PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMP

Authors

  • Masruroh Masruroh Mahasiswa Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p1061-1067

Keywords:

Learning Material, Guided Inquiry, Scientific Creativity

Abstract

This research is aimed to present brief description about development of guided inquiry learning material to increase students scientific creativity in the aspect of designing an experiment. The development of learning material was done by using 4D model from Thiagarajan (1974). The component of learning material that was developed such as lesson plan, student worksheet, hand out, and assessment sheet. There were 3 experts and 12 students from 7th grade at SMPN 6 Surabaya participated in development testing of learning material. Data was obtained from validation and response sheet. Construct validation and external validation were obtained from this research. The results showed that learning materials component is valid and reliable.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa SMP dalam aspek merancang kegiatan penyelidikan. Pengembangan perangkat dilakukan menggunakan model 4D dari Thiagarajan (1974). Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, LKS, Handout, dan Lembar penilaian. Sebanyak 3 pakar dan 12 siswa kelas VII SMPN 6 Surabaya berpartisipasi dalam uji coba terbatas perangkat. Data didapatkan dari lembar validasi dan lembar respon menggunakan teknik angket. Data yang didapatkan berupa data validitas konstruk dan validitas eksternal. Hasil penelitian menunjukkan komponen perangkat yang dikembangkan sudah valid dan reliabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Masruroh, M., Widodo, W., & Hidayat, M. T. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1061–1067. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p1061-1067

Issue

Section

Articles
Abstract views: 959 , PDF Downloads: 653