Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Barisan dan Deret Aritmetika Berdasarkan Tahapan IDEAL Problem Solving Ditinjau dari The Keirsey Temperament Sorter
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p68-81Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Extrovert, TIMSSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan IDEAL problem solving. Tahapan IDEAL problem solving terdiri dari 5 tahap yaitu I-Identify problem (mengidentifikasi masalah), D-Define goal (menentukan tujuan), E-Explore possible strategies (menggali strategi), A-Anticipate outcome and act (melaksanakan strategi), dan L-Look back and learn (mengkaji kembali dan melakukan evaluasi/belajar). Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa kelas XII MIPA 2. Berdasarkan hasil penelitian, SA dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika tidak mampu memenuhi semua tahap IDEAL. SB mampu memenuhi 2 tahap yaitu identify problem dan define goal. SC mampu memenuhi 3 tahap yaitu identify problem, define goal, explore possible strategies. SD mampu memenuhi 4 tahap yaitu identify problem, define goal, explore possible strategies, dan anticipate outcome and act. SE mampu memenuhi 5 tahap IDEAL problem solving.
References
J.Mason, L. Buton, and K. Stacey, Thinking Mathematical, Second Edi. England: Pearson Education Limited, 2012.
G. Polya, How to Solve It (2nd ed). Princeton New Jersey: Princeton University Press, 1973.
J. D. Bransford and B. S. Stein, The IDEAL Problem Solver, Second Edi. New York: W. H Freeman and Company, 1993.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

