Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Barisan dan Deret Aritmetika Berdasarkan Tahapan IDEAL Problem Solving Ditinjau dari The Keirsey Temperament Sorter

Authors

  • Nur Indah Sofia Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • Saddam Hussen Universitas Jember
  • Titik Sugiarti Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p68-81

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Extrovert, TIMSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan IDEAL problem solving. Tahapan IDEAL problem solving terdiri dari 5 tahap yaitu I-Identify problem (mengidentifikasi masalah), D-Define goal (menentukan tujuan), E-Explore possible strategies (menggali strategi), A-Anticipate outcome and act (melaksanakan strategi), dan L-Look back and learn (mengkaji kembali dan melakukan evaluasi/belajar). Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa kelas XII MIPA 2. Berdasarkan hasil penelitian, SA dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika tidak mampu memenuhi semua tahap IDEAL. SB mampu memenuhi 2 tahap yaitu identify problem dan define goal. SC mampu memenuhi 3 tahap yaitu identify problem, define goal, explore possible strategies. SD mampu memenuhi 4 tahap yaitu identify problem, define goal, explore possible strategies, dan anticipate outcome and act. SE mampu memenuhi 5 tahap IDEAL problem solving.

References

Guswinda, P. Yuanita, and N. M. Hutapea, “Improvement of Mathematical Problem Solving and Disposition Ability of MTs Students through Strategies Think Talk Write in Cooperative Learning in Kuantan Singingi Regency,” J. Educ. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 377–389, 2019.

Kamarullah, “Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Al Khawarizmi,” Al Khawarizmi, vol. 1, no. 1, pp. 21–32, 2017.

OECD, “Pisa 2018 Result Combined Executive Summaries Volume I, II, III,” 2019.

A. S. Nur and M. Palobo, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender,” J. Mat. Kreat., vol. 9, no. 2, pp. 139–148, 2018.

I. Karnasih, “Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newmans Error Analysis In Mathematical Word Problems),” J. Parad., vol. 8, no. 1, pp. 37–51, 2015.

A. Y. F. Rambe and L. D. Afri, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret,” AXIOM, vol. 9, no. 2, pp. 175–187, 2020.

E. N. Kharisma, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret,” JRPM, vol. 3, no. 1, pp. 62–75, 2018.

M. L. Gick, “Problem Solving Strategies,” Educ. Psychol., vol. 21, no. 1–2, pp. 99–120, 1986.

J.Mason, L. Buton, and K. Stacey, Thinking Mathematical, Second Edi. England: Pearson Education Limited, 2012.

G. Polya, How to Solve It (2nd ed). Princeton New Jersey: Princeton University Press, 1973.

J. D. Bransford and B. S. Stein, The IDEAL Problem Solver, Second Edi. New York: W. H Freeman and Company, 1993.

S. Hidayah, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya,” J. Pendidik., vol. 1, pp. 182–190, 2016.

L. Marlina, “Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang,” J. Elektron. Pendidik. Mat. Tadulako, vol. 1, no. 1, pp. 43–52, 2013.

N. A. Ardiana, T. A. Arigiyati, and Nasroni, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Imogiri,” Pros. Sendika, vol. 5, no. 1, pp. 411–416, 2019.

A. L. White, “Numeracy, Literacy, and Newman’s Error Analysis,” J. Sci. Math. Educ. Southeast Asia, vol. 33, no. 2, pp. 129–148, 2010.

A. M. Annizar, Sisworo, and Sudirman “Pemecahan Masalah Menggunakan Model IDEAL Pada Siswa Kelas X Berkategori Fast-Accurate,” J. Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 634–640, 2018.

Downloads

Published

2021-09-30
Abstract views: 375 , PDF Downloads: 279