PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Mochammad Maulana Trianggono Mahasiswa program pascasarja pendidikan sains universitas negeri Surabaya
  • Tjipto Prastowo program pascasarja pendidikan sains universitas negeri Surabaya
  • Soeparman Kardi program pascasarja pendidikan sains universitas negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p975-982

Keywords:

Concept Approach

Abstract

The aim of this research is to develop physics learning material using concept approach learning-based to improve student achievement. This research was held using Dick and Carey design model and tested in X grade of SMAN 4 Jember usingone-group pretest-posttest design. Data were analyzed using descriptive analysis quantitatively and qualitatively. Validation results showed that learning material is feasible to be implemented, including: (a) lesson plan, (b) student worksheet, (c) student book, (d) assessment sheet. The results of this research were analyzed and obtained: lesson plan was properly implemented, good student responses, all students interested in learning. Knowledge aspect include concept understanding and creative thinking skills were analyzed by N-gain showed high improvement. Conluded that, development of physics learning material based on concept approach is feasible to be implemented and it can improve the student achievement.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan strategi pembelajaran berbasis pendekatan konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian model Dick dan Carey dan diujicobakan di kelas X SMAN 4 Jember dengan desain ujicoba menggunaka none group pretest-posttest design. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan perangkat pembelajaran layak untuk diimplementasikan,  meliputi: (a) RPP, (b) LKS, (c) Buku Siswa, (d) Instrumen Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian ini dianalisis dan diperoleh beberapa temuan diantaranya: RPP terlaksana dengan baik, respon siswa sangat positif, semua siswa berminat dalam pembelajaran. Tes hasil belajar aspek pengetahuan yang meliputi pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif dianalisis dengan N-Gain menunjukkan peningkatan yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,  disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Trianggono, M. M., Prastowo, T., & Kardi, S. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 975–982. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p975-982

Issue

Section

Articles
Abstract views: 452 , PDF Downloads: 658