Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Geometri Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert

Authors

  • Ikbal Hidayatullah Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang
  • Riza Agustiani Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang
  • Arvin Efriani Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n1.p44-55

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, TIMSS, Extrovert

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten Geometri dilihat dari kepribadian extrovert di Kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan enam orang siswa yang masing-masing tiga siswa berkeperibadian extrovert yang tergolong siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, tes, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa berkeperibadian extrovert terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok tinggi yang mampu melewati tahap interpretasi, analisis dan evaluasi, kelompok sedang mampu melewati tahap interpretasi dan analisis, dan kelompok rendah mampu melewati tahap interpretasi.

References

Widayanti, A., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Timms Untuk Kategori Penalaran. JURNAL REVIEW PEMBELAJARAN MATEMATIKA, 76-85.

TIMSS. (2015, Desember 3). TIMSS 2015. Retrieved April 3, 2020, from TIMSS 2015: timms2015.org

Thahjadarmawan, E. (2017). Best Practice Guru dalam Tugas Pembelajaran Disekolah. Sleman: CV Budi Utama.

Wardani, E. K. (2016). Pengembangan Soal Serupa TIMSS Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Kritis dan Pemecahan Masalah Pada Konten Bilangan Kelas VIII Universitas Muhammadyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadyah Surakarta, 3.

Martin, O. M., & Mulis, I. V. (2011). TIMSS AND PIRLS 2011. Boston: IEA.

Cahyanita, E., Sunardi, & Sugiarti, T. (2018). Profil Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS Konten Geometri. Kadikma, 12.

Fatmawati, A. (2018). Kemampuan Penalaran Matemtis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Geometri di SMP Negeri 20 Palembang . Skripsi, 1.

Kiswanto. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Geometri Ditinjau dari Keperibadian Sensing dan Intuition Pada Siswa Kelas IX SMPN 33 Makasar. Pendidikan Matematika FITK Alauddin Makasar, 3.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berfikir Van Hiele. Mosharafa, 289.

Suhartini, & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatika. Gantang, 106.

Lismaya, L. (2019). Berfikir Kritis dan PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Possing. Peluang, 64.

Simbolon, H. S. (2017). Analisis Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis siswa Extrovert dan Introvert dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMPN 1 Jambi. Jurnal Ilmiah, 2.

siskawati, s. f. (2015). Profil Penalaran Siswa Smp Dengan Kepribadian Introvert Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Educazione.

Azizah, S., & Suhendra. (2020). Mathematics anxiety of senior high school students based on extrovert and introvert personality types. Journal Of Physich, 3.

Sujanto, A., Lubis, H., & Hadi, T. (2014). Psikologi Keperibadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Siskawati, F. S. (2015). Profil Penalaran Siswa SMP dengan Keperibadian Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika. Educazione, 191.

Rahayu, T. (2019). Analisis Gaya Belajar Dilihat Dari Tipe Kepribadian Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Subulussalam. Skripsi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang.

Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.

Qomariah, N. (2016). Profil Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Keperibadian Extrovert dan Introvert. Apoetema, 93.

Downloads

Published

2022-01-28
Abstract views: 592 , PDF Downloads: 435