Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p58-77Keywords:
Kemampuan berpikir kreatif, Kemandirian belajar, Matematika SMPAbstract
Kemampuan berpikir kreatif penting dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika Namun, faktanya siswa masih mengalami kesulitan dalam membuat kebaruan saat diberikan sebuah permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VII di sebuah SMP yang berlokasi di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi metode. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi indikator berpikir kreatif aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan sehingga tergolong sangat kreatif. Subjek dengan kemandiriran belajar sedang memenuhi indikator berpikir kreatif aspek kefasihan dan fleksibilitas sehingga kreatif. Sedangkan subjek dengan kemandirian belajar rendah hanya memenuhi indikator berpikir kreatif aspek kefasihan sehingga tergolong kurang kreatif. Temuan ini melengkapi kajian terkait peranan kemandirian belajar dalam menjelaskan variasi kemampuan berpikir kreatif siswa.
References
T. Y. E. Siswono, "Konstruksi teoritik tentang tingkat berpikir kreatif siswa dalam matematika." Jurnal Pendidikan Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, vol. 2, no. 4, pp. 1-17, 2007.
U. Munandar, Pengembagan kreatifitas anak berbakat,Rineka Cipta, 2009.
Muhtadi, Dedi, and Sukirwan Sukirwan. "Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 1-12, 2017.
Lestari, Rahayu, Depriwana Rahmi, and Risnawati Risnawati. "Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru." JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), vol. 2, no. 3, pp. 239-248, 2019
G. D. Pratiwi, S. Supandi, L. Harun. "Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Kategori Tinggi." Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 78-87, 2021.
Y. Riyanti, W. Wahyudi, Suhartono Suhartono. "Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan vol. 3, no. 4, pp. 1309-1317, 2021.
A. Atiyah, R. Nuraeni. "Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa." Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, vol. 1, no. 1, pp. 103-112, 2022.
M. Marni, L.H. Pasaribu. "Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 1902-1910, 2021.
D. Adharini. Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dengan Pendekatan Open-Endeed Pada Materi Polinomial. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, vol. 5, no. 1, pp. 87-103, 2022.
R. Ririn, H. Budiman, G. M. Muhammad. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving." Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, vol 3, no 1, pp. 1-15, 2021.
H. Febriani, U. Azizah. "Metode Blended Learning Berbantuan Google Classroom Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 5, no 1. pp. 9-15, 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

