KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Anik Indrayani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p1068-1076

Keywords:

Problem Solving Method, Creative Thinking Skills, Global Warming

Abstract

This research was aimed to describe the effectiveness of learning materials taht developed using problem solving model to facilitate junior high school students creative thinking skills on global warming. This research was done because the problem solving models learning materials to facilitate students creative thinking skill was less available. Learning in schools was tend to emphasize the aspects of knowledge only, whereas creative thinking skill was an important skill possessed in the 21st century. Applying creative thinking skill in problem solving would generate a lot of ideas that were useful in finding solution. The learning materials were developed using 3D model and one group pretest-posttest design was used as the trial design. The subject in this study was learning materials that was implemented on 7th grade students of SMP Negeri 1 Kediri. The results showed that the students' creative thinking skills both in general and each indicator increased. Based on the results and discussion of the study, it can be concluded that the learning materials using problem solving method were effective to facilitate junior high school students creative thinking skills on global warming.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model problem solving untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi pemanasan global. Hal ini dilakukan karena perangkat pembelajaran dengan model problem solving untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif kurang tersedia. Pembelajaran di sekolah cenderung menekankan pada aspek pengetahuan saja, padahal keterampilan berpikir kreatif merupakan skill yang penting dimiliki pada abad 21. Penerapan berpikir kreatif dalam problem solving akan menghasilkan banyak ide yang berguna dalam menemukan penyelesaian masalah. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model 3D dengan rancangan ujicoba penelitian one group pretest-posttest design.  Subyek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model problem solving yang diujicobakan pada 32 siswa SMP Negeri 1 Kediri kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa baik secara umum maupun tiap indikator meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model problem solving efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada materi pemanasan global.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Indrayani, A., Susantini, E., & Widodo, W. (2017). KEEFEKTIFAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1068–1076. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p1068-1076

Issue

Section

Articles
Abstract views: 475 , PDF Downloads: 807