsepsi siswa pada materi geometri di tingkat sekolah menengah pertama,” Teorema: Teori dan Riset Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 9-16, 2020.

S. Hasan, D. Bagayoko dan E. L. Kelley, “Misconseptions and the certainty of response index (cri),” Physics education, vol. 35, no. 5, pp. 294-299, 1999.

B. P. d. P. Bahasa, 13 Juni 2021. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/remediasi.

R. Puspita, “Remediasi miskonsepsi peserta didik model generatif berbantuan lkpd pada tekanan untuk smp,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 7, pp. 1-11, 2018.

A. L. W. Anthony, E. Yusmin dan S. Riyanti, “Meta-analisis efektivitas remediasi terhadap hasil belajar matematika siswa,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 4, no. 9, pp. 1-11, 2015.

H. Mulyastuti, W. Setyarsih dan M. N. R. Jauhariyah, “Profil reduksi miskonsepsi siswa materi dinamika rotasi sebagai pengaruh penerapan model pembelajaran ecirr berbantuan media audiovisual,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, pp. 82-84, 2016.

C. J. Wenning, “Dealing more effectively with alternative conceptions in science,” Journal of Physics Teacher Education, vol. 5, no. 1, pp. 11-19, 2008.

I. Kurniawati, Efektivitas model pembelajaran ecirr (elicit, confront, identify, resolve, reinforce) dengan metode pictorial riddle berbantu flash card terhadap miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran fisika, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2019.

C. F. Djarwo, “Analisi reduksi miskonsepsi mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran ecirr pada materi stoikiometri,” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, vol. 2, no. 3, pp. 567-571, 2020.

A. G. Adirakasiwi dan A. Warmi, “Penggunaan software cabri 3d dalam pembelejaran matematika upaya meningkatkan visual spasial matematis siswa,” Jurnal Silogisme, vol. 3, no. 1, pp. 28-35, 2018.

M. Zayyadi, L. Supardi dan S. Misriyana, “Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran pada guru matematika,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, vol. 1, no. 2, pp. 25-30, 2017.

N. A. Batubara, "Pengaruh software cabri 3d v2 plus dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar di sma," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 2, no. 2, pp. 882-889, 2018.

D. Nopitasari and W. Saefuddin, "Penerapan pembelajaran matematika berbantuan komputer melalui program cabri 3d terhadap kemmapuan spasial dan kemampuan belajar," Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), vol. 2, no. 1, pp. 21-28, 2017.

Sugiyono, Statistik untuk penelitian, Bandung: CV ALFABETA, 2007.

Trimawartinah, “UHAMKA,” 4 September 2021. [Online]. Available: http://repository.uhamka.ac.id/3880/1/Bahan%20Ajar%20Statistik%20Non%20Parametrik%20FINAL.pdf.

N. A. Yensy, "Efektifitas pembelajaran statistik matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik covid 19)," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, no. 2, pp. 65-74, 2020.

A. N. Fajarwati and N. Hidayati, "Analisis miskonsepsi siswa smp terhadap materi bangun datar segiempat," MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 110-117, 2021.

N. Ardianti, Pengaruh model pembelajaran ecirr (elicit, confront, identify, resolve, reinforce) terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa, Lampung: UIN Raden Intan, 2019.

A. Buchori, “Potensi program cabri 3d untuk mendukung pembelajaran geometri analit di perguruan tInggi,” AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 1-11, 2011.

H. Y. Suhendi, I. Kaniawati dan J. Maknun, “Peningkatan pemahaman konsep dan profil miskonsepsi siswa berdasarkan hasil diagnosis menggunakan pembelajaran ecirr berbantuan simulasi virtual dengan instrumen three-tier test,” Prosiding Mathematics and Sciences Forum, pp. 205-213, 2014.

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 420 , PDF Downloads: 314