Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Barisan dan Deret Aritmetika Berdasarkan Tahapan IDEAL Problem Solving Ditinjau dari The Keirsey Temperament Sorter

Authors

  • Nur Indah Sofia Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • Saddam Hussen Universitas Jember
  • Titik Sugiarti Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p68-81

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Extrovert, TIMSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan IDEAL problem solving. Tahapan IDEAL problem solving terdiri dari 5 tahap yaitu I-Identify problem (mengidentifikasi masalah), D-Define goal (menentukan tujuan), E-Explore possible strategies (menggali strategi), A-Anticipate outcome and act (melaksanakan strategi), dan L-Look back and learn (mengkaji kembali dan melakukan evaluasi/belajar). Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa kelas XII MIPA 2. Berdasarkan hasil penelitian, SA dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika tidak mampu memenuhi semua tahap IDEAL. SB mampu memenuhi 2 tahap yaitu identify problem dan define goal. SC mampu memenuhi 3 tahap yaitu identify problem, define goal, explore possible strategies. SD mampu memenuhi 4 tahap yaitu identify problem, define goal, explore possible strategies, dan anticipate outcome and act. SE mampu memenuhi 5 tahap IDEAL problem solving.

References

J.Mason, L. Buton, and K. Stacey, Thinking Mathematical, Second Edi. England: Pearson Education Limited, 2012.

G. Polya, How to Solve It (2nd ed). Princeton New Jersey: Princeton University Press, 1973.

J. D. Bransford and B. S. Stein, The IDEAL Problem Solver, Second Edi. New York: W. H Freeman and Company, 1993.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Sofia, N. I., Trapsilasiwi, D., Hussen, S., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2021). Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Barisan dan Deret Aritmetika Berdasarkan Tahapan IDEAL Problem Solving Ditinjau dari The Keirsey Temperament Sorter. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p68-81
Abstract views: 459 , PDF Downloads: 354