PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p975-982Keywords:
Concept ApproachAbstract
The aim of this research is to develop physics learning material using concept approach learning-based to improve student achievement. This research was held using Dick and Carey design model and tested in X grade of SMAN 4 Jember usingone-group pretest-posttest design. Data were analyzed using descriptive analysis quantitatively and qualitatively. Validation results showed that learning material is feasible to be implemented, including: (a) lesson plan, (b) student worksheet, (c) student book, (d) assessment sheet. The results of this research were analyzed and obtained: lesson plan was properly implemented, good student responses, all students interested in learning. Knowledge aspect include concept understanding and creative thinking skills were analyzed by N-gain showed high improvement. Conluded that, development of physics learning material based on concept approach is feasible to be implemented and it can improve the student achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan strategi pembelajaran berbasis pendekatan konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian model Dick dan Carey dan diujicobakan di kelas X SMAN 4 Jember dengan desain ujicoba menggunaka none group pretest-posttest design. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan perangkat pembelajaran layak untuk diimplementasikan, meliputi: (a) RPP, (b) LKS, (c) Buku Siswa, (d) Instrumen Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian ini dianalisis dan diperoleh beberapa temuan diantaranya: RPP terlaksana dengan baik, respon siswa sangat positif, semua siswa berminat dalam pembelajaran. Tes hasil belajar aspek pengetahuan yang meliputi pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif dianalisis dengan N-Gain menunjukkan peningkatan yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section

