MEMAKSIMALKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MELALUI CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING

Authors

  • Lili Yanti Prodi Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat
  • Sarah Miriam Prodi Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat
  • Suyidno Suyidno Prodi Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1790-1796

Keywords:

Creative Responsibility Based Learning, keterampilan proses sains

Abstract

Keterampilan proses sains termasuk pondasi dasar dalam mempelajari fisika, namun peserta didik masih kurang dilatihkan di sekolah. Makalah ini ingin mendeskripsikan kelayakan Creative Responsibility Based Learning (CRBL) dalam memaksimalkan keterampilan proses sains peserta didik. Perangkat CRBL yang sudah valid, kemudian diujicobakan kepada 34 peserta didik kelas XI MIA 3 SMA Negeri 9 Banjarmasin. Pengumpulan data melalui instrumen pengamatan keterlaksanaan CRBL meliputi: membangkitkan tanggung jawab kreatif, mengorganisasikan kebutuhan belajar kreatif, membimbing investigasi kelompok, aktualisasi tanggung jawab kreatif, evaluasi dan refleksi; serta pengamatan keterampilan proses sains meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, mendefinisi operasional variabel, melakukan percobaan, menganalis data, dan menarik simpulan. Pada setiap pertemuan, pendidik mampu melaksanakan fase-fase CRBL dengan baik. Selain itu, peserta didik mampu menggunakan keterampilan proses sains dengan sangat baik. Dengan demikian, CRBL termasuk layak untuk memaksimalkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suyidno Suyidno, Prodi Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat

Prodi Pendidikan Fisika FKIP ULM

References

<p>Anggraini, D. T., Hidayat, S., &amp; Fadillah, E. N. (2019). Analisis keterampilan proses sains peserta didik SMA swasta dengan akreditasi A di Kecamatan Sukarami dan Kemuning Palembang. <em>Biology Teaching and Learning, 1</em>(1), 62-70.</p><p>Diella, D. &amp; Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen asesmen KPS bagi guru IPA.  <em>Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 9</em>(1), 7-11.</p><p>Fauziah, C., Nuvitalia, D., &amp; Saptaningrum, E. (2018). Model project based learning (PjBL) berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. <em>Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9</em>(2), 125-132.</p><p>Hakim, M. L., Muslim, M., &amp; Ramalis, T. R. (2019). Karakteristik tes hasil belajar ranah kognitif materi elastisitas menggunakan analisis item response theory. <em>Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10</em>(1), 22-32.</p><p>Lestari, M. Y., &amp; Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. <em>Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1</em>(1), 49-54.</p><p>Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., &amp; Sulistyaningsih, D. (2019). Profil keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA di Kota Bandung. <em>Diffraction, 1</em>(1), 1-9.</p><p>Marlena, D., Sari, D. L., Yanti, R., Agustina, R., &amp; Walid, A. (2019). Penyusunan instrumen tes keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA di SMPN 14 Kota Bengkulu.  <em>Jurnal Penelitian Pendidikan Sains,</em> 9(1), 1763-1766.</p><p>Moreno, R. (2010). <em>Educational psichology</em>. New Mecico: John Wiley &amp; Sons, Inc.<em></em></p><p>Muamar, M. R., &amp; Rahmi, R. (2017). Analisis keterampilan proses sains dan keterampilan kognitif siswa melalui metode praktikum biologi pada sub materi schizophyta dan thallophyta. <em>Jurnal Pendidikan Almuslim, 5</em>(1), 1-10.</p><p>Nugraheni, D. (2018). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kreativitas siswa. <em>Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9</em>(2), 73-79.</p><p>Purwanto, J., Hasanah, D., &amp; Syafaat, F. Y. (2017). Efektivitas starter experiment approach (SEA) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pelajaran fisika kelas XI. <em>Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8</em>(2), 74-80.</p><p>Ramadhani, P. R., Akmam, A., Desnita, D., &amp; Darvina, Y. (2019). Analisis keterampilan proses sains pada buku ajar fisika SMA kelas XI semester 1. <em>Pillar of Physics Education, 12</em>(4), 1-10.</p><p>Rani, I. M., Hidayat, S., &amp; Fadillah, E. N. (2019). Analisis keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas X di kecamatan Seberang Ulu I dan Kertapati Palembang. <em>Jurnal Biologi dan Pembelajaran-nya, 6</em>(1), 23-31.</p><p>Rohmah, K., Susilawati, S., &amp; Saptaningrum, E. (2017). Penggunaan alat peraga musschenbroek bimetal terhadap keterampilan proses sains. <em>Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8</em>(2), 89-94.</p><p>Rosdianto, H., Sulistri, E., &amp; Munandar, N. (2019). Penerapan model pembelajaran ADDIE untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi kinematika gerak lurus. <em>Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 5</em>(1), 53-58.</p><p>Sanchia, A. I., &amp; Faizah, U. (2019). Pengembangan LKPD berbasis search, solve, create and share (SSCS) untuk melatih keterampilan proses sains pada materi arthropoda kelas X SMA. <em>Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya, 1</em>(1), 9-17.</p><p>Siswanto, J. (2018). Keefektifan pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. <em>Jurnal Penelitian Pembela-jaran Fisika, 9</em>(2), 133-137.</p><p>Sofyan, M. A., Wasis, W., &amp; Ibrahim, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis edutainment untuk melatihkan kreativitas siswa SMK Jurusan Otomotif pada materi fluida statis.  <em>Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 7</em>(1), 1431-1440.</p><p>Sumiati, E., Septian, D., &amp; Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. <em>Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 4</em>(2), 75-88.</p><p>Suyidno, Dewantara, D., Nur, M., &amp; Yuanita, L. (2017). Maximize students scientific process skill within creatively product designing: creative responsibility based learning.  <em>Proceeding The 5th South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference</em>. Banjarmasin, Indonesia, 3 Mei 2017</p><p>Suyidno, Nur, M., Yuanita, L., Prahani, B. K., and Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of creative responsibility based teaching (CRBT) model on basic physics learning to increase students scientific creativity and responsibility. <em>Journal of Baltic Science Education, 17</em>(1), 136-151.</p><p>Suyidno, Nur, M., Yuanita, L., &amp; Salam, A. M. (2020). <em>Creative Responsibility Based Learning: Kreatif Pendidiknya, Dahsyat Peserta Didiknya</em>. Banjarmasin: ULM Press.</p><p>Suyidno, S., Susilowati, E., Arifuddin, M., Misbah, M., Sunarti, T., &amp; Dwikoranto, D. (2019). Increasing students responsibility and scientific creativity through creative responsibility based learning. <em>Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 9</em>(2), 178-188.</p><p>Widoyoko, E. P. (2016). <em>Evaluasi program pembelajaran</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.</p><p>Yunita, Y., Poedjiastoeti, S., &amp; Agustini, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa model inkuiri terbimbing ditunjang media PhET untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. <em>Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 7</em>(1), 1407-1415.</p>

Downloads

Published

2020-05-21

How to Cite

Yanti, L., Miriam, S., & Suyidno, S. (2020). MEMAKSIMALKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MELALUI CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1790–1796. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1790-1796

Issue

Section

Articles
Abstract views: 985 , PDF Downloads: 1067