Desain Lembar Kerja Peserta Didik Materi Himpunan Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19

Authors

  • Meladia Salsabila Ulfah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p32-47

Keywords:

Himpunan, Lembar Kerja Peserta Didik , Realistic Mathematics Education, Pembelajaran daring

Abstract

Kurangnya penggunaan bahan ajar dalam proses belajar mengajar di era pandemi COVID-19 mengakibatkan rendahnya motivasi belajar peserta didik dan menurunkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan  untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik materi himpunan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk mendukung pembelajaran daring di era pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan modifikasi yang terdiri dari tujuh  tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk, pengembangan produk awal, validasi produk awal, merevisi produk II, uji coba lapangan, merevisi produk II. Penelitian ini melibatkan seorang ahli media, seorang ahli materi, dan sepuluh siswa di sebuah SMP negeri di Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner. LKPD divalidasi oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Selanjutnya, respon peserta didik dievaluasi untuk menentukan kelayakan dari LKPD. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education pada materi himpunan kelas VII untuk mendukung pembelajaran daring di era pandemi COVID-19 telah valid isi, tujuan, kesesuaian pembelajaran, teknis, desain dan sangat valid dengan total rata-rata skor yang diperoleh dari validator ahli media 3,11 dan dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,50 dengan kategori sangat layak. Serta pada tahap uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata penilaian siswa 3,49 dan dikategorikan sangat layak.

References

Dimyati & Mudjiono, Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

M. dkk Yuliani, Pembelajaran daring untuk pendidikan: teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional, 2006.

T. Kurnia, Skor terbaru: indonesia merosot di bidang membaca, sains, dan matematika. 2019.

Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006.

K. Gravemeijer, Developing realistic mathematics education. Trech : CD Press, 1994.

Sutama, Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif,PTK, mix method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine, 2019.

Riduwan, Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

B. W. R. and G. M.D, Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc, 1983.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ulfah, M. S., & Rejeki, S. (2022). Desain Lembar Kerja Peserta Didik Materi Himpunan Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(1), 32–47. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p32-47
Abstract views: 341 , PDF Downloads: 308