Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Authors

  • Zulfa Apriliyani Universitas Ahmad Dahlan
  • Vita Istihapsari Universitas Ahmad Dahlan
  • Afit Istiandaru Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n1.p58-77

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif, Kemandirian belajar, Matematika SMP

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif penting dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika Namun, faktanya siswa masih mengalami kesulitan dalam membuat kebaruan saat diberikan sebuah permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VII di sebuah SMP yang berlokasi di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi metode. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi indikator berpikir kreatif aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan  sehingga  tergolong sangat kreatif. Subjek dengan kemandiriran belajar sedang memenuhi indikator berpikir kreatif aspek kefasihan dan fleksibilitas sehingga kreatif. Sedangkan subjek dengan kemandirian belajar rendah hanya memenuhi indikator berpikir kreatif aspek kefasihan sehingga tergolong kurang kreatif. Temuan ini melengkapi kajian terkait peranan kemandirian belajar dalam menjelaskan variasi kemampuan berpikir kreatif siswa.

References

A. Nanang, “Berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar dalam pembelajaran berbasis masalah,” Mimbar Sekolah Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 171-182, 2016.

T. Mulyaningsih dan N. Ratu, “Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola barisan bilangan,” Jurnal Pendidikan Berkarakter Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 34–41, 2018.

T. Y. E. Siswono, "Konstruksi teoritik tentang tingkat berpikir kreatif siswa dalam matematika." Jurnal Pendidikan Forum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, vol. 2, no. 4, pp. 1-17, 2007.

U. Munandar, Pengembagan kreatifitas anak berbakat,Rineka Cipta, 2009.

A. M. Akhdiyat dan W. Hidayat, “Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA,” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 1, no. 6, pp. 1045-1053, 2018.

A. M. Budiyanto dan E. E. Rohaeti, “Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah,” Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA), vol. 19, no. 2, pp. 166-172, 2014.

A. S. Egok, “Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 186-199, 2018.

N. Handayani dan F. Hidayat, “Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK Kota Cimahi,” Journal on Education, vol. 1, no. 2, pp. 1-8, 2019.

Budiyanto, A. M., and Euis Eti Rohaeti. “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Pengajaran MIPA, vol. 19, no. 2, pp.166-172, 2014

Muhtadi, Dedi, and Sukirwan Sukirwan. "Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 1-12, 2017.

Nancy Carter, Denise Bryant-Lukosius, Alba DiCenso, Jennifer Blythe, Alan J Neville, “The Use of Triangulation in Qualitative Research”, Oncology Nursing Forum, Vol. 41, no. 5, pp. 545-547, 2014

Lexy J. Moleong, “Metodologi penelitian Kualitatif”, Rosda: 2017

Lestari, Rahayu, Depriwana Rahmi, and Risnawati Risnawati. "Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru." JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), vol. 2, no. 3, pp. 239-248, 2019

G. D. Pratiwi, S. Supandi, L. Harun. "Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Kategori Tinggi." Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 78-87, 2021.

Y. Riyanti, W. Wahyudi, Suhartono Suhartono. "Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan vol. 3, no. 4, pp. 1309-1317, 2021.

A. Atiyah, R. Nuraeni. "Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa." Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, vol. 1, no. 1, pp. 103-112, 2022.

M. Marni, L.H. Pasaribu. "Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 1902-1910, 2021.

D. Adharini. Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Dengan Pendekatan Open-Endeed Pada Materi Polinomial. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, vol. 5, no. 1, pp. 87-103, 2022.

R. Ririn, H. Budiman, G. M. Muhammad. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving." Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, vol 3, no 1, pp. 1-15, 2021.

M. Martiani. “Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no 2, pp. 480-486, 2021.

H. Febriani, U. Azizah. "Metode Blended Learning Berbantuan Google Classroom Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 5, no 1. pp. 9-15, 2021

Downloads

Published

2022-09-30
Abstract views: 591 , PDF Downloads: 371