Desain Lembar Kerja Peserta Didik Materi Himpunan Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19

Authors

  • Meladia Salsabila Ulfah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p32-47

Keywords:

Himpunan, Lembar Kerja Peserta Didik , Realistic Mathematics Education, Pembelajaran daring

Abstract

Kurangnya penggunaan bahan ajar dalam proses belajar mengajar di era pandemi COVID-19 mengakibatkan rendahnya motivasi belajar peserta didik dan menurunkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan  untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik materi himpunan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk mendukung pembelajaran daring di era pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan modifikasi yang terdiri dari tujuh  tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk, pengembangan produk awal, validasi produk awal, merevisi produk II, uji coba lapangan, merevisi produk II. Penelitian ini melibatkan seorang ahli media, seorang ahli materi, dan sepuluh siswa di sebuah SMP negeri di Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner. LKPD divalidasi oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Selanjutnya, respon peserta didik dievaluasi untuk menentukan kelayakan dari LKPD. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education pada materi himpunan kelas VII untuk mendukung pembelajaran daring di era pandemi COVID-19 telah valid isi, tujuan, kesesuaian pembelajaran, teknis, desain dan sangat valid dengan total rata-rata skor yang diperoleh dari validator ahli media 3,11 dan dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,50 dengan kategori sangat layak. Serta pada tahap uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata penilaian siswa 3,49 dan dikategorikan sangat layak.

References

Dimyati & Mudjiono, Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Sekretariat GTK, “Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi,” Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Sep. 2020.

M. dkk Yuliani, Pembelajaran daring untuk pendidikan: teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. Rupaidah, A., & Danaryanti, “Pengembangan LKS dengan Pendekatan Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat. 1(1), 2013.

Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional, 2006.

T. Kurnia, Skor terbaru: indonesia merosot di bidang membaca, sains, dan matematika. 2019.

R. Rosnawati, “Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011,” 2013.

Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006.

M. Oktaviani, M. Sulis, J. Hartati, and A. Hatip, “Design of Worksheet Students Mathematics Using Reciprocal Teaching Model Based on Students ’ Mathematical Creative Character Desain LKS Matematika Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Karakter Kreatif Matematis Siswa,” vol. 5, no. 1, pp. 20–32, 2021.

T. Astari, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV,” J. Pelangi, vol. 9, no. 2, pp. 150–160, 2017, doi: 10.22202/jp.2017.v9i2.2050.

D. Rahayu and Budiyono, “Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah bangun datar,” Jpgsd, vol. 06, no. 3, pp. 249–259, 2018.

Y. B. Haryonik, Y., & Bhakti, “Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik,” J. Mat. dan Pembelajaran 6, pp. 40–55, 2018.

Nuryani, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(Lkpd) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Eduacation (Rme) Pada Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas Vii Smp Aisyiah Paccinongan,” Penentuan Konsentrasi Optim. Selulosa Ampas Tebu dalam Pembuatan Film Bioplastikggase) dalam Pembuatan Film Bioplastik, pp. 21–22, 2017.

K. Gravemeijer, Developing realistic mathematics education. Trech : CD Press, 1994.

D. Fitriana, M. Yusuf, and E. Susanti, “Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan saintifik untuk melihat berpikir kritis siswa materi perbandingan,” J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 1–17, 2016, doi: 10.22342/jpm.10.2.3629.23-38.

A. C. P. Lestari and R. Ekawati, “Development of education comics based realistic mathematics education on fraction material,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 3, no. 1, p. 15, 2019, doi: 10.26740/jrpipm.v3n1.p15-23.

S. Rejeki and R. I. I. Putri, “Models to support students’ understanding of measuring area of circles,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018, vol. 948, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/948/1/012058.

A. Dwi Listiana and S. Sutriyono, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas Vii Smp,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 1, no. 1, p. 60, 2018, doi: 10.31764/pendekar.v1i1.280.

D. W. Hidayat and H. Pujiastuti, “Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan,” J. Anal., vol. 5, no. 1, pp. 59–67, 2019, doi: 10.15575/ja.v5i1.4120.

R. Lusiana, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif,” J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 10, no. 1, pp. 24–29, 2017, doi: 10.30870/jppm.v10i1.1290.

N. Arfinanti, “Lembar kerja siswa pada materi himpunan berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP/MTs,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 4, no. 1, pp. 5–17, 2016, doi: 10.21580/phen.2014.4.1.108.

S. Sukirwan, P. R. Fitri, W. Warsito, and ..., “Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik,” J. Authentic Res. Math. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 79–97, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/3675.

J. Simanulang, “Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi Dengan Pendekatan Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama,” J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 26–36, 2014, doi: 10.22342/jpm.8.1.1859.43-54.

I. Sholihah and S. Rejeki, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan,” Kontinu J. Penelit. Didakt. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2020.

K. Mauleti, “Dampak Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Materi Himpunan,” Asimtot J. Kependidikan Mat., vol. 3, no. 1, pp. 21–33, 2021.

Sutama, Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif,PTK, mix method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine, 2019.

Riduwan, Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

B. W. R. and G. M.D, Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc, 1983.

S. E. Trisnawati, A. K. Wardani, and Hartatiana, “Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar,” vol. 6, no. 1, pp. 25–32, 2020.

L. Gustin, M. Sari, R. Putri, and A. Putra, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel,” J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 111–127, 2020, doi: 10.31943/mathline.v5i2.154.

L. Ulandari, Z. Amry, and S. Saragih, “Development of learning devices based on realistic mathematics education to improve students’ spatial ability and motivation,” Int. Electron. J. Math. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 375–383, 2019, doi: 10.29333/iejme/5729.

R. Hidayat and Z. H. Iksan, “The effect of Realistic Mathematic Education on students’ conceptual understanding of linear progamming,” Creat. Educ., vol. 06, no. 22, pp. 2438–2445, 2015, doi: 10.4236/ce.2015.622251.

A. Setiawarni, D. Rahmi, and R. Risnawati, “Pengaruh penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan self regulated learning siswa sekolah menengah pertama,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 3, p. 227, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i3.7663.

E. Widjajanti, “Kualitas lembar kerja siswa.In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta,” pp. 2–5, 2008.

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 283 , PDF Downloads: 255